Kandang Ternak Ayam Bangkok

Posted on

Sebagai seorang peternak, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kandang atau tempat tinggal bagi unggas. Kandang yang baik akan berpengaruh pada kesehatan dan pertumbuhan unggas, termasuk ayam Bangkok. Berikut ini, kami akan membagikan contoh kandang ayam Bangkok sederhana beserta pembuatannya.

Kandang Ayam Bangkok

Contoh Kandang Ayam Bangkok Sederhana

Kandang ayam Bangkok yang baik memiliki ukuran minimal 2 meter x 2 meter x 2.5 meter. Kandang ini didesain dengan sistem umbaran, yaitu kandang yang memiliki area untuk unggas bergerak atau berkeliaran agar mereka tetap sehat dan tidak stress. Kandang ini juga dilengkapi dengan pemisahan antara kandang atau bagian tempat tidur dengan tempat makan dan minum

Pembuatan Kandang Ayam Bangkok

Berikut ini tahapan pembuatan kandang ayam Bangkok:

1. Persiapan Lokasi

Pastikan lokasi pembuatan kandang tidak berdekatan dengan pemukiman warga dan lingkungan yang dianggap sensitif terhadap suara dan bau-bauan dari unggas. Kemudian, bersihkan dan ratakan tanah pada lokasi tersebut.

2. Pembuatan Kerangka Kandang

Buatlah kerangka kandang menggunakan kayu dengan ukuran minimal 5 cm x 5 cm. Konstruksinya harus kuat dan kokoh agar mampu menahan bobot kandang dan ayam yang ada di dalamnya. Untuk mengukur kerangka tersebut, dapatkan gambar model kandang yang akan dibuat dan sesuaikan dengan jumlah ayam yang akan ditempatkan di dalamnya. Selain itu, pastikan juga jarak antar kerangka kandang sesuai agar unggas tidak dapat keluar dan masuk tanpa pengawasan.

3. Pemasangan Kandang

Dalam pemasangan kandang ini, pastikan kerangka kandang terpasang secara rapi dan kuat. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan alas atau lantai kandang dengan bahan yang tidak licin dan mudah dibersihkan. Anda bisa menggunakan kayu, semen atau keramik. Setelah itu, tempatkan dinding atau pagar untuk membatasi area tempat tidur dan area makan, minum. Pilihlah pagar yang tidak mudah lapuk dan tahan terhadap gigitan dan kuku ayam Bangkok.

Baca juga  33+ Contoh Unggas Petelur

4. Sistem Umbaran

Kemudian, siapkan sistem umbaran yang terdiri dari tanah, pasir, dan rerumputan. Letakkan sistem ini di luas area kandang dalam proporsional. Anda bisa memanfaatkan lembar PVC, pipa PVC dan perlengkapan lainya untuk mengatur posisi dan ukuran sistem umbaran

5. Tempat Makan dan Minum

Untuk tempat makan dan minum, gunakan alas karet pada tempat makan dan minum pada bagian platform agar ayam tidak terpeleset. Pastikan juga air minum di dalam diberikan sesuai kebutuhan untuk ayam dan terhindar dari kontaminan atau kotoran yang dapat memicu penyakit.

6. Ventilasi

Tambahkan ventilasi atau lobang udara pada kandang agar sirkulasi udara lancar dan udara segar dapat masuk ke dalam kandang. Hal ini juga dapat mencegah penyakit dan menjaga kelembaban dalam kandang tetap stabil. Pastikan ventilasi di kandang ini juga memberikan perlindungan dari serangga dan binatang pengerat.

Dalam membuat kandang ayam Bangkok, pastikan selalu kebersihan dan kesehatan kandang tetap terjaga dengan melakukan pemeliharaan secara rutin. Segera lakukan tindakan pencegahan apabila ada ayam yang terlihat tidak sehat atau cedera.

Dengan memiliki kandang ayam Bangkok yang baik, diharapkan hal ini dapat mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan unggas. Selamat mencoba!

Simak artikel lainnya tentang Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *