Kandang Kura Kura Besar

Posted on

Kura-kura, hewan satu ini tidak hanya unik dengan ciri fisiknya yang bercangkang keras seperti baju besi, tapi juga karena umur panjangnya yang mencapai ratusan tahun. Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, kenapa kura-kura bisa hidup sampai ratusan tahun?

Berkat Genetik

Gambar kura-kura

Para ahli telah meneliti tentang umur panjang kura-kura selama bertahun-tahun dan menemukan bahwa faktor genetik sangat mempengaruhi umur panjangnya. Dalam studi terbaru di tahun 2019, para peneliti menemukan bahwa mutasi di dalam gen tertentu pada sekelompok kura-kura dapat membuat mereka hidup ratusan tahun. Gen ini disebut dengan TERT, yang bertanggung jawab atas mereplikasi sel-sel dan memperpanjang telomere, bagian ujung kromosom yang membantu mencegah kerusakan pada materi genetik. Kura-kura yang memiliki versi gen TERT yang berbeda dari kura-kura lainnya, memiliki telomere yang lebih panjang dan cenderung hidup lebih lama.

Lingkungan Hidup yang Optimal

Gambar kura-kura di dalam aquarium

Selain faktor genetik, lingkungan hidup yang optimal juga sangat berpengaruh pada umur panjang kura-kura. Kura-kura yang hidup di alam liar lebih cenderung hidup lebih lama daripada yang hidup di penangkaran atau di dalam akuarium. Kura-kura yang hidup di alam liar memiliki lingkungan hidup yang jauh lebih alami dan lebih mendukung kesehatan mereka. Mereka dapat mencari makanan dan berjemur di bawah sinar matahari, yang membantu mereka memperoleh vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang mereka.

Perawatan dan Nutrisi yang Baik

Gambar kura-kura makan

Perawatan dan nutrisi yang tepat juga sangat berpengaruh pada umur panjang kura-kura. Memberikan makanan yang kaya nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, dan protein dari serangga atau ikan laut, dapat membantu menjaga kesehatan mereka serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka. Jangan lupa untuk memberikan kura-kura tempat untuk berjemur dan berenang, serta mengganti air aquarium mereka secara teratur untuk menjaga kebersihan airnya.

Baca juga  Kandang Kucing Permanen

Menjaga Kesehatan secara Teratur

Gambar kura-kura sehat

Terakhir, menjaga kesehatan secara teratur juga sangat penting bagi umur panjang kura-kura. Pastikan kura-kuramu mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara berkala oleh dokter hewan spesialis kura-kura. Jangan pernah membuang kura-kura liar ke alam liar, karena hal ini bisa mempengaruhi ekosistem alam sekitarnya dan mengancam kesehatan kura-kura di sekitarnya. Pastikan juga untuk tidak membeli kura-kura liar yang diperoleh secara ilegal. Alih-alih membeli kura-kura liar, sebaiknya kamu membeli kura-kura domestik yang berasal dari peternakan terpercaya.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu mengapa kura-kura bisa hidup sampai ratusan tahun. Tetaplah menjaga kesehatan kura-kuramu dengan memberikan perawatan dan nutrisi yang tepat serta menjaga lingkungan hidupnya agar selalu optimal.

Simak artikel lainnya seputar Kandang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *