Kandang Gampang Purbalingga

Posted on

Budidaya kambing merupakan salah satu usaha peternakan yang cukup menjanjikan untuk dijalankan. Selain kambing mudah dipelihara dan dibudidayakan, daging dan susunya juga memiliki potensi besar untuk dijual ke pasar.

Kandang Kambing Yang Ideal

kandang kambing ideal

Salah satu hal yang perlu dipersiapkan dalam budidaya kambing adalah pembuatan kandang yang ideal. Kandang yang baik dan benar dapat membuat kambing merasa lebih nyaman dan sehat sehingga dapat mempengaruhi tingkat produksi daging dan susu yang dihasilkan.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kandang kambing yang ideal:

1. Memperhatikan Bentuk dan Ukuran Kandang

Kandang kambing yang ideal memiliki bentuk dan ukuran yang sesuai dengan jumlah kambing yang akan dipelihara. Sebaiknya kandang dibuat dengan ukuran minimal 2 x 1,5 meter dan ketinggian minimal 1,5 meter. Jangan lupa pula untuk memberikan jarak antar tiang kandang agar kambing dapat bergerak dengan leluasa.

2. Menentukan Jenis Lantai yang Digunakan

Lantai yang digunakan pada kandang kambing juga sangat penting untuk diperhatikan. Lantai yang halus dapat membuat kambing mudah tergelincir dan cedera. Sebaiknya gunakan lantai dengan tekstur yang kasar atau menggunakan ayakan bambu agar kotoran kambing dapat mudah disaring.

Baca juga  Cara Buat Kandang Burung Pakai Holo

3. Menentukan Sirkulasi Udara dan Pencahayaan

Sirkulasi udara dan pencahayaan juga sangat penting dalam pembuatan kandang kambing yang ideal. Kandang sebaiknya memiliki ventilasi yang cukup agar udara dapat bersirkulasi dengan baik. Selain itu, berikan pencahayaan yang cukup pada kandang agar kambing dapat melihat dengan jelas.

4. Mengatur Sistem Drainase

Sistem drainase pada kandang kambing juga perlu diperhatikan. Pastikan kandang memiliki saluran pembuangan yang lancar agar kotoran kambing dapat keluar dari kandang dengan mudah. Hindari penumpukan kotoran di dalam kandang yang dapat menyebabkan penyebaran penyakit atau bau yang tidak sedap.

5. Menentukan Jumlah Kambing Dalam Satu Kandang

Jumlah kambing dalam satu kandang sebaiknya tidak terlalu banyak agar kambing dapat bergerak dengan leluasa dan merasa nyaman. Sebaiknya jumlah kambing dalam satu kandang tidak melebihi kapasitas yang ada dan disesuaikan dengan ukuran kandang yang telah dibuat.

Cara Membuat Kandang Kambing yang Ideal

cara membuat kandang kambing

Berikut adalah cara membuat kandang kambing yang ideal:

1. Menentukan Lokasi dan Ukuran Kandang Kambing

Pertama-tama, tentukan lokasi dan ukuran kandang kambing yang akan dibuat. Pastikan lokasi kandang kambing tidak berdekatan dengan pemukiman warga atau area yang ramai. Ukuran kandang dapat disesuaikan dengan jumlah kambing yang akan dipelihara.

2. Membuat Kerangka Kandang dari Kayu

Langkah selanjutnya adalah membuat kerangka kandang dari kayu. Pilih kayu yang kuat dan tahan terhadap cuaca atau serangan hama. Buatlah kerangka dengan bentuk yang sesuai dengan kebutuhan dan ukuran kandang.

3. Menentukan Jenis dan Ukuran Lantai

Setelah itu, tentukan jenis dan ukuran lantai yang akan digunakan pada kandang kambing. Pilihlah lantai yang tidak mudah licin dan mudah untuk dibersihkan. Ukuran lantai disesuaikan dengan ukuran kandang yang telah dibuat.

Baca juga  Kandang Biawak Kecil

4. Menentukan Jenis dan Ukuran Atap

Atap kandang kambing sebaiknya dibuat dengan bahan yang cukup tahan terhadap sinar matahari dan hujan. Pilihlah atap yang cukup kuat agar tidak mudah rusak atau roboh. Ukuran atap disesuaikan dengan ukuran kandang yang telah dibuat.

5. Memasang Jaring Pengaman dan Pintu

Sebelum memasukkan kambing ke dalam kandang, pastikan kandang memiliki jaring pengaman yang cukup kuat. Selain itu, pasanglah pintu pada kandang agar memudahkan dalam memberikan pakan dan membersihkan kandang.

Dengan melakukan pembuatan kandang kambing yang ideal, diharapkan produksi daging dan susu yang dihasilkan dapat optimal dan kambing lebih sehat serta merasa nyaman dalam kandang.

Baca tulisan lainnya seputar Kandang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *