Kalori Kangkung

Posted on

Kangkung goreng memang menjadi salah satu menu yang cukup populer di Indonesia, karena selain rasanya yang enak, kangkung juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun, kamu juga harus memperhatikan jumlah kalori yang terkandung di dalamnya agar tidak berlebihan saat mengonsumsinya.

Kalori Kangkung Goreng

Kalori Kangkung Goreng

Berdasarkan data yang kami dapatkan, satu porsi kangkung goreng dengan berat sekitar 200 gram mengandung sekitar 210 kalori. Jumlah kalori ini bisa saja berbeda-beda tergantung dari cara pengolahan dan bahan tambahan yang digunakan.

Tinggi Serat dan Rendah Kalori

Kangkung

Kangkung memang rendah kalori, namun tinggi serat sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan menghindari lapar yang datang tiba-tiba. Selain itu, kangkung juga kaya akan vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan mata, kulit, tulang, dan mengatasi anemia.

Alternatif Olahan Kangkung Yang Lebih Sehat

Kangkung Urap

Jika Anda ingin mengonsumsi kangkung yang lebih sehat dan rendah kalori, ada beberapa alternatif olahan kangkung yaitu:

  • Kangkung kukus: hanya memerlukan waktu sekitar 5-8 menit untuk mengolahnya dan tidak memerlukan tambahan minyak atau bahan-bahan lainnya. Kangkung kukus juga tidak akan membuat kangkung terlalu layu sehingga lebih enak dan tetap banyak seratnya.
  • Kangkung urap: kangkung urap merupakan salah satu menu tradisional yang cukup populer di Indonesia. Untuk membuat kangkung urap ini, kangkung direbus terlebih dahulu dan dicampur dengan kelapa parut yang telah diolah dengan bumbu rempah-rempah. Kangkung urap rendah kalori serta kaya akan serat dan vitamin dari kelapa parutnya.
  • Kangkung tumis: Kangkung tumis juga menjadi alternatif yang baik asal kamu menambahkan bahan-bahan lainnya yang rendah kalori seperti bawang putih, jamur, atau tomat.
Baca juga  Manfaat Sawi Putih Untuk Kenari

Perhatikan Porsi Konsumsi Kangkung

Kangkung

Meskipun rendah kalori, namun konsumsi kangkung dalam jumlah berlebihan tetap tidak baik bagi kesehatan tubuh. Terlalu banyak konsumsi kangkung juga bisa membuat perut kembung dan sering buang angin karena kangkung mengandung zat yang dapat merangsang pembentukan gas dalam saluran pencernaan.

Sedangkan untuk kamu yang memiliki riwayat sakit asam urat, perlu mewaspadai konsumsi kangkung karena kangkung mengandung senyawa purin tinggi yang bisa memperparah gejala sakit asam urat.

Jadi, meski kangkung goreng memiliki rasa yang enak dan menggugah selera, namun kamu perlu memperhatikan porsi dan cara pengolahan agar tidak berlebihan dan buruk bagi kesehatan tubuh. Selain itu, kamu juga bisa mencoba alternatif olahan kangkung yang lebih sehat dan rendah kalori.

Simak tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *