Kalori Acar Timun

Posted on

Acar timun disukai banyak orang karena rasanya yang segar dan asam, cocok untuk dijadikan pelengkap berbagai jenis makanan. Namun, perlu diketahui bahwa acar timun juga mengandung kalori yang perlu dihitung dalam pengaturan asupan nutrisi harian.

Kalori Acar Timun

Acar Timun

Gambar di atas adalah gambar acar timun dengan ukuran porsi yang tidak diketahui. Namun, umumnya satu sendok makan acar timun mengandung sekitar 8-10 kalori. Jumlah kalori ini tergolong rendah, sehingga untuk mereka yang ingin mengontrol asupan kalori dapat memasukkan acar timun ke dalam menu makanannya.

Kandungan Nutrisi dalam Acar Timun

Cucumber Salad with Dressing

Selain rendah kalori, acar timun juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Setiap 100 gram acar timun mengandung 15 kalori, 0,7 gram protein, 3 gram karbohidrat, 0,3 gram lemak, 0,5 gram serat, 2,2 gram gula, dan 10 mg natrium. Selain itu, acar timun juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin K, kalsium, dan kalium.

Manfaat Acar Timun untuk Kesehatan

Green Cucumber Slices

Berikut ini adalah beberapa manfaat acar timun untuk kesehatan:

  • Menjaga kesehatan kulit dan rambut
  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh

Manfaat-manfaat di atas berasal dari kandungan nutrisi dalam acar timun yang telah disebutkan sebelumnya. Kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam acar timun membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, dan menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Baca juga  Rebusan Bawang Putih Untuk Keputihan

Cara Memasak Acar Timun dengan Rendah Kalori

Fresh Cucumber Salad

Menurut sumber yang kami dapatkan, banyak cara untuk memasak acar timun dengan rendah kalori. Berikut adalah salah satu resep acar timun dengan rendah kalori:

Bahan-bahan:

  • 1 buah timun ukuran sedang
  • 1 buah bawang merah, cincang halus
  • 2 buah cabai hijau, iris halus
  • 1 sdm gula kelapa
  • 1 sdm cuka apel
  • 1 sdt garam
  • Air secukupnya

Cara membuat:

  1. Iris timun tipis-tipis, lalu susun di atas piring saji.
  2. Campurkan bawang merah, cabai hijau, gula kelapa, cuka apel, dan garam dalam wadah. Aduk hingga merata.
  3. Tambahkan air secukupnya pada campuran bahan di atas. Aduk hingga merata kembali.
  4. Tuang campuran bahan tersebut ke atas timun yang telah diiris tipis-tipis. Ratakan.
  5. Sajikan acar timun ini dingin.

Dengan menggunakan bahan-bahan yang sehat dan penggunaan bahan-bahan pelengkap yang dikurangi, acar timun hasil resep di atas akan menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang program diet atau sedang memperhatikan asupan kalori sehari-hari.

Kesimpulan

Acar timun memiliki kandungan kalori yang rendah dan kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, acar timun dapat dikonsumsi sebagai makanan pendamping maupun sebagai bahan makanan utama. Seiring dengan berjalannya waktu, semakin banyak variasi cara pengolahan acar timun yang sehat dan rendah kalori yang dapat dijadikan pilihan. Penting bagi Anda untuk memperhatikan asupan kalori harian secara menyeluruh sehingga tubuh dapat tetap sehat dan bugar dalam jangka panjang.

Baca artikel lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *