Kalori Abon Ayam

Posted on

Wah, pasti suka deh sama sambal ayam. Apalagi kalau diukur-ukur kalorinya. Yakin yakin nih, teman-teman akan kaget. Kayak gini nih, kalori dalam satu porsi sambal ayam bisa mencapai 1300 kalori. Wah, kalo habis makan sambal ayam yang banyak, bisa-bisa ketauan di timbangan nih.

Gambar Sambal Ayam

Gambar Kalori Sambal Ayam

Nah, daripada khawatir ama kalori, mending kita ubah resep sambal ayam jadi versi yang lebih sehat. Begini nih, bikin sambal ayam yang dikepuk dan gak dicampur nasi putih. Selain itu, gunakan ayam yang lebih segar dan hindari bagian yang terlalu banyak lemak. Agar gak kekurangan nutrisi, tambahkan banyak sayuran segar dan padat nutrisi di samping sambal ayamnya.

Resep Sambal Ayam

Bahan:

  • 4 bawang putih
  • 1 bawang merah
  • 10 cabe rawit
  • 5 cabe merah
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1/2 sdt garam
  • 450gr daging ayam tanpa kulit

Cara membuat:

  1. Haluskan bawang putih dan bawang merah hingga tekstur halus.
  2. Tambahkan cabe rawit dan cabe merah. Ulek hingga semua bahan bercampur rata.
  3. Tambahkan air jeruk nipis dan sedikit garam. Aduk rata.
  4. Potong ayam menjadi dadu kecil, aduk bersama sambal pedas.
  5. Siapkan wajan dan tumis sambal ayam hingga ayam matang.
  6. Angkat dan sajikan.

Jadi, gimana? Mudah banget kan bikin sambal ayam. Yang penting, perhatikan kesehatan diri kita ya. Gak usah kebanyakan makan sambal ayam yang banyak minyak dan tinggi kalori. Kawinkan sambal ayam dengan sayuran, aihhh mungkin itu baru deh rasanya nikmat banget. Selain itu, kalau kelebihan berat badan nih, bisa-bisa bikin sakit perut dan sulit buang air besar lho. Jadi, jangan sampai ya #BlackPeopleStayHealthy.

Baca juga  26+ Penyetan Telur Dadar

Baca tulisan lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *