Kalori 1 Perkedel Kentang

Posted on

Sekarang, siapa yang tidak suka perkedel kentang? Hidangan ringan yang sangat populer ini sangat cocok disajikan sebagai makanan pembuka atau camilan. Selain itu, perkedel kentang juga sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya mudah ditemukan. Yuk, ikuti resep perkedel kentang berikut ini!

Bahan-bahan:

Perkedel Kentang

  • 1/2 kg kentang
  • 1 butir telur
  • 2 siung bawang putih, dicincang halus
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 3 sdm tepung terigu
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Kupas kentang dan potong-potong sesuai selera. Kemudian rebus kentang hingga empuk.
  2. Tumbuk kentang hingga halus. Jika tidak memiliki alat penggiling kentang, dapat juga dihancurkan dengan garpu atau dilumatkan dengan sendok.
  3. Tambahkan telur, bawang putih, garam, merica bubuk, dan tepung terigu. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Goreng perkedel menggunakan minyak yang telah dipanaskan dengan api sedang. Gunakan sendok untuk membentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil.
  5. Goreng perkedel hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  6. Sajikan perkedel dalam piring dan hidangkan dengan saus atau cabai rawit.

Tips:

Untuk membuat perkedel kentang yang lebih enak, pastikan kentang yang digunakan sudah benar-benar empuk. Jika kentang masih keras, dapat menyebabkan perkedel sulit digoreng dan terlihat kurang menarik. Selain itu, saat menggoreng, pastikan minyak dalam jumlah yang cukup agar perkedel dapat matang secara merata.

Selain itu, tidak hanya kentang, Anda juga dapat mencampurkan beberapa bahan lain untuk memberikan cita rasa yang lebih variatif pada perkedel. Salah satu bahan yang dapat dicampurkan adalah jagung. Caranya sangat mudah, cukup campurkan jagung yang telah dihaluskan bersama adonan kentang.

Perkedel kentang dapat disajikan untuk acara apapun, baik itu untuk santap siang maupun malam. Rasanya yang gurih dan renyah pasti dapat menggugah selera makan. Selamat mencoba!

Baca juga  Terong Ratih Ungu

Baca tulisan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *