Jumlah pemain sepak takraw dalam satu tim serta posisinya masing-masing

jumlah pemain takraw
Jumlah pemain sepak takraw
image nst.com.my

Informasi terkait jumlah pemain sepak takraw serta posisinya lengkap termasuk teknik dasar olahraga yang satu ini yang mungkin masih belum Anda ketahui.

Sepak takraw adalah sebuah olahraga yang memadukan antara permainan bola voli dan sepak bola. Mirip dengan voli karena di permainan ini juga terdapat net yang memisahkan antara masing-masing tim. Selain itu sebuah tim sepak takraw juga maksimal hanya boleh memainkan bola selama tiga kali. Hanya saja bedanya dalam permainan takraw bola dimainkan menggunakan kaki bukan tangan.

Selain itu, dalam permainan takraw seorang pemain boleh memainkan bola secara berturut-turut hingga tiga kali, sedangkan dalam permainan voli seorang pemain hanya boleh memainkan bola selama 1 kali.

Permainan sepak takraw sangat populer di beberapa negara Asia tenggara seperti Thailand, Singapura, Indonesia, dan Malaysia. Dan Thailand merupakan salah satu negara yang cukup menguasai olahraga yang satu ini. Sedangkan rival terkuat Thailand dalam ajang olahraga sepak takraw adalah Malaysia.

Jumlah pemain sepak takraw

Untuk bisa memainkan olahraga takraw setidaknya kita membutuhkan 6 orang pemain. Dimana jumlah tersebut dibagi menjadi dua tim. Sehingga jumlah pemain sepak takraw dalam satu regu adalah 3 orang. 

Jumlah tersebut adalah standar permainan takraw yang biasa digunakan. Meskipun demikian, terkadang permainan sepak takraw juga bisa dimainkan oleh 8 pemain atau 4 orang dalam satu timnya. Dari 3 orang pemain sepak takraw tersebut memiliki beberapa tugas sendiri-sendiri. Ada yang bertindak sebagai tekong dan ada pemain yang bertugas sebagai seorang penyerang. 

Tugas dan posisi pemain takraw

Secara umum dalam permainan takraw ada beberapa posisi pemain dengan tugas berbeda-beda diantaranya adalah:

Tekong

Dalam permainan sepak takraw kita mengenal istilah Tekong. Tekong dalam permainan takraw adalah pemain yang diberikan tugas untuk melakukan servis. Jadi berbeda dengan permainan bola voli dimana servis dilakukan secara bergantian maka servis yang dilakukan oleh pemain sepak takraw sudah di-handle oleh tekong tersebut.

Selain melakukan servis, seorang tekong biasanya juga lebih sering menerima bola pertama dari servis lawan karena posisinya berada di paling belakang. Secara umum pemain dengan tugas sebagai tekong memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dibandingkan pemain lainnya. Postur tubuh yang lebih tinggi akan memudahkannya saat melakukan servis. 

Apit kiri dan apit kanan

2 pemain lainnya dalam permainan sepak takraw disebut sebagai apit kiri dan apit kanan. Sesuai namanya api kiri berada di sebelah kiri begitu juga apit kanan yang posisinya berada di sebelah kanan.

Secara umum keduanya memiliki tugas yang sama yaitu melakukan serangan dan blocking. Meskipun demikian, terkadang keduanya juga saling memberikan umpan tergantung siapa dari kedua pemain tersebut yang paling ahli dalam melakukan salto (smash dalam permainan sepak takraw dilakukan dengan cara salto).

Teknik dasar bermain sepak takraw

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang pemain sepak takraw tentu harus menguasai beberapa teknik dasar permainan yang satu ini. Secara umum dalam bermain sepak takraw kita boleh menggunakan bagian tubuh lainnya selain kaki termasuk kepala, dada, atau paha. Berikut beberapa teknik dasar bermain sepak takraw:

Sepak sila

Sepak sila merupakan sebuah istilah yang digunakan saat seorang pemain menimang bola menggunakan kaki bagian dalam. Teknik ini diperlukan terutama untuk mengontrol bola sekaligus memberikan umpan kepada penyerang (apit kanan atau apit kiri). Penggunaan sepak sila ini juga diperlukan terutama saat mengontrol bola hasil dari servis lawan.

Sepak kuda

Sepak kuda merupakan sebuah teknik dalam permainan sepak takraw yang menggunakan punggung kaki untuk menimang bola. Cara ini biasanya dilakukan ketika seorang pemain sulit untuk mengontrol bola menggunakan kaki bagian dalam atau sepak sila.

Bola yang datang begitu cepat serta terlalu rendah biasanya hanya bisa diraih menggunakan teknik sepak kuda ini. Selain menerima servis, teknik sepak kuda juga diperlukan saat seorang pemain menangkis serangan lawan yang gagal di block oleh apit kanan dan kiri.

Main kepala

Main kepala atau heading dalam permainan sepak takraw biasanya digunakan untuk melakukan kontrol pada bola. Selain digunakan untuk mengontrol bola, terkadang heading ini juga bisa digunakan untuk melakukan serangan.

Kontrol dada

Dalam olahraga sepak takraw mengontrol bola sangat penting sekali dan salah satunya bisa dilakukan menggunakan dada. Kontrol sangat perlu dilakukan mengingat seorang pemain diperbolehkan memainkan bola lebih dari satu kali dan maksimal 3 kali.

Membahu

Teknik membahu sebenarnya jarang sekali dipakai dalam permainan sepak takraw dan bisa dikatakan cara ini hanya dilakukan saat posisi terdesak saja. Dan pastinya menggunakan bahu untuk mengontrol bola juga bukan menjadi pilihan yang baik dalam permainan takraw. Meskipun demikian, terkadang penyelamatan menggunakan bahu juga diperlukan terutama saat kita mendapatkan bola yang begitu cepat dan sifatnya mendadak.

Kontrol bola dengan paha

Usaha lainnya yang bisa dilakukan saat mengontrol bola adalah menggunakan paha. Biasanya control paha ini diperlukan saat pertama kali menerima servis lawan. Setelah bola dirasa berada di dalam kontrol maka selanjutnya kita akan melakukan umpan ke apit kanan atau apit kiri. Baca juga Peraturan sepak takraw standar Nasional dan Internasional (lengkap)

Salto

Teknik salto merupakan salah satu bagian paling penting dalam permainan sepak takraw. Teknik ini digunakan untuk melakukan sebuah serangan. Caranya adalah dengan memutar badan seperti saat seseorang melakukan salto seperti biasa kemudian kaki melakukan ayunan dan menendang bola dengan keras. Kebanyakan dari jenis salto biasanya menggunakan punggung kaki untuk menghasilkan tendangan yang lebih kencang dan tajam.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →