Jumlah pemain sepak bola dalam satu tim serta posisinya

jumlah pemain sepak bola
Jumlah pemain sepak bola
image wikimedia.org

Berapa jumlah pemain sepak bola dalam satu tim? Dan posisi apa saja yang ditempatinya? Semuanya akan dibahas lengkap dalam artikel berikut ini.

Sepak bola adalah olahraga yang sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Olahraga ini awalnya ditemukan di daratan cina dan menjadi sangat populer hingga saat ini. Meskipun permainan sepak bola dulu dengan sekarang mengalami banyak perubahan akan tetapi olahraga ini nampaknya menjadi salah satu permainan yang paling banyak diminati.

Ada banyak hal menarik seputar sepak bola yang perlu anda ketahui mulai dari jumlah pemain sepak bola, daftar legenda sepak bola serta beberapa posisi pemain.

Jumlah pemain sepak bola

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa klub sepak bola dianggap sebagai kesebelasan. Lantas apa artinya kesebelasan tersebut?. Kesebelasan artinya adalah jumlah pemain sepak bola dalam satu tim adalah 11.

Akan tetapi tahukah anda jika ternyata awal permainan sepak bola ditemukan olahraga ini tidak menggunakan istilah kesebelasan. Karena dulunya dalam permainan sepak bola satu tim tidak membutuhkan 11 pemain. 

Jumlah pemain dalam satu timnya bisa lebih dari itu atau mungkin kurang. Akan tetapi menurut informasi sejarahnya, permainan sepak bola tempo dulu pemain dalam 1 tim bisa berjumlah 15 atau 20 orang lebih. Jadi permainan sepak bola bisa membutuhkan 50 orang.

Seiring berjalannya waktu akhirnya permainan sepak bola mulai populer sehingga dibuat sebuah peraturan untuk membuat olahraga ini semakin menarik untuk dipertontonkan. Salah satunya adalah jumlah maksimal pemain dalam satu tim. 

Dibatasinya jumlah maksimal pemain sepak bola juga disesuaikan dengan lebar lapangan yang saat ini digunakan. Ukuran lapangan sepak bola standar biasanya memiliki lebar sekitar 45 hingga 90 meter, untuk panjangnya sendiri berkisar antara 90 sampai 120 meter. 

Jadi untuk membuat permainan sepak bola semakin menarik maka tentu perlu dibuat aturan untuk membatasi jumlah pemain dalam satu tim, agar masing-masing tim bisa menerapkan strategi yang bagus. Bayangkan saja jika dalam satu tim pemain sepak bola tidak dibatasi jumlahnya pastinya akan sangat penuh sesak.

Beberapa posisi pemain sepak bola

Dalam permainan sepak bola ada beberapa posisi pemain yang memiliki fungsi serta tugas berbeda-beda. Berikut beberapa posisi pemain sepak bola serta nama dan fungsinya:

Kiper (penjaga gawang)

Jika anda merupakan penggemar sepak bola pasti sudah mengenal istilah kiper ini. Kiper merupakan pemain sepak bola yang diberi tugas untuk menjaga gawang. Jadi pastinya tempat dia adalah berada di depan gawang.

Seorang kiper adalah satu-satunya pemain sepak bola yang diperbolehkan menyentuh bahkan menangkap bola dengan tangan, akan tetapi hanya saat berada di dalam kotak penalti saja. Seorang kiper diperbolehkan meninggalkan kotak pinalti akan tetapi tidak diperkenankan menyentuh atau memegang bola.

Bahkan pemain sepak bola yang bertugas sebagai kiper juga diperbolehkan mencetak gol melalui kotak penalti atau tendangan bebas. 

Bek atau defender (pemain belakang)

Sesuai namanya defender merupakan seorang pemain sepak bola yang bertugas menjaga pertahanan dari serangan lawan. Jadi defender bisa dikatakan merupakan pemain yang paling bertanggung jawab di garis pertahanan sebuah tim sepak bola.

Pemain yang menempati posisi defender harus bisa berkoordinasi dengan rekan timnya untuk melindungi garis pertahanan dari gempuran pemain musuh. Seorang defender juga harus bisa memprediksi pergerakan lawan serta mampu menjaga ruang gerak pemain penyerang dari tim musuh.

Playmaker (pemain tengah)

Istilah bebasnya playmaker adalah pemain sepak bola yang bertugas menjaga ritme permainan. Dia memberikan umpan kepada striker atau winger untuk bisa menyusun strategi dalam menyerang pertahanan lawan. Selain itu, seorang playmaker juga bisa ikut membantu proses pertahanan dari serangan pemain musuh.

Jadi bisa dikatakan playmaker merupakan salah satu pemain sepak bola yang memiliki peran sangat penting sekali dalam tim. Seorang playmaker bukan hanya sekedar memiliki gocekan bola yang bagus tapi juga cerdas, serta mampu membaca situasi dan kondisi di lapangan. 

Terkadang kebanyakan pemain yang bertugas sebagai playmaker memang memiliki kemampuan berlari di bawah rata-rata. Meskipun tidak memiliki kecepatan lari yang baik, akan tetapi dia bisa mengatur jalannya pertandingan melalui umpan-umpan manis yang diberikan-nya kepada striker.

Winger (pemain sayap)

Winger atau pemain sayap adalah salah satu pemain sepak bola yang menempati posisi cukup penting. Pemain sepak bola yang menempati posisi ini bertugas memberikan umpan kepada striker sekaligus terkadang juga menjadi penyerang.

Biasanya seorang winger memiliki kecepatan lari yang sangat baik dan di atas rata-rata dari pemain lainnya di dalam sebuah tim sepak bola. Hal ini dikarenakan salah satu tugas winger adalah menyisir bagian tepi garis pertahanan lawan. 

Seorang winger bisa saja menusuk pertahanan dari samping atau memberikan umpan kepada striker yang akan dikonversi menjadi sebuah gol. Jadi pemain ini bisa sangat berbahaya.

Striker (pemain penyerang)

Striker adalah salah satu posisi pemain sepak bola yang paling diidamkan oleh semua orang. Hal ini dikarenakan tugas dia adalah mencetak gol, yang seolah-olah menjadi penentu kemenangan dalam sebuah tim. Baca juga  Ukuran gawang sepak bola standar FIFA untuk junior dan senior

Seorang striker umumnya harus memiliki gocekan bola yang baik serta kecepatan lari yang mumpuni. Pemain bola di posisi ini juga harus bisa membaca umpan dengan baik, sekaligus mampu mengelabuhi bek atau pemain defender dari lawan. 

Meskipun seorang striker memiliki peran yang sangat penting dalam permainan sepak bola, tetapi tentunya dia tidak bisa bekerja sendirian tanpa bantuan dari pemain lainnya. Jadi intinya dalam permainan sepak bola kerjasama tim menjadi sangat penting dibandingkan hanya mengandalkan satu atau dua orang pemain saja.

Pemain sepak bola terbaik sepanjang masa

Dalam permainan sepak bola seorang pemain bisa sangat terkenal sekali dibandingkan dengan pemain lainnya lantaran keahlian serta kontribusinya dalam sebuah tim. Dalam sejarah, setidaknya kita mengenal beberapa pemain sepak bola yang cukup fenomenal dan bahkan bisa dikatakan menjadi seorang legenda. Lantas siapa saja pemain sepak bola tersebut? Berikut daftar nama namanya:

Pele

Menyebutkan sepak bola tentu tidak lengkap tanpa menghadirkan pemain yang satu ini. Pemain sepak bola berkebangsaan Brazil tersebut memang menjadi salah satu ikon sepak bola yang akan selalu dikenang. Kontribusinya membawa Brazil menjadi juara dunia 3 x telah menjadikannya sebagai legenda sepak bola yang tak terlupakan.

Sepanjang karirnya Pele sapaan akrab Edson Arantes Do Nascimento ini telah menggelontorkan setidaknya 1.281 gol dari 1.363 pertandingan yang dilakoninya. Selain membawa Brazil menjadi juara piala dunia 3 kali, Pele juga telah mendapatkan banyak penghargaan secara individu sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa.

Diego Armando Maradona

Jika Brazil punya Pele maka Argentina punya Diego Maradona. Di awal masa kejayaannya Maradona memang menjadi salah satu pemain sepak bola yang bisa dikatakan penuh kontroversi. Meskipun penuh kontroversi, akan tetapi tidak bisa dipungkiri jika Maradona adalah sosok pemain sepak bola yang cukup lihai dalam menjebol garis pertahanan lawan.

Prestasi terbaik Diego Armando Maradona adalah membawa Argentina menjuarai piala dunia di tahun 1986. Di timnas Argentina dia telah menyumbang 34 gol dari 94 penampilannya. Maradona adalah satu dari sekian banyak pemain Argentina yang memiliki kemampuan dribble di atas rata-rata, satu atau dua sentuhan kakinya bisa sangat berbahaya bagi garis pertahanan lawan.

Cristiano Ronaldo

Untuk pemain sepak bola yang satu ini pastinya anda sudah kenal atau minimal pernah mendengar namanya. CR7 yang menjadi sapaan akrab Cristiano Ronaldo di lapangan menjadi salah satu pemain yang paling fenomenal di era sepak bola modern saat ini.

Prestasinya sangat gemilang terutama saat membawa Real Madrid menjuarai berbagai macam gelar liga Champions dan liga domestik. Meskipun Cristiano Ronaldo belum mampu membawa negaranya Portugal menjuarai piala dunia akan tetapi prestasinya untuk klub yang dibelanya tidak bisa dianggap sebelah mata. 

Ada banyak prestasi individu yang telah diraih pemain sepak bola berkebangsaan Portugal ini. Salah satunya adalah mencetak 40 gol di dua musim berturut-turut. Pemain sepak bola yang mendapat penghargaan ballon D’or 5 kali ini juga menjadi salah satu pemain yang memiliki nilai jual paling tinggi dalam industri sepak bola.

Lionel Messi

Lionel Messi adalah pemain sepak bola berkebangsaan Agentina yang saat ini membela klub Barcelona. Sama dengan Cristiano Ronaldo Messi juga telah mendapat 5 kali penghargaan pemain terbaik dunia atau yang sering disebut dengan ballon D’or. 

Salah satu prestasi terbaik Lionel Messi adalah dengan membawa Barcelona menjuarai treble winner pada tahun 2015 lalu. Messi tercatat telah membela Barcelona sejak usianya masih 13 tahun dan menjadi salah satu pemain termuda kala itu.

Ronaldo Luis Nazario

Bagi anda para pencinta sepak bola khususnya di awal tahun 2000-an pasti mengenal sosok pemain asal Brazil tersebut. Ronaldo Luis Nazario atau Ronaldo De Lima adalah pemain yang sangat ditunggu keberadaannya terutama di piala dunia kalau itu.

Ronaldo de lima telah mencetak rekor 15 gol dalam perhelatan sepak bola empat tahunan tersebut, dengan demikian menempatkannya di posisi teratas sebagai pencetak gol terbanyak di ajang piala dunia. Tercatat Ronaldo De Lima telah membela beberapa klub besar dunia seperti Barcelona, Inter Milan, AC Milan, Real Madrid, Hingga PSV Eindhoven. Artikel terkait Peraturan sepak bola terbaru lengkap sesuai pedoman FIFA

Franz Beckenbauer

Mungkin nama pemain sepak bola yang satu ini sedikit asing di telinga anda. Ya, pemain sepak bola era 60 sampai 80-an ini memang tidak setenar Pele atau Maradona. Akan tetapi anda jangan salah, pemain sepak bola berkebangsaan Jerman ini dianggap sebagai der kaiser atau sang kaisar di kala itu. Franz beckenbauer dianggap telah banyak merevolusi permainan sepak bola Jerman pada awal tahun 1960 hingga 1970-an.

Nah demikian tadi ulasan lengkap mengenai jumlah pemain sepak bola dalam satu tim serta beberapa legenda pemain sepak bola dunia yang mungkin akan dikenang sepanjang masa.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →