Jumlah pemain kasti dalam satu regu serta atauran mainnya

Jumlah pemain kasti
Jumlah pemain kasti
image pixabay.com

Jumlah pemain kasti dalam satu regu serta aturan mainnya termasuk serba-serbi olahraga ini yang diulas secara gamblang. Kasti adalah sebuah olahraga yang merupakan turunan dari permainan baseball. Olahraga ini sering dimainkan oleh anak-anak serta wanita di sekolah-sekolah di indonesia. Olahraga kasti biasanya dimainkan di ruangan terbuka karena saat memainkan olahraga ini kita membutuhkan lapangan yang luas.

Sekilas seputar olahraga kasti

Secara umum, permainan kasti bisa dimainkan oleh siapa saja baik orang dewasa, anak-anak, maupun orang tua sekalipun. Akan tetapi karena olahraga ini membutuhkan kecepatan lari mungkin orang-orang tertentu kurang cocok memainkan olahraga ini.

Meskipun secara umum permainan kasti sama dengan baseball akan tetapi terkadang aturan main olahraga ini sedikit berbeda tergantung dari daerah nya. Ada banyak manfaat bermain kasti di antaranya adalah menumbuhkan tanggung jawab serta meningkatkan kebugaran fisik.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dalam permainan kasti masing-masing pemain akan diberikan tugas berbeda-beda. Hal ini tentu akan mengajari anak untuk bertanggung jawab. Selain itu, permainan kasti juga menuntut para pemainnya untuk tetap aktif bergerak sehingga ini sangat baik sekali terutama bagi anak-anak.

Selain meningkatkan kesehatan fisik, permainan kasti juga bisa menumbuhkan kerjasama antar tim. Jadi olahraga ini sangat cocok sekali untuk mereka yang masih dalam masa pertumbuhan.

Nah bagi anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai permainan kasti ada baiknya menyimak ulasannya berikut ini termasuk jumlah pemain kasti, aturan main, serta beberapa tugas pemainnya.

Jumlah pemain kasti dalam satu regu

Permainan kasti secara umum dimainkan oleh 12 orang seperti halnya olahraga baseball. Tapi secara keseluruhan olahraga kasti membutuhkan setidaknya 18 orang di mana 6 lainnya bertindak sebagai pemain cadangan.

Dari ke-12 pemain tersebut tentu mereka memiliki tugas berbeda-beda tergantung posisi nya. Satu dari mereka juga harus ada yang ditunjuk sebagai kapten yang nantinya akan mengkoordinasi teman-temannya untuk mengatur strategi.

Beberapa tugas pemain kasti

Agar permainan kasti bisa berjalan dengan baik tentu masing-masing tim harus memberikan tugas kepada pemain. Diantara beberapa tugas pemain tersebut diantaranya adalah tim pemukul bola, pelempar dan penangkap. Berikut beberapa tugas pemain kasti yang perlu anda ketahui:

Pelempar bola

Salah satu pemain kasti yang sangat penting adalah seorang pelempar bola. Pelempar bola dalam permainan kasti atau baseball bertugas memberikan bola kepada pemukul sesuai dengan keinginan si pemukul. Biasanya seorang pemukul akan memberikan arahan tinggi dari bola yang akan dilemparkan tersebut.

Meskipun demikian, secara umum ada dua jenis lemparan yang sering digunakan oleh pelempar. Yang pertama adalah jenis lemparan lambung yaitu melemparkan bola ke atas. Sedangkan yang kedua adalah lemparan datar yaitu dengan melempar bola secara mendatar ke arah pemukul.

Lemparan lambung secara umum lebih mudah bagi pemula akan tetapi hasil pukulannya tidak begitu baik. Sedangkan lemparan datar memang sedikit sulit akan tetapi jika bisa mengenai sasaran hasil dari pukulan akan jauh lebih bertenaga.

Pemukul bola

Dari namanya pasti anda sudah tahu jika pemukul bola adalah orang yang ditugaskan untuk memukul bola yang dilemparkan oleh si pelempar. Seorang pemukul bola dalam permainan kasti harus memiliki reflek yang baik agar bisa mengenai bola tepat sasaran.

Selain itu, pukulan nya juga harus kencang dan kuat agar bola bisa melesat jauh dan sulit untuk ditangkap oleh tim lawan. Semakin jauh bola dipukul, maka akan semakin sulit bagi lawan untuk meraihnya. Dengan demikian tim pemukul akan bisa lari mengintari base dengan mudah.

Agar bisa memukul bola dengan baik tentu ada tekniknya tersendiri, jadi bukan hanya sekedar memukul saja. Beberapa teknik pukulan ini disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada dan tentunya memiliki tujuan yang berbeda-beda. Berikut beberapa teknik memukul dalam olahraga kasti atau baseball:

Pukulan mendatar

Pukulan mendatar dilakukan dengan cara memukul bola secara mendatar dengan cepat. Pukulan mendatar secara umum sangat sulit untuk ditangkap oleh lawan karena sangat kencang. Akan tetapi kekurangan pukulan ini adalah biasanya bola tidak begitu jauh karena dengan posisinya yang datar maka bola akan lebih cepat jatuh ke tanah.

Pukulan melambung

Pukulan melambung sesuai namanya adalah sebuah pukulan yang dilakukan dengan cara melambungkan bola setinggi mungkin agar lawan sulit untuk mendapatkannya. Jika salah dalam melakukan pukulan ini benarnya lebih mudah untuk ditangkap oleh tim penjaga.

Tetapi jika si pemukul mampu melakukannya dengan baik maka bola yang dihasilkan begitu jauh dan relatif lebih lama untuk jatuh ke tanah. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi tim pemukul untuk bisa mengitari base dan mendapatkan poin sebanyak mungkin.

Pukulan menyusur ke tanah

Pukulan menyusur ke tanah dilakukan dengan cara memukul bola ke arah bawah hingga membuatnya menyusuri tanah. Efek pantulan yang dihasilkan dari pukulan ini akan sangat menyulitkan bagi tim lawan untuk bisa meraih bola.

Kekurangan teknik ini sebenarnya terletak pada cepatnya bola jatuh ke tanah sehingga terkadang bisa lebih mudah diambil oleh tim penjaga. Permukaan yang digunakan pun juga akan sangat berpengaruh dalam menggunakan teknik pukulan ini.

Penangkap bola

Salah satu hal yang wajib dimiliki oleh penangkap bola adalah refleks yang baik serta cekatan. Dalam permainan kasti biasanya tim penjaga akan berusaha menangkap bola yang dipukul oleh tim lawan.

Semakin cepat dia meraih bola maka akan semakin mudah baginya untuk melemparkannya ke arah pemain lawan. Selain itu, kemampuan dia dalam menangkap bola juga akan diberikan nilai tersendiri.

Teknik menangkap bola dalam permainan kasti tentu tergantung dari bola yang dihasilkan oleh pemukul. Jika bola melambung maka dia harus mengejarnya dan berada tepat di bawah titik jatuhnya bola.

Sedangkan untuk bola mendatar maka agak sedikit sulit untuk bisa tepat memegangnya. Sebagai gantinya dia bisa menggunakan tubuhnya untuk menahan laju bola meskipun mungkin dia tidak bisa menangkapnya secara langsung paling tidak bola tidak akan terlempar jauh.

Tim penjaga

Tim penjaga merupakan sekumpulan pemain lawan dari tim pemukul di mana tugasnya adalah menangkap bola dan melemparkannya ke arah badan dari tim pemukul saat mereka berlari mengitari tempat pemberhentian.

Peraturan permainan kasti

Peraturan permainan kasti secara umum hampir mirip dengan baseball maupun softball. Akan tetapi tentu dengan adanya modifikasi maka ada sedikit perbedaan. Berikut beberapa aturan permainan kasti termasuk juga komponen yang diperlukan dalam menunjang olahraga ini.

Lapangan kasti

Untuk bisa bermain kasti tentu anda membutuhkan sebuah lapangan yang memiliki ukuran khusus. Secara umum permainan kasti membutuhkan sebuah lapangan dengan panjang 40 m dan lebar setidaknya 70 m.

Waktu yang dibutuhkan

Indikasi kemenangan dalam permainan kasti tidak ditentukan berdasarkan game point tetapi melalui waktu. Permainan kasti secara umum dibagi menjadi dua bagian dimana pada masing-masing bagian terdiri dari 30 menit.

Pada masing-masing bagian atau babak tersebut terdapat waktu istirahat setidaknya 15 menit untuk memberikan waktu bagi para pemain dalam memulihkan tenaga sekaligus mengatur strategi.

Pergantian posisi dalam kasti

Pergantian posisi dalam kasti antara tim pemukul dan penjaga dilakukan ketika tim pemukul mati atau pemain mereka yang lari mampu dihentikan oleh lemparan bola dari tim penjaga.

Selain itu pergantian tempat juga bisa dilakukan ketika tim penjaga mampu menangkap bola yang dipukul oleh tim pemukul 3 kali berturut-turut.

Wasit dalam permainan kasti

Seperti halnya permainan lainnya, tentu ada seorang wasit yang bertugas mengatur jalannya pertandingan. Di dalam permainan kasti setidaknya ada 3 orang wasit di mana 1 di antaranya bertugas sebagai wasit kepala.

Sedangkan yang lainnya berperan sebagai penjaga garis yang mengamati jalannya pertandingan. Dia akan melihat apakah lemparan bola bisa mengenai pemain lawan atau tidak sekaligus mengidentifikasi jika ada pelanggaran.

Penskoran dalam permainan kasti

Seorang penjaga yang mampu menangkap bola dengan tepat akan memperoleh nilai 1. Sedangkan nilai 2 bisa didapat ketika seorang tim pemukul mampu melewati base atau tempat pemberhentian.

Nilai 1 juga diberikan kepada tim penjaga yang mampu mengenai bola ke lawan. Pada posisi seperti ini tim penjaga harus segera merapat ke tempat pemberhentian atau base 1 2 dan 3.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →