Jumlah pemain futsal dalam satu regu beserta posisi dan tugasnya

Jumlah pemain futsal
Jumlah pemain futsal
image flickr.com/photos/ikhlasulamal/3168114709/

Jumlah pemain futsal dalam satu regu atau tim serta posisinya masing-masing sekaligus tugas mereka dalam tim.

Permainan futsal saat ini telah menjadi salah satu olahraga yang paling banyak digandrungi oleh kawula muda. Permainan yang sebenarnya secara teknis sama dengan sepak bola ini merupakan satu dari sekian banyak olahraga yang cukup menarik.

Nah bagi anda penggemar olahraga futsal pastinya ingin tahu lebih banyak mengenai permainan yang satu ini. Langsung saja berikut kita ulas tuntas seputar olahraga futsal mulai dari sejarah ditemukannya hingga aturan main dan jumlah pemainnya.

Sejarah permainan futsal

Awal mula permainan futsal ditemukan yaitu pada tahun 1930 tepatnya di Montevideo Uruguay. Permainan yang secara aturan sama persis dengan sepak bola ini dikenalkan oleh Juan Carlos Cerini yang merupakan seorang pelatih dari Argentina.

Sebenarnya sejarah futsal dimulai ketika Carlo Cerini menciptakan olahraga ini secara tidak sengaja. Pada waktu itu Cerini ingin memberikan latihan kepada anak asuhnya ketika cuaca tidak kondusif saat dilakukan di luar ruangan. Akhirnya dia mengalihkan latihan yang biasanya dilakukan secara outdoor menjadi indoor atau di dalam ruangan.

Meskipun latihan dilakukan di dalam ruangan akan tetapi hal ini ternyata tidak mempengaruhi performa para pemain yang diasuh oleh nya. Sejak saat itu Cerini mulai berinisiatif untuk menciptakan olahraga baru yang sama dengan sepak bola tetapi dilakukan di dalam ruangan di mana olahraga tersebut diberi nama futsal.

Meskipun secara umum permainan futsal sama dengan sepak bola, akan tetapi dalam rangka menyesuaikan dengan tempat maka ada banyak perubahan aturan termasuk jumlah pemain dan ukuran lapangan yang digunakan.

Jumlah pemain futsal dalam satu tim

Futsal adalah permainan sepak bola yang dilakukan di dalam ruangan dengan aturan khusus mulai dari ukuran lapangan hingga jumlah pemain. Secara umum jumlah pemain futsal dalam satu regu adalah 5 orang. Jadi untuk bisa bermain futsal kita hanya membutuhkan 10 orang saja. 

Sedangkan secara umum dalam satu tim futsal maksimal hanya diperbolehkan membawa 7 orang pemain. Jadi jumlah pemain cadangan dalam futsal hanya 2 orang saja. Meskipun hanya sedikit akan tetapi kelebihan aturan futsal ini adalah seorang pemain yang sudah keluar diperbolehkan masuk kembali tanpa batas. Hal ini tentunya akan lebih memudahkan pemain dalam mengambil waktu istirahat.

Beberapa posisi pemain futsal

Ada beberapa posisi atau tugas pemain futsal yang perlu anda ketahui sebelum memainkan olahraga yang satu ini. Berikut beberapa daftar tugas atau posisi pemain futsal:

Kiper

Ya karena permainan ini memang sama dengan sepak bola tentu dalam permainan futsal kita juga membutuhkan kiper sebagai penjaga gawang. Hanya saja ukuran gawang futsal memang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan ukuran gawang sepak bola standar.

Meskipun ukuran gawang yang digunakan dalam permainan futsal secara umum lebih kecil akan tetapi anda jangan salah, bertugas sebagai seorang kiper dalam permainan futsal tidaklah mudah. Biasanya dalam permainan futsal tendangan bola relatif lebih keras karena jaraknya pun juga dekat.

Dibutuhkan mental yang kuat sekaligus reflek yang baik untuk bisa menjaga gawangnya agar tidak kebobolan. Dan pastinya insting untuk bisa menebak bola sangat diperlukan sebagai seorang kiper di olahraga futsal ini.

Anchor

Jika di permainan sepak bola kita mengenal istilah bek maka di dalam futsal ada yang namanya anchor. Secara tugas sebenarnya anchor sama dengan bek dalam permainan sepak bola, hanya saja selain bertahan pemain futsal yang bertugas sebagai anchor ini juga memiliki peran untuk mengatur serangan.

Jadi anchor adalah salah satu motor serangan sekaligus bertanggung jawab terhadap garis pertahanan. Peranan anchor yang sangat vital tentu membutuhkan seorang pemain yang memiliki gocekan bola cukup baik. 

Flank

Frank adalah pemain sayap yang ada dalam permainan futsal. Karena jumlah pemain futsal relatif lebih sedikit dibandingkan sepak bola maka beberapa pemain memiliki tugas ganda yaitu menyerang dan bertahan.

Meskipun flank secara umum bertugas sebagai sayap yang artinya mengatur serangan akan tetapi tidak jarang dia harus berjibaku di lini pertahanan. Selain itu, salah satu tugas lain yang paling penting bagi seorang flank adalah menjadi penghubung antara anchor dan pivot.

Kecepatan lari serta kemampuan menggiring bola yang baik sangat diperlukan bagi pemain yang mengemban tugas ini. Jadi bagi anda yang tertarik untuk bermain futsal dan mengidamkan posisi sebagai flank maka anda harus memiliki kecepatan serta penguasaan bola yang baik.

Pivot

Pivot bisa dikatakan adalah strikernya futsal. Dia adalah pemain yang bertugas mencetak gol. Seorang pivot memang tidak harus memiliki kecepatan lari yang baik tetapi bisa menyelesaikan peluang menjadi sebuah gol.

Jadi kemampuan dia dalam mengelabuhi pemain belakang lawan sangat penting sekali bagi seorang pivot. Selain itu, pemain futsal yang berada di posisi ini juga harus jeli dalam melihat sebuah peluang. 

Meskipun pivot lebih banyak berada di depan akan tetapi terkadang dia juga sangat berperan penting dalam membantu pertahanan. Bahkan tidak jarang pivot menjadi pemain pertama yang berhasil menggagalkan serangan lawan dengan cara memutus bola di garis pertahanan musuh sebelum sampai ke garis tengah.

Ukuran lapangan futsal standar

Nah setelah kita mengetahui informasi seputar jumlah pemain futsal beserta posisinya sekarang kita akan mempelajari berapa sih ukuran lapangan futsal standar FIFA. Berikut rinciannya:

Lapangan futsal standar Nasional paling tidak memiliki panjang antara 25 hingga 42 meter. Sedangkan untuk lebarnya biasanya berkisar antara 15 hingga 25 meter. 

Sedangkan untuk ukuran lapangan futsal standar Internasional biasanya memiliki panjang antara 38 sampai 42 meter dan lebar 18 hingga 25 meter. 

Peraturan futsal

  • Selain jumlah pemainnya yang berbeda dengan sepak bola permainan futsal juga memiliki aturan tersendiri termasuk durasi waktu. Berikut aturan permainan futsal secara umum:
  • Permainan futsal menggunakan bola yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan permainan sepak bola standar. Ukuran bola futsal biasanya memiliki keliling hanya 62 sampai 64 cm. Sedangkan untuk beratnya berkisar antara 390 hingga 430 gram.
  • Permainan futsal dibagi dalam dua babak dimana masing-masing babak terdiri dari 20 menit dengan waktu istirahat 10 menit.
  • Jika pertandingan menemui skor imbang setelah terjadi penambahan waktu maka akan dilakukan adu tendangan penalti.
  • Masing-masing tim diberikan kelonggaran untuk melakukan timeout maksimal 1 kali perbabak. Time out hanya diberikan di waktu normal dan tidak berlaku pada babak tambahan.
  • Berbeda dengan sepak bola dalam permainan futsal tidak ada istilah offside.
  • Jumlah pergantian pemain dalam futsal tidak dibatasi akan tetapi dalam satu tim futsal maksimal hanya ada 7 orang pemain.
  • Seorang pemain futsal yang pernah keluar diperbolehkan masuk kembali kecuali kiper. Pergantian kiper hanya diperbolehkan pada saat permainan berhenti.

Nah demikian tadi ulasan lengkap mengenai jumlah pemain futsal dalam satu tim, peraturan singkatnya, sejarah serta ukuran lapangannya. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan anda seputar olahraga futsal.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →