jenis media jaringan komputer

Beberapa jenis media jaringan komputer serta kelebihan dan kekurangannya

jenis media jaringan komputer
image favpng.com

Beberapa jenis media jaringan komputer yang paling banyak digunakan saat ini serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang perlu kamu tahu.

Manfaat jaringan komputer tentu sangat banyak sekali, selain memudahkan kita dalam berbagi file penggunaan jaringan komputer juga akan membuat proses pekerjaan bisa menjadi ringan dan bisa cepat dilakukan.

Untuk membuat sebuah jaringan komputer tentu kita membutuhkan media. Media ini pada dasarnya digunakan sebagai perantara untuk saling bertukar informasi dan mengirimkan pesan dari satu komputer ke komputer lainnya.

Pengertian media jaringan komputer

Media jaringan komputer merupakan sebuah alat atau media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dari satu komputer ke komputer lainnya agar bisa berkomunikasi dan berbagi file.

Media jaringan komputer ini biasanya memanfaatkan gelombang elektromagnetik, gelombang listrik, serta gelombang cahaya yang nantinya difungsikan sebagai media untuk menerima serta mengirim sebuah data. 

Secara umum ada 3 media yang paling terkenal dalam membuat sebuah jaringan komputer. Beberapa media tersebut diantaranya adalah penggunaan kabel tembaga, kabel fiber optik, dan wireless atau gelombang radio.

Jenis media jaringan komputer

Berikut beberapa daftar jenis media jaringan komputer serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing:

Media tembaga

Penggunaan media tembaga sebagai alat untuk menghubungkan komputer merupakan salah satu yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Penggunaan media tembaga seringkali dibungkus dan dibuat menjadi sebuah kabel, sehingga orang menyebutnya sebagai kabel tembaga.

Penggunaan media tembaga untuk proses transmisi tentu memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan diantaranya seperti:

Kelebihan media tembaga:

  • Penggunaan kabel tembaga secara umum lebih murah
  • Media tembaga memiliki jarak jangkauan yang relatif lebih luas
  • Memiliki resiko yang lebih sedikit untuk mengalami interferensi dengan sistem lain karena menggunakan penutup di bagian luarnya.
  • Media tembaga mampu menyalurkan hingga 900 kanal telepon.

Kekurangan media tembaga

  • Secara umum media tembaga Memiliki proses instalasi yang relatif lebih rumit.
  • Lebih rawan terhadap gangguan terutama jika kabel tersebut dipasang di atas tanah menggunakan tiang.
  • Besarnya redaman membuatnya harus dipasang repeater-repeater untuk bisa menghubungkannya dengan jarak yang jauh.
  • Memiliki kecepatan proses transfer data yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan penggunaan kabel fiber.

Beberapa contoh dari penggunaan kabel tembaga di antaranya adalah kabel UTP, kabel coaxial, dan kabel STP. Sedangkan untuk throughput serta jarak maksimal dari penggunaan kabel tembaga tergantung dari jenis nya misalnya untuk kabel UTP biasanya hanya memiliki jarak maksimal sekitar 100 meter. 

Kabel fiber optik

Penggunaan kabel fiber optik baru-baru ini memang sedang digalakkan oleh Telkom sebagai provider internet terbesar di Indonesia. Penggunaan kabel fiber optik diketahui memiliki kecepatan yang lebih baik dibandingkan penggunaan kabel tembaga. Hal inilah yang membuat beberapa provider internet mulai menggunakan kabel fiber optik sebagai media jaringan mereka.

Kabel fiber optic sebenarnya merupakan media jaringan komputer yang memanfaatkan gelombang cahaya untuk transmisinya. Karena menggunakan gelombang cahaya tentu proses pengiriman dan pengambilan data menjadi sangat cepat dibandingkan penggunaan kabel tembaga.

Kabel fiber optik sebenarnya terbuat dari benang kaca yang mampu mentransmisi modulasi ke gelombang cahaya sehingga membuatnya sangat cepat dalam mengirim sebuah data. Serat kaca yang digunakan untuk menyusun kabel fiber optic ini biasanya memiliki diameter kurang lebih 120 mikrometer. Dari ukurannya tersebut penggunaan kabel fiber optic mampu mentransmisikan sinyal cahaya dari satu komputer ke komputer lainnya hingga mencapai jarak 50 km tanpa menggunakan repeater.

Meskipun memiliki banyak kelebihan dibandingkan kabel tembaga, penggunaan fiber optic juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa daftar kekurangan serta kelebihan penggunaan fiber optik sebagai media jaringan komputer:

Kelebihan media fiber optik

  • Memiliki kecepatan transmisi yang jauh di atas penggunaan tembaga di mana kecepatannya bisa mencapai gigabit.
  • Selain memiliki kecepatan yang sangat tinggi, penggunaan fiber optik sebagai media jaringan komputer juga mampu menempuh jarak yang sangat jauh dan mengirimkan data dalam jumlah yang besar.
  • Penggunaan fiber optik sebagai media jaringan komputer memiliki tingkat keamanan yang baik.
  • Mampu bertahan terhadap gangguan elektromagnetik.
  • Penggunaan fiber optik juga relatif lebih menghemat tempat sehingga membuat pemasangan instalasinya tidak semrawut.

Kekurangan media fiber optik

  • Meskipun hemat tempat akan tetapi proses instalasi dari penggunaan media fiber optik relatif lebih rumit.
  • Harganya juga relatif lebih mahal dibandingkan dengan kabel tembaga.
  • Apabila terjadi masalah seperti halnya putus proses memperbaikinya juga relatif lebih sulit dibandingkan dengan kabel tembaga.

Media wireless (Tanpa kabel)

Media jaringan komputer yang selanjutnya adalah penggunaan wireless. Wireless merupakan sebuah media transmisi komputer tanpa menggunakan kabel, sebagai gantinya dalam proses transmisi media ini memanfaatkan energi elektromagnetik.

Media wireless biasanya menggunakan sebuah antena yang difungsikan untuk transmisi di ruang hampa, di udara, atau bahkan air. Secara umum ada dua jenis konfigurasi dari penggunaan media wireless tersebut diantaranya adalah:

Konfigurasi searah

Untuk membuat sebuah konfigurasi media wireless yang searah maka antena transmisi akan mengeluarkan sebuah sinyal elektromagnetik yang terpusat. Agar proses konfigurasi ini bisa bekerja dengan baik maka antara antena penerima dan antena pentransmisi harus disejajarkan dengan benar.

Secara umum jika frekuensi sinyal semakin tinggi maka akan semakin mudah untuk memfokuskan nya ke dalam sinar searah.

Konfigurasi segala arah

Untuk konfigurasi media wireless ke segala arah ini secara umum lebih mudah karena kita tidak perlu mensejajarkan antara antena penerima dan pentransmisi. Konfigurasi segala arah akan memungkinkan sinyal untuk ditransmisikan ke segala penjuru dan bisa dengan mudah diterima oleh banyak antena.

Kelebihan media wireless

Seperti halnya penggunaan fiber optik dan tembaga, menggunakan media wireless sebagai transmisi jaringan komputer juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing diantaranya seperti:

  • Proses instalasinya relatif lebih cepat dan tidak rumit.
  • Relatif lebih murah
  • Jangkauan media wireless secara umum lebih luas dan menyeluruh di segala penjuru.
  • Karena tidak memerlukan kabel maka proses instalasi lebih rapi dan tidak membuat ruang menjadi semrawut.

Kekurangan media wireless

  • Kecepatan proses transfer data sangat terbatas.
  • Sangat sering mendapatkan interferensi gelombang.
  • Keterbatasan kapasitas jaringan
  • Tingkat keamanan yang relatif lebih rendah.
  • Berisiko mengalami kendala pada proses transmisi lantaran sinyal terkadang sering putus.

Tentu tingkat keamanan pada suatu jaringan wireless tergantung juga pada alat yang dibeli serta kemampuan orang yang mengoperasikannya. Selain itu, mahalnya harga perangkat juga sangat mempengaruhi kekuatan sinyal serta luas area yang bisa dijangkau dari penggunaan media wireless tersebut.

Mana media jaringan komputer yang terbaik?

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa ketiga media jaringan komputer tersebut, mulai dari penggunaan kabel tembaga, serat fiber optik, serta wireless memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi untuk memilih mana yang lebih baik dari ketiganya tentu tergantung dari kebutuhan.

Selain itu, faktor biaya juga bisa menjadi pertimbangan tersendiri untuk memilih media yang cocok untuk jaringan komputer yang sedang anda bangun. Jika anda ingin membuat sebuah jaringan komputer yang sederhana untuk menghubungkan antara komputer, smartphone, printer dan sebagainya hanya pada lingkup rumah saja mungkin penggunaan wireless bisa menjadi pilihan.

Akan tetapi untuk perkantoran di mana kerahasiaan data sangat perlu dijaga serta kebutuhan proses transfer data yang cepat serta dengan jarak yang jauh mungkin penggunaan kabel fiber optic bisa menjadi pilihan. 

Sedangkan penggunaan kabel tembaga mungkin bisa menjadi pilihan jika anda ingin membuat jaringan komputer seperti laboratorium. Selain murah, biasanya penggunaan laboratorium komputer sebagai media pembelajaran juga tidak membutuhkan proses transfer data yang begitu besar. 

Demikian tadi ulasan mengenai jenis media jaringan komputer yang paling banyak digunakan saat ini. Semoga informasi di atas bisa sedikit menambah wawasan anda mengenai jaringan komputer.