Jenis Ayam Pama

Posted on

Ayam adalah hewan peliharaan yang paling umum terdapat di Asia. Ayam Pama menjadi salah satu jenis ayam yang saat ini banyak dipelihara dan dijadikan sebagai komoditas peternakan. Ayam Pama berasal dari kata “Paman” yang berarti ayam aduan terbaik dan berasal dari Thailand. Ada sejumlah fakta menarik tentang Ayam Pama yang perlu Anda ketahui. Artikel ini akan membahas jenis-jenis Ayam Pama beserta dengan sejarahnya.

Jenis-Jenis Ayam Pama

Ada banyak jenis Ayam Pama yang bisa kita temui di Asia, selain itu Ayam Pama juga memiliki variasi warna bulu dan bentuk fisik yang bervariasi sesuai dengan jenisnya. Berikut adalah beberapa jenis Ayam Pama yang bisa kita temui di Asia:

Ayam Pama

1. Ayam Pama Thailand – Ayam Pama Peking. Ayam Pama yang berasal dari Thailand ini memiliki ciri fisik yang besar, panjang dan kuat dengan bulu yang berwarna hitam dan putih. Ayam Pama Peking yang berasal dari Beijing, Tiongkok, memiliki bulu yang tebal dan mulus dengan warna yang beragam seperti merah, coklat dan hijau kehitaman.

Ayam Pama Thailand

2. Ayam Pama Birma – Ayam Pama Burma. Ayam Pama yang berasal dari Burma ini memiliki bulu yang tebal dan warna yang cerah seperti merah dan hijau. Selain itu, Ayam Pama Birma juga memiliki ciri-ciri fisik seperti sayap yang lebar dan tinggi serta dada yang dalam dan kuat.

Ayam Pama Birma

3. Ayam Pama Vietnam – Ayam Pama Vietnam. Ayam Pama Vietnam memiliki bulu yang halus dan tebal berwarna coklat dengan sayap yang lebar dan kuat. Ayam Pama Vietnam juga memiliki ukuran yang cukup besar, yaitu mencapai 50 cm tinggi dan 30 cm panjang.

Baca juga  Cara Membumbui Ayam agar Lezat dan Meresap

Ayam Pama Vietnam

Sejarah Ayam Pama

Ayam Pama memiliki sejarah yang cukup panjang dan menjadi salah satu ayam aduan terbaik di Asia. Ayam Pama berasal dari Thailand yang pada awalnya dinamakan Ayam Kelebek lalu diubah menjadi Ayam Pama (paman) karena dianggap sebagai ayam aduan terbaik.

Pada saat itu, Ayam Pama digunakan sebagai ayam aduan oleh raja-raja dan pejabat di Thailand. Hal tersebut membuat ayam ini menjadi populer dan semakin banyak dipelihara oleh masyarakat Thailand.

Selain di Thailand, Ayam Pama juga dikenal di negara-negara Asia lainnya seperti Malaysia, Indonesia, Vietnam dan Filipina. Di Malaysia, Ayam Pama dikenal dengan nama Ayam Basan dan di Indonesia, Ayam Pama sering disebut dengan Ayam Bangkok karena kebanyakan Ayam Pama berasal dari kebun binatang Bangkok.

Sampai saat ini, Ayam Pama tetap dipelihara dan dijadikan sebagai ayam aduan terbaik di negara-negara Asia. Selain itu, Ayam Pama juga dikembangkan dan dijadikan sebagai peternakan dengan tujuan komersial.

Kesimpulan

Ada banyak jenis Ayam Pama yang ada di Asia, setiap jenisnya memiliki keunikan dan ciri-ciri fisiknya sendiri. Sejarah Ayam Pama yang panjang dan berkembang menjadi salah satu ayam aduan terbaik di Asia. Ayam Pama juga dijadikan sebagai komoditas peternakan yang berkembang pesat di negara-negara Asia.

Itulah beberapa hal terkait Ayam Pama, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang jenis-jenis Ayam Pama beserta dengan sejarahnya.

Baca artikel lainnya seputar Ayam

Baca juga  35+ Cat Warna Hijau Telur Asin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *