Jenis Ayam Di Indonesia

Posted on

Pemeliharaan ayam hias di Indonesia belakangan ini semakin populer. Selain berguna sebagai hewan peliharaan, ayam hias juga menjadi komoditas bisnis yang mendatangkan keuntungan besar bagi peternaknya. Maka tidak heran jika banyak orang yang mulai menyukai ayam hias.

Di Indonesia sendiri, terdapat banyak macam ayam hias yang memiliki nama latin yang berbeda-beda. Beberapa jenis ayam hias yang populer di Indonesia, antara lain:

1. Ayam Cemani (Gallus gallus domesticus)
Ayam Cemani adalah salah satu jenis ayam hias yang paling populer di Indonesia. Ayam ini biasanya memiliki warna hitam pekat pada seluruh bagian tubuhnya, termasuk pada kulit, tulang, dan dagingnya. Ayam Cemani dianggap sebagai ayam yang mistik oleh sebagian orang, sehingga harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

2. Ayam Bangkok (Gallus gallus)
Ayam Bangkok adalah ayam aduan yang berasal dari Thailand. Ayam ini memiliki kekuatan dan keberanian yang tinggi, sehingga sangat cocok dipakai sebagai ayam aduan.

3. Ayam Serama (Gallus gallus domesticus)
Ayam Serama berasal dari Malaysia dan memiliki ukuran tubuh yang kecil. Mereka memiliki bulu yang lebat dan kaki yang pendek. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, Ayam Serama sangat pemberani dan pantang menyerah.

4. Ayam Kedu (Gallus gallus domesticus)
Ayam Kedu merupakan jenis ayam asli Jawa Tengah yang memiliki ukuran tubuh sedang. Ayam ini memiliki bulu berwarna hitam metalik yang sangat cantik.

5. Ayam Pelung (Gallus gallus)
Ayam Pelung berasal dari Sukabumi, Jawa Barat. Ayam ini memiliki suara yang sangat khas, sehingga sering diadakan kontes ayam kicau. Ayam Pelung juga memiliki ukuran tubuh yang cukup besar dan kokoh.

6. Ayam Kate (Gallus gallus)
Ayam Kate berasal dari Bali dan sering dijadikan sebagai ayam hias. Ayam ini memiliki bulu yang indah dengan perpaduan warna hijau kebiruan dan coklat. Selain itu, Ayam Kate juga dikenal memiliki kepala yang besar dan kuat.

Baca juga  Cara Membumbui Ayam agar Lezat dan Meresap

7. Ayam Hutan (Gallus gallus)
Ayam Hutan adalah ayam yang masih memiliki sifat liar. Ayam ini biasanya ditemukan di daerah dataran rendah dan hutan-hutan. Mereka memiliki bulu warna coklat dan memiliki kekuatan dan keberanian yang tinggi.

8. Ayam Phoenix (Gallus gallus)
Ayam Phoenix berasal dari Cina dan memiliki bulu yang panjang dan indah. Bulu ayam Phoenix bisa mencapai panjang lebih dari satu meter.

9. Ayam Kaki Kuat (Gallus gallus)
Ayam Kaki Kuat merupakan jenis ayam hias yang memiliki kaki yang sangat kuat. Mereka bisa mendorong beban sampai 1 ton dengan mudah. Ayam Kaki Kuat biasanya dijadikan sebagai ayam adu.

10. Ayam Batik (Gallus gallus)
Ayam Batik berasal dari Solo, Jawa Tengah. Ayam ini memiliki bulu yang sangat unik dengan motif batik. Selain itu, Ayam Batik juga memiliki sifat yang jinak dan mudah dijinakkan.

Tidak hanya terkenal dengan ayam hiasnya saja, Indonesia juga terkenal dengan kuliner ayamnya yang lezat. Beberapa hidangan ayam yang paling populer di Indonesia, antara lain:

1. Ayam Goreng
Ayam Goreng adalah hidangan ayam yang paling populer di Indonesia. Ayam ini diolah dengan cara digoreng dengan bumbu yang khas.

2. Ayam Bakar
Ayam Bakar adalah hidangan ayam yang diolah dengan cara dibakar dengan bumbu yang khas. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi dan sambal.

3. Sate Ayam
Sate Ayam adalah hidangan ayam yang diolah dengan cara ditusuk dan dibakar dengan bumbu yang khas. Hidangan ini biasanya disajikan dengan lontong dan bumbu kacang.

4. Chicken Katsu
Chicken Katsu adalah hidangan ayam yang diolah dengan cara digoreng dengan tepung roti dan rempah-rempah.

Baca juga  Telur Ikan Mas Koki

5. Ayam Penyet
Ayam Penyet adalah hidangan ayam yang diolah dengan cara digeprek dan disajikan dengan sambal yang pedas dan nasi.

Itulah sebagian macam ayam hias yang ada di Indonesia, serta hidangan ayam yang begitu populer di Indonesia. Ayam hias memang menjadi salah satu hewan peliharaan favorit di Indonesia, selain bisa dijadikan komoditas bisnis yang menguntungkan, ayam hias juga bisa menjadi hobi yang menyenangkan.

Temukan tulisan lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *