Jenis Alat Musik Cara Memainkan Daerah Asal Sumber Informasi

Jenis Alat Musik Cara

Indonesia merupakan negeri yang populer hendak keaneka ragaman budayanya, salah satunya merupakan perlengkapan musik tradisional. Perlengkapan musik tradisional di Indonesia mempunyai nama serta khasiat yang unik di tiap- tiap wilayah maka dari itu saya disini akan memberitahu kalian jenis alat musik cara memainkan daerah asal sumbernya.

Tidak hanya perlengkapan musik tradisional, Indonesia pula populer hendak rumah adat serta tarian daerahnya. Dengan kekayaan budaya yang kita miliki sepatutnya kita mengenali lebih dalam tentang budaya- budaya yang terdapat di 33 provinsi Indonesia.

Ga perlu lama lagi ini lah jenis – jenis alat musik tradisonal serta asal daerahnya.

1. Serune Kale

jenis alat musik cara

Sarune Kale berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam yang memiliki tipe bunyi Aerofon, ialah bunyi yang berasal dari hembusan angin. Metode memakai serune kale merupakan dengan ditiup serta memakai jari buat mengendalikan nada yang terdapat di lubang serune kale. 

2. Aramba

jenis alat musik cara

Aramba berasal dari Pulau Nias, Sumatera Utara yang memiliki tipe bunyi Ideofon, ialah bunyi yang berasal dari bahan dasarnya. Metode memakai Aramba merupakan dengan dipukul dengan memakai pemukul semacam stik.

3. Saluang

jenis alat musik cara

Saluang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat yang memiliki tipe bunyi Aerofon, ialah bunyi yang berasal dari hembusan angin.

Metode memakai saluang dengan ditiup serta lubang yang terdapat di salung digunakan buat mengendalikan nada serta jari- jari tangan berperan buat menutup lubangnya.

4. Gambus

jenis alat musik cara

Gambus berasal dari Riau, yang membunyai tipe bunyi Kordofun, ialah bunyi yang berasal dari dawai ataupun senar.

Gambus memiliki 3 senar– 12 senar. Gambus biasa dimainkan sembari diiringi gendang

5. Serangko

Serangko berasal dari Jambi yang dibuat dari tanduk kerbau. Metode memakai Serangko merupakan dengan ditiup, serangko biasa digunakan buat pemberitahuan bila terdapat bencana di warga Jambi.

6. Accordion

Accoridon berasal dari Sumatera Selatan yang memiliki tipe bunyi Aerofon, ialah tipe bunyi yang berasal dari hembusan napas. Metode memakai accordion ialah dengan ditiup serta memakang kedua tangan buat mengendalikan alunan nada

7. Doll

Doll berasal dari Bengkulu yang memiliki tipe bunyi Membranofon, ialah tipe bunyi yang asalnya dengan memukul. Metode memakai doll ialah dengan dipukul mengenakan perlengkapan pemukul.

8.  Bende

Bende berasal dari Lampung yang memiliki tipe bunyi Ideofon, ialah tipe bunyi yang berasal dari bahan dasarnya. Metode memakainya ialah dipukul dengan perlengkapan jam yang spesial

9. Gendang Melayu

Gendang melayu dalah gendang yang di mainankan denga cara di pukul dibagian lunaknya mengunakan telapak tangan, gendang ini berasal dari kepulauan bangka belitung.

10. Gendang Panjang

Gendang panjang berasal dari Kepulauan Riau yang memiliki tipe bunyi Membranofon yang digunakan dengan metode menepukkan tangan pada zona yang lunak.

11. Tehyan

Tehyan adalah alat musik yang dimainkan dengan cara di gesek mirip sperti memainkan biola, alat musik berasal dari Ibukota Jakarta.

12.  Angklung

Angklung adalah alat musik yang dimainkan dengan tangan, alat musik ini berasal dari Jawa Barat, angklung juga sangat populer di mancanegara.

13. Gamelan

Gamelan adalah alat musik yang diamainkan dengan cara dipukul mengunakan alat pemukul, gamelan berasal dari jawa tengah dan alat musik ini juga dikenal di manca negara.

14.  Gendang

Gendang adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul mengunakan telapak tangan, alat musik ini berasal dari yogyakarta.

15. Bonang

Bonang adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul seperti gamelan, alat musik ini berasal dari daerah jawa timur.

16.  Gendang Banten

Seperti kebanyakan gendang lainnya cara memainkannya dengan cara dipukul, seperti namanya gendang ini berasal dari banten.

17.  Gengceng

Alat musik ini dimainkan dengan cara dipake di kedua tangan lalu diadukan sesuai irama, alat musik gengceng berasal dari bali.

18.  Serunai

Alat musik serunai dimainkan dengan cara ditiup lalu diatur nadanya dengan cara memainkan cari tengah, alat musik ini berasal dari Nusa Tenggara Barat.

19.  Sasando

Jenis Alat Musik Cara

Alat musik sasando dimainkan dengan cara dipetik dan alat musik ini berasal dari daerah Nusa Tenggara Timur.

20. Japen

Jenis Alat Musik Cara

Alat musik japen dimainkan dengan cara dipetik sama seperti sasando, alat musik inin berasal dari Kalimantan Tengah.

21. Sampe

Jenis Alat Musik Cara

 

Alat musik sampe ini dimainkan dengan cara di petik dibagian senarnya, alat musik ini berasal dari Kalimantan Timur.

22. Tuma

Jenis Alat Musik Cara

 

Cara memainkan alat musik ini dengan cara ditepuk mengunakan tangan. Alat musik ini berasal dari Kalimantan Barat.

23. Panting

Jenis Alat Musik Cara

 

Alat musik panting adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, alat musik ini berasal dari Kalimantan Selatan.

24. Kolintang

Jenis Alat Musik Cara

 

Alat Musik Kolintang dimainkan dengan cara dipukul mengunakan alat bantu, alat musik ini berasal dari daerah Sulawesi Utara.

25.  Ganda

Jenis Alat Musik Cara

Alat musik ganda dimainkan dengan cara dipukul menggunakan telapak tangan, alat musik ini berasal dari Sulawesi Tengah.

Sekian pembahasan artikel tentang jenis alat musik cara memainkannya. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari informasi tentang alat – alat musik daerah yang ada di indonesia.