Jelaskan Manfaat dari Tata Krama

jelaskan manfaat dari tata krama
jelaskan manfaat dari tata krama
Caraprofesor.com

Jelaskan Manfaat dari Tata Krama – Semua suku dan masyarakat yang tinggal di daerah Jawa pasti kerap mendengar dan menerapkan tata krama.  Tata krama ialah aturan dan cara dalam bertindak dalam segala hal yang menyangkut kesantunan dan keselarasan dalam bertingkah laku.

Kata tata krama berasal dari dua susunan kata yaitu tata dan krama yang berasal dari Jawa. Kata tata berati “tindakan/perilaku” sedangkan krama yang artinya ialah “sopan”. Sehingga, tata krama ialah perilaku sopan santun.

BACA JUGA : Maksud dan Arti Kata Canggung serta contohnya

Jadi, tata krama merupakan sebuah aturan maupun cara tentang bagaimana kita harus bermoral dan bertingkah laku. Lazimnya tata krama dalam suatu tempat disebabkan oleh tradisi masyarakat itu sendiri, agama dan kepercayaan masyarakat yang menyatu menjadi satu nilai yang disebut dengan tata krama.

Mematuhi tata krama merupakan kewajiban bagi setiap warga masyarakat  yang tinggal di tempat dan wilayah tertentu. Seandainya kita tidak menghormati dan menghargai norma dan adat yang telah berlaku di wilayah tersebut, kita akan terkena sanksi, baik itu sanksi secara moral maupun sanksi secara langsung dari warga maupun aparat penegak hukum.

Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak dan belajar tentang ulasan berikut yaitu “jelaskan manfaat dari tata krama“. Simak hingga akhir informasi lengkapnya ya…

BACA JUGA : Manfaat Energi Panas Matahari

Jelaskan Manfaat dari Menaati Tata Krama yang Ada di Masyarakat

1. Memunculkan Karakter Sopan dalam Diri
jelaskan manfaat dari tata krama
Sumber : https://d1bpj0tv6vfxyp.cloudfront.net/

Manfaat dali menaati tata krama yang berlaku dalam masyarakat ialah dapat memunculkan karakter sopan dalam diri. Bagi para orang tua, menerapkan tata krama pada anak sangatlah penting, sebab hal ini akan menunjang rasa saling menghormati dan menghargai pada anak.

2. Disukai Banyak Orang
Sumber : https://blue.kumparan.com/

Dengan memiliki tata krama yang baik dan selalu berkata sopan, orang-orang disekitar tentu akan menyukai sifat Anda, bahkan dapat pula mereka akan berpikir bahwa semua hal tentang Anda ialah hal baik, dan patut dibanggakan.

Namun seandainya Anda terkenal dengan sifat dan perkataan Anda yang buruk, yang terjadi ialah sebaliknya, sebab mereka akan merasa malas jika berhubungan dengan orang yang tidak baik, apalagi jika namanya dapat tercemar dan terseret dalam keonaran.

BACA JUGA : Apakah Fungsi Paru Paru

3. Mengantarkan Pelakunya pada Lingkungan yang Baik

Jika sudah memiliki tata krama dalam diri yang baik, maka lingkungan yang baik akan terbentuk dengan sendirinya. Teman yang kurang baik, lama kelamaan akan menjauh dan sebaliknya, sahabat yang baik dan sejalan akan mendekat dan bertambah banyak.

4. Merasakan Nyaman dan Aman dalam Menjalani Hidup
jelaskan manfaat dari tata krama
Sumber : https://www.blibli.com/

Selain akan disukai banyak orang, dengan tata krama akan tercipta kehidupan yang nyaman dan aman. Pada point ini biasanya sekelompok orang akan membuat sebuah aturan yang sanggup diterima dan ditaati bagi mayoritas tersebut.

Sehingga secara otomatis keamanan dan kenyamanan hidup bersama orang lain akan tercipta. Namun ada sebagian kecil dalam suatu tempat yang tidak memiliki tata krama tersebut karna memang belum mengalami kemajuan.

BACA JUGA : 10 Fungsi dan manfaat vitamin B7 untuk kesehatan

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri
Sumber : https://storage.googleapis.com/

Orang yang sudah terbiasa mengikuti tata krama, tidak akan ada kata takut saat sedang dalam situasi yang membingungkan, yaitu antara benar dan salah, sebab ia selalu berada pada jalan dan aturan yang sesuai dengan norma yang berlaku.

BACA  JUGA : Pengertian media pembelajaran menurut para ahli serta fungsi & jenisnya

Nah, dari artikel tersebut dapat kita simpulkan bahwa tata krama ialah hal yang sangat penting dan harus ditanamkan dalam bermasyarakat. Demikian ualasan tentang “jelaskan manfaat dari tata krama” Semoga dapat berguna dan menambah pengetahuan kita tentang perilaku sopan santun dalam bermasyarakat.