Jarak Tanam Wortel

Posted on

Ada banyak cara untuk menanam wortel dan salah satu yang terbaik adalah dengan menanamnya di pot. Menanam wortel di pot akan memberikan banyak keuntungan, seperti memudahkan perawatan, memungkinkan untuk menanam wortel di tempat yang sempit, dan terhindar dari kehamaan tanah yang merusak tanaman. Berikut adalah langkah-langkah cara menanam wortel di pot yang baik dan benar.

Persiapan Pot dan Media Tanam

Pertama-tama, pilih pot yang sehat dengan diameter minimal 20 cm dan kedalaman 30 cm. Pastikan pot memiliki lubang drainase untuk mengeluarkan air yang berlebihan. Kemudian, siapkan media tanam dengan campuran 50% pasir dan 50% humus. Siram media tanam untuk membuatnya lembab.

Penanaman Biji Wortel

Tanam biji wortel dengan jarak minimal 2 cm antara biji dan kedalaman 1-2 cm dari permukaan media tanam. Siram media tanam dengan sprayer atau botol semprot. Letakkan pot di tempat yang teduh selama 7-14 hari. Setelah itu, letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari selama 2-3 jam sehari. Lakukan ini secara bertahap hingga wortel bisa terkena sinar matahari penuh selama 6-8 jam sehari.

Perawatan Tanaman

Setelah wortel mulai tumbuh, berikan pupuk yang mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium setiap 2-3 minggu sekali. Jangan memberikan terlalu banyak pupuk karena akan berdampak buruk pada pertumbuhan wortel. Siram tanaman setiap pagi dan sore hari, namun jangan terlalu banyak karena akar wortel bisa membusuk akibat kelebihan air. Periksa akar wortel setiap minggu dan potong akar yang rusak atau terkena hama.

Baca juga  Kentang Bertunas

Penyiraman dan Pemangkasan

Saat wortel mulai membesar, berikan air lebih banyak. Siram tanaman dengan intensitas yang berbeda-beda tergantung pada kondisi lingkungan. Pemangkasan daun dilakukan ketika daun mulai lemah dan layu. Ketika tumbuhan mencapai panjang tertentu, jangan lupa untuk memotong akar yang terlalu panjang.

Penyimpanan dan Panen

Setelah 16-18 minggu, wortel siap untuk dipanen. Cari tanda-tanda wortel yang sudah matang, seperti warna wortel yang cerah, tangkai wortel yang lemas, dan diameter wortel yang sesuai dengan yang diinginkan. Tarik wortel dari media tanam secara perlahan dan bersihkan dari tanah. Kemudian, simpan wortel dalam plastic bag atau di tempat yang dingin dan kering untuk menjaga kelembaban dan kualitas wortel.

Kesimpulan

Tanam wortel di pot memang memerlukan lebih banyak perhatian dan perawatan. Namun, dengan melakukannya dengan benar dan teratur, Anda bisa memperoleh wortel yang lebih berkualitas dan sehat. Selain itu, cara menanam wortel di pot ini juga cocok untuk Anda yang terbatas dengan lahan atau yang ingin memiliki kebun vertikal. Jangan lupa untuk memperhatikan penyiraman, pemangkasan, dan perawatan lainnya, sehingga wortel bisa tumbuh dengan baik dan matang sesuai dengan yang diinginkan. Selamat mencoba!

Cara Menanam Wortel di Pot yang Baik dan Benar

Referensi

“Cara Menanam Wortel di Pot yang Baik dan Benar”, Nuansa.web.id, https://www.nuansa.web.id/cara-menanam-wortel-di-pot-yang-baik-dan-benar/, diakses pada 20 Agustus 2021.

Baca postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *