Jamur Memperoleh Makanan Dengan Cara

Posted on

Jamur adalah salah satu bahan makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang gurih dan enak, Jamur juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak heran, jika banyak orang yang tertarik untuk membudidayakan Jamur sendiri, salah satunya Jamur Tiram. Banyak orang yang beranggapan bahwa budidaya Jamur Tiram terlalu sulit dan memerlukan peralatan khusus, namun sebenarnya tidak demikian. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara mudah dan sederhana untuk membudidayakan Jamur tiram sendiri.

Cara Membuat Kumbung Jamur Tiram

Kumbung Jamur Tiram

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membudidayakan jamur tiram adalah membuat kumbung jamur tiram. Kumbung tersebut bisa dibuat dari bahan-bahan yang sederhana seperti kayu atau bambu. Bagian dalam kumbung harus steril, sehingga tidak ada bakteri atau jamur lain yang bisa mengganggu pertumbuhan jamur tiram.

Menyiapkan Bibit Jamur Tiram

Bibit Jamur Tiram

Setelah kumbung jamur tiram sudah siap, langkah selanjutnya adalah menyiapkan bibit jamur tiram. Bibit jamur tiram dapat dibeli di toko pertanian atau Anda juga bisa membuat bibitnya sendiri dengan cara membeli biji jamur tiram dan menumbuhkannya di substrat yang tepat.

Memindahkan Bibit ke Kumbung Jamur Tiram

Memindahkan Bibit ke Kumbung

Setelah bibit jamur tiram siap, langkah selanjutnya adalah memindahkannya ke kumbung jamur tiram yang telah disiapkan. Bibit dapat dipindahkan secara perlahan agar tidak merusak substrat atau bahan dasar lain yang telah disiapkan dalam kumbung.

Penyiraman dan Perawatan

Penyiraman dan Perawatan

Setelah bibit berhasil dipindahkan ke dalam kumbung jamur tiram, langkah selanjutnya adalah melakukan penyiraman dan perawatan yang baik terhadap kumbung tersebut. Jamur tiram membutuhkan kelembaban dan suhu yang tepat untuk tumbuh dengan baik. Suhu yang ideal untuk tumbuhnya jamur tiram adalah antara 20-30 derajat celcius

Baca juga  Jamur Di Hp

Memetik Jamur Tiram

Memetik Jamur Tiram

Setelah beberapa hari, jamur tiram akan mulai tumbuh di dalam kumbung. Anda dapat memetik jamur tiram ketika ukurannya mencapai 3-5 cm. Setelah itu, Anda dapat menunggu beberapa hari lagi untuk memetik jamur yang lain, sampai seluruh jamur yang tumbuh habis.

Dengan mengetahui teknik budidaya jamur tiram yang sederhana dan mudah di atas, Anda dapat mencoba membudidayakan jamur tiram di rumah sendiri. Selain bisa menghemat pengeluaran untuk membeli jamur tiram, Anda juga bisa mengonsumsi jamur tiram yang lebih sehat dan lezat. Selamat mencoba!

Baca tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *