Jahe Emprit

Posted on

jahe emprit

Jahe Emprit – Siapa sih yang tidak tahu dengan rempah satu ini. Jahe merupakan salah satu rempah yang sering dimanfaatkan sebagai pelengkap bumbu masakan serta sebagai obat dan campuran minuman herbal.

Namun tahukah kalian bahwa jahe mempunyai kegunaan lain yakni untuk menuntaskan berbagai penyakit diantaranya seperti rematik, asma, stroke, sakit gigi, diabetes, nyeri otot, radang tenggorokan, kram, hipertensi, mual, hingga luka infeksi.

Banyak orang yang mengganggap semua jahe itu sama. namun sebenarnya, jahe diklasifikasikan menjadi tiga variasi, yakni jahe putih besar atau jahe gajah, jahe putih kecil atau jahe emprit dan jahe merah.

Dari tiap-tiap variasi jahe tersebut, masing masing mempunyai karakteristik dan manfaat yang berbeda. Salah satu variasi jahe yang dianggap berbentuk unik yakni jahe emprit.

BACA JUGA : 10 Manfaat air lemon untuk kesehatan dan pencegahan penyakit

 

Karakteristik Jahe Emprit

jahe emprit
Sumber : https://s4.bukalapak.com/

Secara umum, semua jenis jahe memiliki khasiat dan manfaat yang sama bagi kesehatan tubuh. Namun untuk bentuk dari setiap jenisnya berbeda dan tertangkap oleh indera penglihatan.

Seperti salah satunya ialah si jahe emprit, rempah ini mempunyai bentuk rimpang yang kecil, rata, cenderung pipih serta tak menggembung dibagian tengahnya.

Berbeda dengan kedua variasi jahe lainnya yang mempunyai karakteristik yang berisi dan mengembung. Jahe emprit tak mengeluarkan bebauan yang tajam, melainkan rasa dari jahe emprit ini lebih pedas dan khas.

Baca juga  Bagaimana Sistem Pemerintahan Negara Jepang

Meskipun rasanya lebih pedas dan panas, tekstur dari jahe emprit sendiri lebih lembut dibandingkan dengan jahe jenis lainnya. Walaupun dari segi bentuknya berbeda, khasiat dari jahe emprit sendiri tetap sama dengan jahe pada umumnya.

Tapi ada sebagian khasiat jahe emprit yang berbeda dengan jahe-jahe jenis lain, yaitu bermanfaat untuk mengawetkan telur asin dan sebagai bahan baku pembuatan minuman beralkohol.

BACA JUGA : Voice Over Internet Protocol adalah…

Khasiat Rempah Jahe Bagi Kesehatan

1. Sebagai Obat Anti Radang

Sumber : https://cdn-2.tstatic.net/

Sbenarnya, semua jenis jahe mengandung phenol yang bersifat anti radang. Jahe juga sering dimanfaatkan untuk menyelesaikan segala permasalahan nyeri, seperti gejala nyeri haid, radang sendi, ketegangan otot setelah berolahraga.

Khasiat lainnya dari jahe ialah mampu menghambat produksi prostaglanin. Prostaglanin adalah hormon yang bisa menyebabkan peradangan pada tubuh manusia.

2. Menghangatkan Tubuh

Manfaat yang tak kalah populernya ialah mampu meningkatkan suhu tubuh. Dari situlah, rempah satu ini biasa digunakan untuk meringankan rasa mual dan gejala flu ringan karena sifatnya yang menghangatkan.

Rasa hangat yang ditimbulkan setelah meminum air jahe terbukti dapat menstimulasi lepasnya hormon adrenalin. Hormon ini berguna untuk memperlebar pembuluh darah dalam tubuh. Dengan begitu darah akan mengalir lebih lancar dan menurunkan tekanan darah tinggi.

BACA JUGA : Cara Membuat Minuman Jahe

3. Mengatasi Gejala Masuk Angin

jahe emprit
Sumber : https://res.cloudinary.com/

Adanya kandungan karminativum yang terdapat pada jahe terbukti dapat membantu menstimulan perut untuk mengeluarkan gas. Keluarnya gas yang berlebih dari dalam perut ini bisa menuntaskan kekenyangan dan meredakan kembung yang merupakan salah satu gejala masuk angin.

4. Menyembuhkan Penyakit Asam Lambung

Khasiat selanjutnya ialah mampu mengurang iritasi yang terjadi pada saluran pencernaan. Hal ini karena di dalam jahe terdapat senyawa aseton dan metanol yangakan bereaksi terhadap asam lambung. Selain mengurangi gejala asam lambung yang timbul, rasa nyeri pada lambung dan nyeri radang sendi juga akan sirna.

Baca juga  Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan Tubuh. Yuk, Intip Ulasannya Berikut!

BACA JUGA : Pengertian tanaman hias, manfaat, serta contohnya

5. Mengatasi Masalah Ejakulasi Dini

Sumber : https://cdn.idntimes.com/

Ejakulasi dini sekarang ini marak terjadi dan dialami oleh para pria dari berbagai kalangan. Untuk mengatasi situasi tersebut, Anda bisa mengkonsumsi jahe mulai sekarang.

Adanya senyawa cineole dan arginine pada jahe dianggap cakap dalam menuntaskan permasalahan ejakulasi dini dengan menstimulasi ereksi pada pria. Selain itu, kandungan tersebut juga dipercaya mampu mempersubur air mani dan mecegah kemandulan.

BACA JUGA : 8 Manfaat koshiabura untuk kesehatan yang mengagumkan

6. Mengobati Penyakit Kanker

Tak diragukan lagi apabila jahe bisa menuntaskan berbagai macam penyakit seperti salah satunya penyakit kanker. Banyak sumber yang menyatakan bahwa senyawa yang terdapat dalam jahe cakap menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Salah satu jenis kanker yang bisa diatasi dengan mengonsumsi jahe ialah kanker ovarium (indung telur) dan kanker kolon.

BACA JUGA : Korean Drama Website

7. Mengatasi Morning Sickness pada Ibu Hamil

jahe emprit
Sumber : https://www.alodokter.com/

Beberapa sumber menyebutkan bahwa, kandunganyang terdapat pada jahe memiliki tingkat keefektivitasan kerja yang setara dengan vitamin B6. Kandungan inilah yang mampu mengatasi rasa mual yang timbul saat seorang wanita sedang hamil.

Nah, itulah beberapa manfaat dari jahe emprit yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Bagaimana, masih ragu untuk mengonsumsi minuman atau suplemen berbahan dasar jahe? Semoga ulasan di atas dapat berguna.