Jagung Ungu Manfaat

Posted on

Jagung ungu sering dianggap sebagai varian jagung yang exotic di Indonesia, terlebih apabila dibandingkan dengan jagung biasa yang lebih umum ditemukan. Namun, tahukah kamu jika jagung ungu menyimpan beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh?

1. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat Jagung Ungu

Jagung ungu mengandung senyawa antosianin, yang cukup kuat dalam menghindarkan sel-sel dari pertumbuhan sel kanker. Penelitian menunjukkan bahwa antosianin memiliki sifat antioksidan yang kuat, dan juga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

2. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Manfaat Jagung Ungu

Jagung ungu juga mengandung sejumlah besar senyawa yang memiliki efek positif terhadap sistem kekebalan tubuh. Senyawa yang dimaksud adalah fitonutrien dan asam laktat. Kedua senyawa tersebut bekerja untuk meningkatkan jumlah sel darah putih dan menjaga kesehatan sel-sel di dalam tubuh agar tidak rusak.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat Jagung Ungu

Tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko penyakit jantung, dan dapat menyebabkan kerusakan pada arteri dan organ penting lainnya. Jagung ungu membantu menurunkan tekanan darah karena kandungan kalium dan magnesium yang terkandung di dalamnya. Kalium dan magnesium membantu mengendurkan pembuluh darah sehingga mengurangi tekanan pada dinding arteri.

4. Baik Untuk Kesehatan Tulang

Manfaat Jagung Ungu

Kalsium dan magnesium adalah dua mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Jagung ungu mengandung kedua mineral tersebut dalam jumlah yang cukup, sehingga bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

5. Melancarkan Pencernaan

Manfaat Jagung Ungu

Jagung ungu adalah sumber serat yang baik untuk tubuh. Serat penting untuk kesehatan pencernaan, karena membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

Baca juga  Cara Mengeringkan Jagung

Nah, itulah beberapa manfaat dari jagung ungu yang baik untuk tubuh. Jangan ragu untuk mencoba dan menikmati jagung ungu dalam makananmu sehari-hari untuk kesehatan yang lebih baik!

Baca postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *