Jagung Pakan Ayam

Posted on

Ayam adalah salah satu hewan ternak yang paling banyak dipelihara di Indonesia. Oleh karena itu, penyediaan pakan yang berkualitas untuk kesehatan ayam sangat penting. Salah satu bahan pakan yang bisa digunakan adalah jagung.

Jagung sebagai bahan pakan ayam

jagung

Jagung adalah salah satu jenis tanaman pangan yang mudah ditemukan di Indonesia. Selain digunakan oleh manusia sebagai bahan makanan, jagung juga bisa digunakan sebagai bahan pakan ternak seperti ayam.

Kandungan nutrisi dari jagung sangat baik bagi kesehatan ayam. Jagung mengandung karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Karbohidrat pada jagung dapat memberikan energi bagi ayam. Protein pada jagung juga sangat dibutuhkan ayam karena berguna untuk pembentukan sel-sel tubuh dan pertumbuhan.

Selain itu, jagung juga mengandung mineral seperti fosfor dan kalsium yang sangat dibutuhkan ayam untuk kekuatan tulang dan pertumbuhan. Vitamin pada jagung juga berperan penting untuk kesehatan ayam, seperti vitamin B1, B2, dan B3.

Keuntungan menggunakan jagung sebagai bahan pakan ayam

ayam

Ada beberapa keuntungan menggunakan jagung sebagai bahan pakan ayam. Pertama, jagung mudah ditemukan di Indonesia. Oleh karena itu, harganya juga lebih terjangkau dibandingkan bahan pakan lainnya. Kedua, jagung mudah dicerna dan diolah oleh ayam, sehingga nutrisi yang dikandungnya bisa dengan mudah diserap.

Ketiga, pemberian pakan berbasis jagung juga dapat meningkatkan produksi telur dan berat badan ayam yang lebih sehat. Selain itu, pemberian pakan jagung juga dapat membantu mengurangi biaya produksi.

Pengolahan jagung sebagai bahan pakan ayam

pengolahan jagung

Sebelum diberikan kepada ayam, jagung perlu diolah terlebih dahulu agar lebih mudah dicerna oleh ayam. Berikut ini adalah cara pengolahan jagung:

Baca juga  Alat Tanam Jagung Semi Mekanis

1. Rendam jagung selama 12 jam dengan air suhu ruangan.

2. Tiriskan jagung dan bilas dengan air bersih.

3. Kukus jagung selama 60-90 menit atau hingga jagung empuk.

4. Biarkan jagung dingin dan keringkan dengan sinar matahari atau oven.

Setelah diolah, jagung siap diberikan kepada ayam sebagai bahan pakan.

Penutup

ayam besar

Jagung adalah salah satu bahan pakan yang bisa digunakan sebagai alternatif untuk ayam. Kandungan nutrisi yang dimiliki jagung sangat baik bagi kesehatan ayam seperti karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Dengan menggunakan jagung sebagai bahan pakan ayam, dapat memberikan banyak keuntungan seperti harga yang lebih terjangkau, mudah dicerna dan diolah ayam, serta dapat membantu meningkatkan produksi telur dan berat badan ayam yang lebih sehat.

Temukan tulisan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *