Infeksi Jamur

Posted on

Hi teman-teman semua! Apa kabar? Nggak kerasa ya udah bulan Maret aja. Udah mulai panas-panas nih cuacanya. Nah, kalau lagi panas-panas gini, kebanyakan orang pasti bakal lebih sering keringetan, kan? Tapi coba bayangin, ada satu hal yang kalo kamu keringetan terus-terusan, justru nggak baik. Apa itu? Infeksi jamur! Iiii, ngeri banget, kan? Infeksi Jamur Adalah? - Tanda, Penyebab, Gejala, Cara Mengobati

Kenapa Bisa Terkena Infeksi Jamur?

Sebenernya, banyak banget penyebabnya, teman-teman. Salah satu yang paling sering adalah karena kulit yang terlalu lembab. Misalnya, keringetan terus terusan karena cuaca panas, atau habis olahraga. Nggak cuma itu, kebiasaan memilih bahan pakaian yang nggak menyerap keringat juga bisa jadi penyebab. Selain itu, ada juga faktor medis seperti daya tahan tubuh yang lemah, dan penggunaan antibiotik dalam jangka waktu lama.

Gejala Infeksi Jamur

Kalau kamu merasa kulit gatal-gatal, dengan atau tanpa bercak merah, kemungkinan besar kamu terkena infeksi jamur. Bahkan, sering kali kamu juga akan merasa kulit menjadi lebih kasar dan kering dibandingkan biasanya. Nggak cuma pada bagian kulit saja, infeksi jamur juga bisa menyerang kuku. Gejala yang biasa muncul adalah kuku berubah warna menjadi kuning kehijau-hijauan, dan nggak rekat kuat lagi dengan jari.

Cara Mengobati Infeksi Jamur

Jangan khawatir, kerena infeksi jamur bisa diobati, kok. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya adalah:

  • Pakai salep antijamur
  • Kalau infeksi masih ringan, kamu bisa mengobatinya dengan menyapukan salep antijamur. Salep ini bisa didapat di apotek atau toko obat terdekat.

  • Berendam air garam
  • Resep alami ini juga cukup ampuh, loh. Caranya, kamu bisa mencampurkan 2-3 sendok makan garam ke dalam wadah air hangat. Rendam bagian tubuh yang terkena infeksi di dalam air tersebut selama kurang lebih 20 menit.

  • Pakai minyak tea tree
  • Untuk kamu yang suka dengan pengobatan alami, minyak tea tree bisa dicoba. Oleskan minyak tersebut ke area yang terinfeksi, dan biarkan selama beberapa jam sebelum dibilas dengan air.

  • Konsumsi yogurt
  • Yogurt yang mengandung bakteri baik bisa membantu mengurangi infeksi jamur. Konsumsi yogurt setiap hari untuk memperkuat imunitas.

  • Konsumsi obat antijamur
  • Untuk infeksi yang lebih parah, dokter dapat meresepkan obat antijamur dalam bentuk pil atau kapsul. Pastikan kamu menjalankan resep dokter secara teratur.

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi infeksi jamur, mulai dari yang praktis sampai yang lebih alami. Tapi jangan lupa, ya, teman-teman. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi, pastikan kamu selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta memilih pakaian yang tepat. Sampai ketemu di artikel selanjutnya!

Temukan artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Baca juga  Oncom Menggunakan Jamur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *