Ikan Jamuran

Posted on

Jangan sampai ikan peliharaan kamu terkena jamur ya! Musim hujan memang bisa membuat lingkungan menjadi lebih lembab dan basah, sehingga berpotensi mengakibatkan pertumbuhan jamur yang tidak diinginkan.

1. Benzalconium Chloride

Ikan Jamur

Salah satu solusi yang bisa kamu coba adalah menggunakan benzalconium chloride. Bahan kimia ini umum digunakan sebagai disinfektan dan juga bisa membantu membasmi jamur pada akuarium ikan. Tapi perlu diingat, kamu harus sangat hati-hati dalam penggunaannya dan pastikan mengikuti petunjuk yang ada pada kemasan.

2. Uap Air Panas

Uap Air Panas

Jika kamu tidak ingin menggunakan bahan kimia, kamu bisa mencoba teknik alami dengan menggunakan uap air panas. Caranya sederhana, cukup masukkan batu kedalam panci berisi air, kemudian didihkan. Setelah itu dekatkan panci ke akuarium ikan, jangan terlalu dekat jangan terlalu jauh, lalu tutupi dengan kain yang lembab. Uap air panas yang keluar akan membantu membunuh jamur pada akuarium dan meningkatkan kualitas air.

3. Kurangi Porsi Makanan

Ikan Lapar

Jamur pada ikan juga bisa muncul akibat makanan yang berlebihan. Jika kamu melihat ikan dalam akuarium terkadang tidak mau makan, jangan langsung memberi porsi makanan yang lebih banyak. Sebaiknya kamu menjadi lebih bijaksana dengan memberikan makanan yang lebih sedikit. Pola makan yang terkontrol ini juga akan membantu mencegah kualitas air akuarium menjadi tidak stabil.

4. Terapkan Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan Ikan

Salah satu hal penting yang juga bisa membantu mencegah pertumbuhan jamur pada akuarium ikan adalah terapkan pencahayaan yang baik. Pencahayaan yang kurang baik akan membuat ikan menjadi lebih rentan terkena jamur. Pastikan akuarium berada di tempat yang terpapar cahaya matahari secara langsung dan jangan terlalu sering mematikan lampu akuarium di malam hari.

Baca juga  Obat Tradisional Jamur Kulit Pada Selangkangan

Demikian beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk mencegah ikan peliharaan kamu terkena jamur. Ingatlah bahwa perawatan yang baik dan kualitas air akuarium yang terkontrol akan membantu menjaga keselamatan ikan peliharaan kamu.

Simak tulisan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *