Hiasan Dinding Kelas TK Dari Kertas Origami, Chek It !

hiasan dinding kelas tk dari kertas origami

Bukan hanya dirumah atau dikamar saja tempat yg perlu dirias dengan hiasan. Ruang kelas yang umumnya digunakan sebagai tempat belajar dan mengajar pula perlu dihias.

Ada banyak sekali manfaat dan tujuan dari dibuatnya hiasan kelas, tidak sekedar untuk meramaikan suasana, tetapi pula mengembalikan semangat belajar di kelas.

Hiasan dan dekorasi maknanya sama yaitu untuk membuat suatu ruangan menjadi tampak indah dan meriah.

Kegiatan ini berhubungan dengan berbagai hal yang kreatif. Serta memanfaatkan segala sesuatu yang tidak berguna menjadi berguna sebagai penambah keindahan suatu ruangan atau tempat.

Biasanya kelas seolah itu hanya dicat denga warna polos terkesan sepi dan nampak membosankan. Tampilan kelas seperti ini dapat menyebabkan para murid kehilangan gairah dan konsentrasi untuk belajar terutama sedang dalam proses pemberian materi oleh guru. Dari sinilah muncul tujuan hiasan kelas perlu diterapkan agar ruang kelas terlihat lebih menarik.

Selain indah dan menarik, kelas yang didesain secara kreatif pula menimbulkan kesan yang unik. Hasil karya hiasan yang dibuat oleh para siswa sendiri menunjukkan bahwa mereka memiliki bakat sehingga perlu dikembangkan.

Suasana kelas pun tak lagi sepi atau membosankan karena adanya hiasan ini seperti hiasan dinding berupa hiasan tumbuhan, bunga dlsb.

Hiasan Dinding Kelas TK Dari Kertas Origami

hiasan dinding kelas tk dari kertas origami

Alangkah baiknya kamu mempersiapkan dulu jenis hiasan yg hendak kamu pasang di seiap sudut ruangan.

Kamu dapat memilih jenis hiasan yang mahal dengan membelinya, atau membuatnya sendiri dengan bahan sederhana lebih murah. Berikut ada berbagai jenis hiasan kelas yang dapat Kamu jadikan inspirasi untuk mendekorasi :

1. Hiasan Kelas Pakai Kertas Origami

hiasan dinding kelas tk dari kertas origami

Kertas Origami adalah kertas khusus yg memang digunakan untuk membuat kerajinan tangan dengan cara melipatnya.

Bahan kertas ini dibuat persegi dan dijadikan kecil kecil agar hasilnya beragam. Kertas origami sangat bagus jika digunakan untuk menghias kelas karena dapat dilipat menjadi karakter unik.

Kertas dengan bentuk karakter yang bermacam macam sangat cocok untuk hiasan di ruang kelas. Tempelkan hiasan tersebut secara acak agar tampak lebih indah dan bisa kreatif.

Misalnya seperti kamu sedang membuat origam berbentuk burung, buatlah dengan berbagai warna agar nampak seperti burung yg sedang berkeliaran di jendela atau di ruang kelas.

2. Contoh Bentuk Hiasan Kelas Pakai Kertas

hiasan dinding kelas tk dari kertas origami

Ada banyak sekali hiasan kelas yang umumnya dibuat dari kertas karena selain lebih sederhana dibentuk sebagai kerajinan, kertas pula sederhana dan murah untuk didapatkan.

Mengingat jenis kertas pula memiliki banyak ragam yang semuanya pun dapat digunakan sebagai kerajinan tangan.

Beberapa contoh kerajinan tangan atau hiasan kelas yang dapat dibuat memakai kertas yakni karakter burung, kupu-kupu, katak, angsa, perahu, dan sebagainya.

Semua karakter tersebut dapat dibuat memakai beragam jenis kertas, seperti kertas origami, kertas kado, koran, dan lainnya.

3. Hiasan Kelas Bertema Animasi Kesukaan Anak

hiasan dinding kelas tk dari kertas origami

Kelas yang memiliki tema animasi pula bisa seru dan biasa disukai anak-anak, Kamu dapat membuat hiasan seperti ini dengan cara melukis atau menggambar.

Beberapa karakter yg disenangi anak anak adalah tokoh kartun sepeerti naruto, doraemon, upin ipin dan lainya.

Kamu dapat menggambar atau melukis karakter tersebut di atas kanvas, agar lebih menarik Kamu pula dapat melukis bersama graviti di sebagian dinding ruang kelasSemua teknik menghias dapat Kamu tentukan bersama teman dan guru kelas

4. Hiasan Kelas Pakai Barang Bekas

hiasan dinding kelas tk dari kertas origami

Ide paling kreatif yang pernah ada yakni menghias kelas dengan berbagai barang unik yang terbuat dari barang bekas.

Kalian bisa memanfaatkan berbagai macam jenis barang bekas, seperti spion mobil atau motor, tutup botol atau stik eskrim, dan banyak lagi. Kita dapat membentuk berbagai jenis barang bekas tersebut menjadi miniatur unik atau karakter yang lucu.

Kamu bisa memasang hiasan di semua sudut kelas, seperti di jendela yg hiasanya terbuat drai kertas bekas. Sementara hiasan lain yang terbuat dari tutup botol bekas atau stik eskrim dapat Kamu tempelkan di sisi dinding kelas pada bagian tertentu.

Baca juga : Hiasan Dinding Buat Sendiri , Simak Cara Pembuatanya !

Hiasan Dinding Kelas TK Dari Kertas Origami

Ada banyak sekali model hiasan kelas yang bisa Kamu jadikan inspirasi untuk memperindah tempat belajar atau ruang sekolahmu.

Jika Kamu belum mengetahui cara membuatnya maka lihat cara membuat hiasan tersebut, serta ketahui beberapa ide menarik dari hiasan dinding kelas di poin-poin berikut ini.

1. Kupu-Kupu Warna-Warni

hiasan dinding

Kerajinan tangan seperti kertas lipat atau origami sangatlah bermanfaat untuk dijadikan sebgai hiasan dinding kelas. Karakter kupu-kupu dapat dibuat dari kertas origami dengan berbagai warna, kemudian ditempelkan di dinding dengan menyusunnya membentuk rangkaian tertentu. Dinding kelas pun seolah dikelilingi puluhan kupu kupu sehingga akan terlihat warna warni.

Kertas origami berbentuk kupu-kupu ini tidak hanya dapat Kamu tempelkan di dinding kelas saja, Kamu dapat menempelkannya di atap kelas agar terkesan lebih unik dan sesuai dengan karakter kupu-kupu terbang ke atas.

2. Hiasan Seni Lipat Kertas Memutar

hiasan dinding

Kamu dapat membuat hiasan dengan teknik paling sederhana namun terlihat sangat cantik dan mewah. Kamu hanya perlu melipat beberapa bentuk kertas dengan beberapa warna dan ukuran yg berbeda-beda.

Lalu kamu lipat secara melingkar dan lipat bagian ujung 1 dengan ujung lainya untuk ditempelkan.

Jika Kamu ingin agar bentuk hiasan tersebut bermanfaat maka dapat menempelkannya ke beberapa perabot seperti rak buku, atau tempat spidol dan penghapus agar tampak indah. Kamu bisa menyesuaikan hiasan dengan perabotan yg akan kamu hiasi.

3. Ranting Kupu-Kupu

hiasan dinding

Selain menempelkannya di dinding kelas secara langsung, hiasan kertas lipat berbentuk karakter kupu-kupu pula sangat bagus ditempelkan di per ujung ranting pohon.

Teknik untuk menempelkan tersebut dilakukan secara acak dengan warna yang beragam. Teknik untuk menempelkan tersebut dilakukan secara acak dengan warna yang beragam. Hiasanyapuh menjadi sangat indah, seperti sebuah ranting yg dikerubungi kupu-kupu.
Design ranting yg dihiasi puluhan kupu-kupu sangatbbagus untuk ditempelkan di beberapa dinding dan ruangan atau di papan kreasi. Namun, kamu tidak bisa menempelkan atau menggantung hiasan kupu-kupu ini di jendela atau dikelas.