4 Manfaat dan fungsi tirosin bagi tubuh manusia

Posted on
manfaat tirosin
image from well-beingsecrets.com

Apa itu tirosin

L-tirosin sering juga disebut tirosin merupakan asam amino aromatik yang sangat kuat. Zat ini merupakan blok bangunan untuk hormon epinefrin, dopamin, tiroid, dan norepinephrine.

Pada dasarnya tubuh menggunakan asam amino untuk mensintesis protein, dan tubuh menghasilkan tirosin dengan sendirinya, sehingga hal ini membuat asam amino menjadi jenis asam amino non esensial. Tirosin sangat penting dalam membantu tubuh kita saat mengalami stres, kelelahan, atau kedinginan. لعب روليت حقيقي

Bila kita memiliki kadar asam amino non esensial ini maka akan mengurangi resiko stres. Selain menghasilkan tirosin dengan sendirinya tubuh juga bisa mendapatkan asam amino dengan cara mengkonsumsi makanan yang berbeda. Makanan yang mengandung tirosin juga mengandung tinggi protein termasuk ayam, telur, dan keju.

 

Fungsi tirosin di dalam tubuh

Dalam tubuh, tirosin digunakan di otak kita. Zat ini merupakan pendahulu dari sekelompok neurotransmiter yang disebut katekolamin, yang mencakup norepinephrine, dopamine, dan epinefrin. Katekolamin digunakan untuk mengeksekusi berbagai fungsi kognitif.

Untuk berubah menjadi katekolamin, L-tirosin harus menjalani dua tahap. Pertama, asam amino harus diubah menjadi dihydroxyphenylalanine (DOPA). Enzim, yang merupakan bentuk dekarboksilase, mengubah DOPA menjadi satu dari tiga katekolamin.

Tingkatakan tirosin yang lebih tinggi dapat meningkatkan produksi neurotransmiter Anda saat tubuh membutuhkan lebih banyak tirosin. Itu artinya anda akan kesulitan mendapatkan manfaat tirosin jika tubuh tidak memiliki cukup asam amino dan neurotransmitter Anda habis.

 

Manfaat tirosin untuk kesehatan

1. Membantu mengatasi stres

Manfaat tirosin untuk kesehatan yang pertama adalah membantu mengurangi perkembangan stres. Stres merupakan respon biologis yang dialami oleh tubuh dan otak saat berada di bawah tekanan. Tekanan ini bisa muncul akibat banyak hal seperti masalah sosial termasuk kehilangan pekerjaan atau perceraian. روليت فرنسي

Stres dapat mempengaruhi perilaku dan kesehatan anda dan sangat tidak baik untuk kehidupan tirosin dapat membantu anda terhindar dari stres dengan cara meningkatkan laju produksi norepinephrine selama situasi stres yang Anda alami.

2. Meningkatkan kemampuan memori otak

Ingatkan anda memproses informasi dengan cepat dan mengingat kejadian yang dianggap penting. Pengkodean dan memproses informasi di otak anda akan dimulai saat anda lahir dan akan berlanjut di sepanjang hidup anda. Meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat sangat penting terutama bagi anak-anak. Suplemen tirosin dapat mengembalikan sumber daya kognitif tertentu yang digunakan untuk membantu meningkatkan kemampuan otak anda dalam mengingat sesuatu.

3. Mengurangi gejala ADHD

Attention Deficit Hyperactivity Disorder, atau ADHD, adalah kondisi medis yang mempengaruhi anak-anak sampai dewasa. ADHD merupakan sebuah gangguan yang terjadi pada perkembangan otak sehingga menyebabkan penderitanya menjadi lebih hiperaktif, impulsif, serta sulit untuk memusatkan perhatian. Anak-anak yang mengalami ADHD biasanya memiliki perbedaan dalam aktivitas dan perkembangan otak mereka. Kondisi ini juga dapat mempengaruhi kehidupan sosial anak-anak seperti di rumah, di sekolah, dan lingkungan mereka. Tirosin ternyata memiliki kemampuan dalam mengurangi tingkat keparahan ADHD pada anak-anak dan dewasa.

4. Mencegah dan meringankan parkinson

Penyakit Parkinson adalah gangguan progresif yang mempengaruhi sistem saraf dan pergerakan seseorang. Penyakit ini berkembang secara perlahan dan kadang tidak menunjukkan gejala yang berarti. Seiring bertambah parah penyakit parkinson mulai menunjukkan tanda-tandanya seperti gerakan yang menjadi melambat dan ucapan menjadi tidak jelas. Sekitar sembilan sukarelawan dalam studi penyakit Parkinson dapat diobati dengan probenesid dan tirosin. vip arab casino