15 Fungsi & Manfaat vitamin B1 untuk kesehatan tubuh dan mental

Nutrisi
manfaat vitamin B1
Ilustrasi fungsi vitamin B1

Fungsi dan Manfaat vitamin B1 untuk kesehatan tubuh dan mental yang sangat banyak sekali dan perlu anda perhatikan. Mungkin banyak dari kita yang belum begitu mengetahui apa sebenarnya vitamin B1 itu. Vitamin B1 atau juga disebut sebagai tiamin merupakan salah satu vitamin B kompleks yang larut dalam air yang banyak ditemukan di berbagai sumber makanan.

Tubuh kita membutuhkan vitamin B1 untuk menjaga metabolisme agar tetap sehat sekaligus memastikan sel-sel di seluruh tubuh dapat bekerja dan berfungsi dengan baik. Saat vitamin B1 dicerna melalui suplemen atau makanan yang kita konsumsi maka vitamin ini akan diserap melalui transpor aktif ke dalam usus kecil.

Setelah diserap, vitamin B1 akan digunakan untuk metabolisme makanan menjadi energi. Dengan demikian, di antara manfaat dan fungsi vitamin B1 yang sangat penting adalah mengubah nutrisi dari makanan menjadi energi untuk digunakan tubuh dalam beraktivitas. Asupan vitamin B1 yang cukup sangat diperlukan terutama bagi anda yang memiliki aktivitas padat seperti para olahragawan atau pekerja berat.

Selain itu bagi mereka yang banyak menggunakan kemampuan otak dalam bekerja sangat penting sekali mencukupi asupan vitamin B1. Karena ternyata vitamin B1 bukan hanya meningkatkan energi tubuh tetapi juga meningkatkan kemampuan otak dalam bekerja termasuk dalam hal berpikir, mengingat, dan memperhatikan sesuatu. Nah bagi anda yang masih penasaran mengenai apa saja fungsi dan manfaat vitamin B1 untuk kesehatan mari simak ulasannya berikut ini:

1. Mencegah kerusakan saraf

Diantara fungsi dan manfaat vitamin B1 untuk kesehatan yang terbesar adalah membantu meningkatkan kesehatan sistem saraf. Kekurangan vitamin B1 dapat meningkatkan resiko kerusakan saraf, di mana kerusakan saraf merupakan masalah kesehatan yang sangat serius. Tubuh membutuhkan vitamin B1 untuk mengoksidasi gula yang dikonsumsi melalui proses yang dikenal sebagai piruvat dehidrogenase. Sedangkan sistem saraf membutuhkan vitamin B1 untuk membantu melindungi selubung mielin (lapisan tipis yang melindungi sel saraf). Jika selubung mielin tersebut rusak, dan sel saraf di bawahnya hancur maka seseorang akan beresiko mengalami kehilangan ingatan dan kemampuan belajar.

2. Meningkatkan kesehatan metabolisme

Vitamin B1 sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga metabolisme agar tetap sehat. Vitamin B1 bekerja dengan cara menciptakan ATP di tubuh kita sekaligus membantu dalam pemecahan lemak dan protein tubuh. Tubuh kita harus mendistribusikan vitamin B1 yang kita konsumsi dari makanan melalui plasma dan aliran darah. Hal ini bukan hanya berguna memberikan energi kepada kita tetapi juga membantu mendistribusikan oksigen secara merata ke seluruh bagian tubuh dan berbagai jaringan.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita

Jika anda mengira bahwa meningkatkan sistem kekebalan tubuh hanyalah fungsi dan manfaat vitamin C saja maka anda salah. Selain vitamin C, vitamin B1 ternyata juga berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh kita bekerja dengan baik. Sistem kekebalan tubuh yang kuat akan membantu mengurangi berbagai macam penyakit seperti flu dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Vitamin B1 juga sangat penting sekali terutama bagi mereka yang sering mengalami masalah autoimun. Selain itu, orang yang mengalami masalah tiroid biasanya akan merasakan kelelahan yang kronis saat tidak mendapatkan asupan vitamin B1 yang cukup. Vitamin B1 bermanfaat meningkatkan sistem imun karena berguna mensekresi asam hidroklorik yang membantu pencernaan dan penyerapan. Hal ini sangat penting sekali terutama bagi mereka yang memiliki penyakit autoimun atau tiroid.

4. Meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskuler

Fungsi dan manfaat vitamin B1 untuk kesehatan yang selanjutnya adalah membantu menjaga sistem kardiovaskular tetap sehat. Seluruh sistem kardiovaskular kita ternyata bergantung pada vitamin B1 untuk bisa bekerja dengan efisien dan tetap sehat. Untuk itu mencukupi kebutuhan vitamin B1 sangatlah penting sekali. Sebuah penelitian menemukan bahwa tikus yang mengalami kekurangan vitamin B1 mengalami penurunan dalam sintesis asetilkolin hingga 60% selama 2 bulan. Pada dasarnya kekurangan vitamin B1 akan mempengaruhi saraf dan otot untuk berkomunikasi secara efektif dan efisien. Hal ini berpotensi menyebabkan ketidakteraturan dalam irama jantung.

5. Mencegah gangguan neurologis

Semakin lama otak kita bekerja tanpa asupan vitamin B1 yang cukup maka akan memperbesar kemungkinan mengalami lesi pada otak kecil. Masalah ini biasanya sering terjadi terutama bagi pecandu alkohol serta orang yang didiagnosis mengalami AIDS atau kanker. Orang yang mengalami kekurangan vitamin B1 memiliki kemungkinan yang lebih besar mengalami gangguan kognitif terutama kehilangan ingatan. Selain itu individu yang pernah mengalami koma juga dianjurkan mencukupi kebutuhan vitamin B1 lebih dari orang normal. Selain itu, penelitian juga mengungkap adanya korelasi antara kekurangan vitamin B1 dan juga tingginya risiko penyakit alzheimer.

6. Mengurangi kecanduan alkohol

Bagi mereka yang sudah terlanjur kecanduan alkohol maka bisa merasakan manfaat vitamin B1 untuk kesehatan ini. Pasalnya vitamin B1 berguna mengurangi sindrom wernicke korsakoff yang ditandai dengan perasaan lesu, otot bergerak tanpa sadar, bahkan mengalami kesulitan berjalan. Sindrom ini biasanya sangat sering dialami terutama bagi para pecandu alkohol yang memiliki pola makan yang buruk terutama dalam hal mencukupi kebutuhan asupan vitamin B1.

7. Meningkatkan suasana hati

Kadang kita sering mengalami suasana hati yang kurang menyenangkan. Hal ini terutama sangat mungkin dialami oleh wanita saat menstruasi. Penting untuk diketahui bahwa salah satu manfaat vitamin B1 untuk kesehatan adalah membantu meningkatkan suasana hati anda. Jadi, asupan vitamin B1 yang cukup sangat dianjurkan terutama bagi mereka yang sering mengalami bad mood. Kurangnya asupan vitamin B1 selain dapat memperburuk suasana hati juga meningkatkan resiko kecemasan berlebih dan depresi.

Pada dasarnya manfaat vitamin B1 untuk kesehatan mental dilakukan dengan cara mengatasi tekanan fisik dan mental. Penelitian menunjukkan bahwa suplementasi vitamin B1 berpotensi besar untuk memperbaiki suasana hati yang buruk. Dari sini kita bisa melihat betapa pentingnya peran vitamin B1 dalam meningkatkan kesehatan mental anda secara keseluruhan.

8. Meningkatkan kemampuan belajar, memperhatikan, dan mengingat

Manfaat vitamin B1 untuk kesehatan ini sangat dirasakan terutama bagi mereka yang masih dalam masa pertumbuhan seperti anak-anak dan remaja. Di atas kita sudah mengambil kesimpulan bahwa kekurangan vitamin B1 akan berdampak negatif pada otak kecil kita. Otak kecil merupakan daerah anterior yang bertanggung jawab dalam berbagai fungsi termasuk kontrol motorik dan keseimbangan. Otak kecil juga memainkan peran kunci dalam fungsi kognitif tertentu seperti perhatian, pengaturan ketakutan, bahasa, dan prosedur ingatan.

Kekurangan vitamin B1 secara umum akan membuat kemampuan mengingat anda menjadi lebih lemah. Bukan hanya itu, kemampuan belajar, memperhatikan dan juga berfikir anda mungkin juga akan terganggu saat tubuh mengalami defisit vitamin B1. Untuk mencegah hal ini terjadi maka sebaiknya tingkatkan asupan vitamin B1 dari makanan yang anda konsumsi. Jika anda kesulitan mendapatkan asupan vitamin B1 yang cukup maka diperbolehkan mengambil suplemen vitamin B1 dengan pengawasan dokter.

9. Mendukung kesehatan mata

Terkadang kita sering menganggap remeh mengenai kesehatan mata padahal organ yang satu ini sangat penting sekali. Mungkin kita mengenal diantara fungsi dan manfaat vitamin A adalah membantu menjaga kesehatan mata kita. Selain vitamin A ternyata vitamin B1 juga memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan mata. Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin B1 tampaknya berpotensi besar untuk meningkatkan kesehatan mata karena dianggap dapat mencegah glaukoma dan katarak.

Dari penelitian tersebut mengukuhkan vitamin B1 sebagai salah satu nutrisi penting untuk mata anda. Penyakit katarak biasanya paling sering dialami saat seseorang mengalami pertambahan usia. Penyakit ini ditandai dengan lensa mata yang mendung dan bisa berkembang di kedua mata kita.

10. Mencegah diabetes tipe 1 dan 2

Salah satu fungsi dan manfaat vitamin B1 yang kurang dikenal adalah membantu mencegah penyakit diabetes melitus tipe 1 dan 2. Para peneliti telah menemukan bahwa orang yang mengalami penyakit diabetes memiliki klirens ginjal yang meningkat sekaligus konsentrasi vitamin B1 yang rendah. Jadi kita bisa mengambil kesimpulan bahwa rendahnya asupan vitamin B1 dikaitkan dengan tingginya risiko penyakit diabetes. Studi lain menemukan bahwa meningkatkan asupan vitamin B1 hingga 300 mg perhari membantu menstabilkan kadar gula darah dan insulin.

Selain ke-10 daftar manfaat vitamin B1 untuk kesehatan di atas masih banyak lagi mengenai fungsi dan manfaat vitamin B1 yang mungkin kurang banyak diketahui diantaranya adalah:

11. Membantu menjaga kesehatan sistem Pencernaan
12. Mencegah Anemia
13. Melindungi Membran Mukosa
14. Mencegah nyamuk untuk menggigit
15. Menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku
16. Mengurangi dan Mencegah Hipertensi