Fungsi Laring

fungsi laring

fungsi laring

Fungsi Laring – Fungsi laring begitu penting bagi sistem pernapasan serta proses pembentukan suara pada manusia. Laring adalah organ pada leher yang berperan penting dalam produksi suara dan melindungi trakea.

Kegunaan laring dalam sistem pernapasan yaitu sebagai saluran penghubung antara trakea dan pangkal rongga mulut. Sementara dalam pembentukan suara, laring mempunyai jaringan yang dinamakan pita suara yang mampu menciptakan bunyi serta suara.

Laring sendiri adalah sebuah saluran yang berbentuk tabung tidak beraturan. Laring letaknya berada serta diantara pangkal lidah dan trakea diantara faring dan trakea.

Selain itu, laring juga terdiri dari susunan 3 kartilago kecil yang berpasangan (corniculate, arytenoids, cuneiform) dan 3 kartilago besar yang tidak berpasangan (thyroid, cricoid, epiglottis).

Lantas, apa sajakah fungsi laring? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai fungsi laring yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Beberapa Fungsi Laring yang Perlu Anda Ketahui!

fungsi laring

1. Menghasilkan Suara

Fungsi laring yang pertama yaitu menghasilkan suara. Laring mempunyai organ yang dinamakan pita suara yang berfungsi begitu penting dalam pembentukan suara manusia. Pita suara akan bergetar lalu menghasilkan suara, ketika udara masuk lewat rima glotidis (celah di antara kartilago artenoid dan lipatan vokal) yang tertutup.

Pita suara letaknya di dalam faring yang membuka ketika bernafas serta tertutup ketika menelan dan proses pembuatan suara. Tidak hanya itu, pita suara juga tersusun atas berkas-berkas ligamen yang elastis.

Baca Juga: Fungsi Uterus

2. Mengarahkan Makanan Masuk

Laring juga berguna untuk membantu menggiring makanan masuk ke esofagus. Ketika makan, gerakan mundur lidah akan memaksa epiglotis (kartilago pada laring) untuk menutupi glotis (bagian tengah laring) supaya makanan tidak masuk ke paru-paru. Hal ini tentunya supaya sistem pernapasan pada manusia tidak terluka.

3. Melindungi Saluran Pernapasan

Laring juga memiliki peran penting dalam melindungi saluran pernapasan manusia. Laring dapat melindungi saluran pernapasan dari masuknya benda asing yang bisa berbahaya bagi saluran pernapasan.

Di bagian pangkal laring ada epiglotis yang berguna sebagai katup pangkal tenggorokan. Fungsi dari katup pangkal tenggorokan yaitu menutup dan membuka trakea.

Epligotis akan membuka ketika kita bernapas. Ketika kita sedang makan ataupun minum, epligotis akan menutup trakea sehingga minuman maupun makanan tidak akan masuk ke saluran pernapasan.

Misalnya seperti ketika kita mengalami tersedak ketika makan, itu menunjukkan epligotis tidak menutup secara sempurna ketika kita makan, sehingga minuman ataupun makanan masuk ke trakea. Tersedak sendiri adalah sebuah alarm bahwa terdapat benda asing yang masuk ke dalam saluran paru-paru.

Baca Juga: Obat Antibiotik untuk Luka

fungsi laring

4. Penghubung Faring dan Trakea

Laring berfungsi untuk menghubungkan trakea dan faring. Seperti yang telah diulaskan diatas, fungsinya untuk melindungi benda asing seperti minuman ataupun makanan yang masuk ke dalam paru-paru serta mengganggu sistem pernapasan.

Baca Juga: Fungsi Hidung

5. Repirasi

Fungsi laring berikutnya yaitu respirasi. Proses pernapasan yang dikenal respirasi ini terdiri menjadi inspirasi serta ekspirasi. Inspirasi adalah proses saat udara masuk ke paru-paru (menarik napas).

Semantara ekspirasi yaitu proses ketika udara keluar dari paru-paru (menghembuskan napas). Beberapa bagian pita suara akan terbuka selama proses pernapasan.

Anatomi Laring

Laring letaknya setinggi vertebra cervicalis IV – VI, dimana pada wanita serta anak-anak letaknya cenderung lebih tinggi. Laring juga dapat berbentuk tonjolan yang umumnya dikenal sebagai jakun, yang menjadi ciri seksual sekunder pada pria.

Pada pria, jakun tampak lebih menonjol, sebab pria mempunyai laring yang lebih besar. Ukuran laring yang besar ini mengakibatkan pada umumnya pria mempunyai suara yang lebih besar, berat serta dalam daripada dengan suara wanita.

Itulah beberapa fungsi laring yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda.