Fungsi lapisan ozon

Fungsi lapisan ozon, pengertian serta proses pembentukannya (lengkap)

Fungsi lapisan ozon
image from scied.ucar.edu

Fungsi lapisan ozon, pengertian, serta proses pembentukannya yang perlu kamu tahu. Termasuk letak konsentrasi tertinggi dari ozon tersebut.

Pengertian lapisan ozon

Lapisan ozon atau sering disebut ozon atmosfer merupakan sebuah tempat di bagian atas atmosfer dengan ketinggian antara 15 sampai 35 km. Sekitar 90% ozon di atmosfer berada di stratosfer yang merupakan tempat membentang dari 10 km hingga sekitar 50 km di atas permukaan bumi.

Di stratosfer suhu atmosfer akan naik seiring dengan meningkatnya ketinggian, fenomena ini diciptakan oleh penyerapan radiasi matahari oleh lapisan ozon tersebut. Lapisan ozon secara efektif berguna memblokir radiasi dari sinar UV dengan panjang gelombang kurang dari 290 nanometer saat mencapai permukaan bumi.

Letak lapisan ozon

Sebelum kita membahas mengenai fungsi lapisan ozon ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu di mana letak lapisan ozon tersebut. Dalam mid latitudes konsentrasi ozon terbanyak berada pada ketinggian mulai dari 20 hingga 25 km. Sedangkan dari rentan tersebut jumlah ozon terbanyak berada di ketinggian 26 hingga 28 kilometer di daerah tropis. Sedangkan untuk daerah yang lebih dingin seperti area kutub konsentrasi lapisan ozon terbanyak berada di kisaran 12 hingga 20 km.

Rendah tingginya kadar lapisan ozon di permukaan bumi sebagian besar merupakan hasil dari proses transportasi atmosfer poleward yang terjadi di lintang tengah. Sebagian besar lapisan ozon yang tersisa berada di troposfer lapisan atmosfer yang memanjang dari permukaan bumi hingga stratosfer.

Beberapa hal yang dapat mengganggu atau merusak lapisan ozon di antaranya adalah nitrogen oksida dan senyawa organik lainnya yang bisa menguap. Kondisi ini biasanya banyak terjadi khususnya di kota-kota besar sehingga membuat lapisan ozon semakin menipis. 

Pembentukan dan perusakan lapisan ozon

Secara umum produksi lapisan ozon di stratosfer dihasilkan dari putusnya ikatan kimia di dalam molekul oksigen oleh foton matahari yang berenergi tinggi. Proses ini dinamakan photodissociation, yang menghasilkan pelepasan atom oksigen tunggal untuk bergabung dengan molekul oksigen utuh dan membentuk lapidan ozon.

Dengan meningkatnya jumlah oksigen atmosfer sekitar 2 miliar tahun yang lalu telah ah berarti besar dalam terbentuknya lapisan ozon di atmosfer bumi. Proses ini secara bertahap akan mengarah pada pembentukan stratosfer. Para ilmuwan telah meyakini bahwa pembentukan lapisan ozon di permukaan bumi telah memainkan peran penting dalam munculnya kehidupan di bumi.

Hal ini dikarenakan tanpa adanya lapisan ozon di permukaan bumi maka radiasi matahari yang langsung menuju bumi akan membunuh berbagai macam makhluk yang tinggal di dalamnya. Dengan radiasi matahari yang begitu kuat tersebut diperkirakan hanya makhluk laut lah yang bisa bertahan hidup tanpa adanya lapisan ozon.

Jumlah lapisan ozon di stratosfer diperkirakan setiap tahunnya mengalami penurunan akibat dari proses kimia yang dapat menghancurkan molekul ozon. Selama beberapa dekade aktivitas manusia secara substansi onal telah mengubah lapisan ozon.

Penipisan lapisan ozon secara global telah diamati sejak tahun 1970-an dan paling jelas terjadi di indonesia. Beberapa komponen seperti penggunaan minyak wangi, alat pendingin termasuk kulkas dan ac diyakini telah berandil besar dalam menciptakan penipisan lapisan ozon. Selain itu, polutan seperti asap kendaraan, pabrik, dan limbah organik lainnya ternyata juga dapat membuat lapisan ozon semakin menipis.

Menipisnya lapisan ozon secara terus-menerus dapat berakibat pada pemanasan global. Pemanasan global merupakan sebuah fenomena di mana bumi mengalami panas yang menyeluruh akibat dari radiasi matahari yang langsung menuju bumi tanpa disaring oleh lapisan ozon. Dampak pemanasan global tentunya sangat banyak sekali bagi kehidupan makhluk hidup khususnya hewan dan manusia.

Pemanasan global dapat menyebabkan naiknya permukaan air laut akibat dari mencairnya es di kutub utara dan selatan. Selain itu, pemanasan global juga bisa memicu munculnya dampak perubahan iklim global yang tentu akan sangat mengancam kehidupan makhluk di bumi. Oleh sebab itu menjaga lingkungan sangat penting sekali untuk mencegah penipisan lapisan ozon, khususnya menjaga agar pencemaran udara bisa dikurangi.

Fungsi lapisan ozon

Setelah kita mengetahui pengertian serta proses penciptaan lapisan ozon sekarang kita akan mencari tahu apa saja manfaat dan fungsi lapisan ozon tersebut?.

Mencegah penyakit kanker kulit

Diantara manfaat lapisan ozon untuk kehidupan manusia adalah membantu mencegah penyakit kanker kulit. Hal ini dikarenakan lapisan ozon mampu melindungi manusia dari sinar UV A dan UV B yang berkontribusi besar menyebabkan kanker pada kulit. 

Jadi jika lapisan ozon di atas permukaan bumi mulai menipis maka radiasi sinar matahari semakin kuat dan akan semakin merusak. Sebenarnya ada cara lain untuk mencegah kanker kulit salah satunya adalah dengan menggunakan krim khusus yang dirancang untuk meredam radiasi sinar matahari.

Perlu anda ketahui bahwa radiasi sinar matahari yang menuju bumi 90% nya telah disaring oleh lapisan ozon. Sehingga hanya sekitar 10% nya saja yang bisa langsung menuju bumi. Bayangkan jika lapisan ozon tersebut rusak maka pastilah akan memberikan dampak yang luar biasa bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Mencegah kerusakan mata

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa di antara fungsi lapisan ozon adalah mencegah kerusakan radiasi sinar UV. Salah satu organ tubuh manusia yang paling rentan mengalami kerusakan akibat paparan sinar UV adalah mata. Hal ini dikarenakan mata merupakan organ tubuh yang sangat sensitif terhadap cahaya khususnya dari sinar matahari.

Jika lapisan ozon di stratosfer semakin menipis maka tidak menutup kemungkinan akan ada banyak orang yang mengalami kerusakan pada mata mereka. Jadi untuk berjaga-jaga sebaiknya selalu gunakan kacamata hitam terutama saat berada di luar rumah dalam waktu yang lama seperti di pantai. Hal ini sangat berguna untuk mencegah kerusakan mata  oleh sinar UV saat lapisan ozon mulai mengalami penurunan fungsinya.

Mengatur jumlah sinar matahari yang menuju ke bumi

Sinar matahari yang saat ini kita rasakan dengan panjang gelombang sekitar 280 sampai 315 mm sebagian besar telah diserap oleh lapisan ozon. Jadi hanya sebagian kecil saja yang langsung menuju bumi, hal ini memungkinkan makhluk hidup tetap bisa bertahan dengan radiasi tersebut.

Jika sinar matahari yang menuju ke bumi tidak disaring oleh lapisan ozon maka makhluk hidup yang berada di permukaan bumi sebagian besar tidak akan mampu bertahan. Bukan hanya manusia, tumbuh-tumbuhan pun juga akan mati jika terus menerus terpapar oleh sinar UV dengan tanpa disaring oleh lapisan ozon.

Menghalangi radiasi sinar UV

Selain mengatur porsi sinar matahari yang menuju bumi lapisan ozon juga membantu melindungi bumi dari efek buruk radiasi tersebut. Jadi bisa dikatakan lapisan ozon di ibaratkan seperti kaca hitam yang membantu meredupkan sinar UV saat menuju bumi.

Fungsi lapisan ozon yang satu ini tentu sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Selain berguna mencegah penyakit seperti katarak dan kanker kulit, proses penyaringan ini juga membuat makhluk hidup lainnya seperti tumbuhan juga bisa hidup tanpa terkena bahaya dari sinar UV.

Sebagai pelindung bumi dari benda asing

Fungsi lapisan ozon ternyata bukan hanya berguna menangkal efek buruk sinar UV, lapisan ozon diketahui juga bermanfaat melindungi bumi dari benda-benda asing yang dapat menghancurkan makhluk hidup didalamnya.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa di luar angkasa sana ada banyak benda asing yang beterbangan, beberapa di antara benda asing tersebut terkadang jatuh menuju ke bumi. Untungnya saat benda asing tersebut menuju bumi ada atmosfer di mana salah satunya adalah lapisan ozon yang akan membakar benda tersebut sebelum sampai menuju permukaan bumi.

Benda tersebut akan terbakar lantaran gesekan yang sangat kuat dengan atmosfer bumi sehingga membuatnya hangus atau paling tidak dak menjadi lebih kecil saat menuju bumi. Sehingga efek kerusakan yang ditimbulkan dari benda asing tersebut bisa diminimalisir dengan adanya lapisan ozon.

Meskipun demikian dalam kasus-kasus tertentu, lapisan ozon tidak mampu membakar benda asing tersebut karena ukurannya terlalu besar. Jadi saat proses pembakaran belum selesai benda asing tersebut menuju bumi dengan ukuran yang masih besar sehingga akhirnya menimbulkan kerusakan yang cukup fatal. Salah satu contohnya adalah meteor yang jatuh di bumi selama periode dinosaurus yang diperkirakan telah menjadi penyebab punahnya hewan tersebut.

Mencegah pemanasan global

Pemanasan global atau global warming merupakan salah satu fenomena di mana bumi mengalami peningkatan suhu secara menyeluruh. Peningkatan suhu ini bukan hanya berdampak bagi kesehatan manusia tetapi juga bisa memicu munculnya berbagai macam bencana alam.

Salah satu bencana alam yang mungkin terjadi akibat pemanasan global adalah naiknya air laut menuju daratan. Akibat dari naiknya air laut ini beberapa negara atau daerah dengan pulau rendah akan sangat beresiko tenggelam. Untungnya pemanasan global bisa dicegah dengan adanya lapisan ozon di atmosfer. 

Meskipun demikian, mengingat setiap tahunnya lapisan ozon semakin menipis tidak menutup kemungkinan jika pemanasan global akan memberikan dampak yang buruk bagi makhluk hidup di bumi. Hal ini lantaran lapisan ozon tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik akibat dari kerusakan yang diakibatkan oleh manusia itu sendiri.

Mengingat manfaat lapisan ozon sangat banyak, tentu dampak penipisan lapisan ozon juga akan sangat berbahaya bagi kehidupan manusia. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang sebaiknya kita harus lebih peduli dengan lingkungan termasuk menghindari beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan lapisan ozon.

Demikian tadi informasi mengenai fungsi lapisan ozon serta proses penciptaannya yang mungkin masih belum anda ketahui. Jika anda merasa informasi seputar lapisan ozon di atas berguna jangan sungkan untuk membagikan artikel di atas.