fungsi hutan lindung

Fungsi hutan lindung: Pengertian serta kriterianya yang perlu kamu tahu

Fungsi hutan lindung
image pexels.com

Fungsi hutan lindung bagi kehidupan manusia hewan serta lingkungan hidup secara keseluruhan. Hutan memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia dan makhluk hidup di sekitarnya. Ada banyak sekali keuntungan jika hutan dijaga dengan baik dan dilestarikan.

Sebaliknya dampak penggundulan hutan tentu akan sangat merugikan bagi kehidupan manusia serta hewan yang tinggal di dalamnya. Salah satu hutan yang masih bisa menjalankan fungsinya dengan baik adalah hutan lindung. Lantas apa pengertian dan fungsi hutan lindung bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup?. Simak ulasannya dalam artikel di bawah ini.

Pengertian hutan lindung

Secara istilah hutan lindung merupakan sebuah area yang luas dimana di dalamnya terdapat beberapa jenis flora dan fauna yang dilestarikan atau dilindungi. Hutan lindung bisa terjadi secara alami atau non alami. 

Jadi singkatnya hutan lindung adalah kawasan hutan yang secara khusus dilindungi atau dilestarikan oleh masyarakat atau pemerintah setempat. Tentu dengan kehadiran hutan lindung ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh oleh masyarakat maupun pemerintah. Lantas apa saja fungsi hutan lindung tersebut?

Fungsi hutan lindung

Ada banyak manfaat hutan lindung bagi kehidupan kita yang perlu anda ketahui di antaranya adalah:

Tempat perlindungan flora dan fauna

Diantara salah satu fungsi paling penting dari hutan lindung adalah untuk menampung beberapa jenis flora dan fauna. Seperti yang sudah kita ketahui di atas bahwa hutan lindung merupakan hutan yang sengaja dilestarikan di mana di dalamnya terdapat banyak flora dan fauna penting.

Beberapa jenis flora dan fauna tersebut biasanya tergolong sebagai jenis hewan atau tumbuhan yang terancam punah. Selain terancam punah, beberapa jenis hewan atau tumbuhan tersebut dianggap juga menjadi ciri khas suatu negara atau wilayah tertentu sehingga sangat perlu untuk menjaga kelestariannya.

Menjadi lokasi resapan air

Dampak penggundulan hutan sangat banyak sekali salah satunya adalah menyebabkan banjir. Jadi dengan adanya hutan lindung maka kemungkinan terjadi banjir juga bisa diminimalisir. Diantara manfaat hutan lindung adalah menjadi lokasi resapan air.

Pepohonan yang besar secara alami dapat menyerap air dalam jumlah yang cukup banyak. Jika air dari hujan yang deras tersebut tidak diserap oleh akar dari pepohonan maka tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan banjir.

Mencegah bencana alam

Bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sangat sering sekali terjadi akibat penggundulan hutan. Jadi diantara salah satu fungsi hutan lindung ini adalah menjaga agar resiko banjir dan tanah longsor bisa diminimalisir. Hutan secara alami dapat mencegah air secara langsung masuk ke pemukiman warga dengan cara menyerap nya melalui akar dari pepohonan yang tumbuh.

Proses penyerapan air ini bukan hanya mencegah banjir tetapi juga mengurangi resiko terjadinya tanah longsor. Tanah longsor sangat sering terjadi terutama di musim hujan karena tanah menjadi labil akibat tidak adanya pepohonan yang bisa menahan laju air. Jadi inilah pentingnya menjaga agar hutan tetap terlindungi dengan baik.

Mengurangi polusi udara

Dampak pencemaran udara bagi kehidupan manusia sangatlah banyak sekali. Selain mengganggu kesehatan, polusi, udara juga disebut-sebut dapat menyumbang terjadinya pemanasan global. Untungnya hutan lindung yang berfungsi dengan baik dapat mencegah polusi udara.

Hal ini dikarenakan pepohonan yang tumbuh secara alami di hutan dapat mengeluarkan atau melepaskan oksigen serta di saat yang bersamaan juga menyerap karbondioksida. Oksigen sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup tidak terkecuali manusia, sedangkan karbondioksida adalah penyumbang polusi udara.

Difungsikan sebagai tempat wisata

Hutan lindung bukan hanya berguna untuk menjaga kelestarian tanaman atau hewan tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk menghilangkan rasa penat. Melihat tumbuhan hijau di hutan tentu akan sangat menyenangkan dan membuat pikiran menjadi lebih rileks. 

Ini juga merupakan peluang yang sangat baik terutama bagi pemerintah daerah untuk mendapatkan keuntungan dengan menjadikan hutan lindung sebagai tujuan wisata. Saya di hutan lindung bukan hanya berfungsi sebagai tempat tinggal flora dan fauna tetapi juga bisa menguntungkan secara materi.

Mencegah terjadinya pemanasan global

Dampak pemanasan global bagi kehidupan manusia sangatlah berbahaya. Pemanasan global bukan hanya membuat udara menjadi semakin panas tetapi juga memicu mencairnya es di belahan kutub utara dan selatan. Mencairnya es di kutub ini akan membuat permukaan air laut menjadi naik sehingga membuat kawasan atau pulau yang rendah akan beresiko tenggelam.

Kawasan hutan lindung secara alami dapat membantu menjaga lapisan ozon agar tetap berfungsi dengan baik. Lapisan ozon berguna mengurangi radiasi sinar matahari yang menuju ke bumi. Untuk itu menjaga kelestarian hutan lindung sangat penting sekali dalam mencegah pemanasan global. 

Mencegah kekeringan

Kekeringan juga bisa terjadi jika hutan mulai gundul akibat penebangan liar. Kenapa hal ini bisa terjadi?. Secara alami hutan dapat melindungi matahari dari menyerap air secara berlebihan. Sehingga hutan yang masih asri akan memungkinkan air di tanah tetap terjaga dan tidak habis menguap akibat panas yang dihasilkan oleh matahari. Oleh sebab itu salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah kekeringan adalah dengan melestarikan hutan lindung.

Melindungi hewan langka

Penggundulan hutan yang terjadi secara masif membuat beberapa hewan langka kehilangan habitat aslinya sehingga akan terancam punah. Dengan adanya hutan lindung diharapkan hewan tersebut masih bisa bertahan karena habitatnya terjaga dengan baik. 

Kepunahan hewan tentu akan merusak ekosistem dan memutus rantai makanan. Akibatnya hewan yang mengganggu manusia akan menjadi lebih banyak karena predatornya sudah punah atau tiada. Jadi ini adalah salah satu fungsi penting hutan lindung yang perlu diperhatikan.

Menjaga kesuburan tanah

Secara alami di antara manfaat hutan lindung adalah menjaga kesuburan tanah. Penggundulan hutan akan menyebabkan terjadinya abrasi yang membuat beberapa lapisan tanah akan tergerus oleh air. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan tanah menjadi kurang subur akibat beberapa komponen nya telah hilang.

Kriteria hutan lindung

Setelah anda mengetahui pengertian hutan lindung serta fungsinya bagi kehidupan lantas tahukah anda bagaimana ciri-ciri hutan lindung tersebut?. Beberapa kriteria hutan lindung antara lain adalah:

  • Kawasan hutan harus mempunyai kemiringan lereng setidaknya sekitar 40%.
  • Sebuah hutan dikatakan sebagai hutan lindung jika memiliki ketinggian setidaknya 2000 meter dari atas permukaan laut.¬†
  • Selain itu kawasan hutan lindung juga harus memiliki intensitas hujan dengan jumlah hasil bobotnya setara dengan 175 atau lebih.

Jika sebuah kawasan atau hutan telah memenuhi kriteria di atas maka bisa dikatakan sebagai hutan lindung. 

Demikian tadi informasi mengenai fungsi hutan lindung serta pengertiannya yang perlu kamu tahu. Mengingat begitu banyak manfaat dari hutan lindung tentu menjadi sebuah keharusan bagi kita untuk melestarikannya.