Fungsi Dinding Sel Pada Bawang Merah

Posted on

Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki banyak fungsi bagi kehidupan manusia, selain sebagai sumber oksigen juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan, bahan obat, dan lain sebagainya. Salah satu hal yang membuat tumbuhan dapat menyeimbangkan kehidupan hewan dan manusia adalah dengan adanya dinding sel pada jaringan tumbuhan.

Fungsi Dinding Sel pada Tumbuhan

gambar sel tumbuhan

Dinding sel pada tumbuhan memiliki berbagai macam fungsi penting yang menunjang keberlangsungan hidup tanaman, di antaranya adalah:

1. Melindungi sel

Dinding sel berfungsi melindungi sel-sel tumbuhan dari pengaruh lingkungan yang buruk, seperti tekanan, suhu yang ekstrem, dan bahan kimia berbahaya. Sel tumbuhan yang tidak memiliki dinding sel akan mudah rusak dan mati karena tidak mampu bertahan dari pengaruh tersebut.

2. Menjaga kekakuan dan bentuk sel

Dinding sel juga berfungsi sebagai struktur penopang yang menjaga kekakuan dan bentuk sel tumbuhan agar tetap stabil. Selain itu, dinding sel juga membantu mencegah penguapan air, sehingga sel tumbuhan dapat mempertahankan kelembabannya dengan baik.

3. Menyimpan cadangan makanan

Sel tumbuhan juga dapat menyimpan cadangan makanan dalam bentuk pati dan glikogen pada dinding selnya. Cadangan makanan ini nantinya dapat digunakan saat kondisi hidup tumbuhan sedang tidak mendukung seperti pada musim kering atau ketika terjadi serangan hama dan penyakit.

4. Bertindak sebagai pengatur pertumbuhan secara fisiologis

Dinding sel juga dapat bertindak sebagai pengatur pertumbuhan secara fisiologis pada tumbuhan. Hal ini terjadi karena di dalam dinding sel terdapat senyawa selulosa, lignin, dan pektin yang dapat berpengaruh pada proses ekspansi sel, differensiasi dan pembelahan sel pada tumbuhan.

Baca juga  Klasifikasi Kubis

5. Menjaga keseimbangan osmotik

Dinding sel berperan penting dalam menjaga keseimbangan osmotik pada sel tumbuhan. Osmosis merupakan proses aliran air dari tempat yang lebih sedikit ke tempat yang lebih banyak dalam upaya mencapai keseimbangan. Dinding sel yang kaku dan tidak fleksibel dapat membantu mencegah terjadinya peregangan dan perebutan pada sel tumbuhan.

6. Mengatur interaksi sel dengan lingkungan

Dalam berinteraksi dengan lingkungannya, sel tumbuhan selalu menjaga komunikasi yang baik. Dalam hal ini, dinding sel berfungsi sebagai filter yang tidak semua molekul dapat melewati dinding sel dan masuk ke dalam sel. Hal ini sangat penting dalam upaya menghindari bahaya masuknya virus, bakteri, dan parasit ke dalam sel tumbuhan.

Kesimpulan

Dinding sel merupakan struktur penting yang terdapat pada seluruh jaringan dan organ tumbuhan. Melalui dinding sel, tumbuhan dapat mempertahankan hidupnya dengan menjaga keseimbangan osmotik, melindungi sel, menyimpan cadangan makanan, mengatur interaksi sel dengan lingkungannya, dan menjaga kekakuan dan bentuk sel.

Simak postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *