Fungisida Untuk Penyakit Bulai Pada Jagung

Posted on

Sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa tanaman jagung merupakan salah satu pilihan tanaman yang cukup popular di Indonesia. Tak hanya digunakan sebagai bahan baku pangan, tanaman jagung juga seringkali dijadikan sumber bahan pakan ternak. Sayangnya, terdapat banyak sekali jenis penyakit yang sering kali menyerang tanaman jagung, salah satunya adalah penyakit bulai pada tanaman jagung.

Penyakit Bulai pada Tanaman Jagung

Penyakit bulai pada tanaman jagung merupakan jenis penyakit jamur yang menyerang bagian daun, rumpun, dan tongkol pada tanaman jagung. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh jamur Sporisorium reilianum dan Ustilago maydis.

Penyakit Bulai pada Tanaman Jagung

Cara penyebaran dari jamur ini sendiri adalah melalui biji yang sudah terkontaminasi. Penyakit bulai dapat menyebar dengan sangat cepat oleh angin atau oleh binatang pembawa biji. Serangan penyakit ini lebih sering terjadi pada musim penghujan atau pada kondisi tanah yang lembab.

Tanda-tanda awal dari penyakit bulai pada tanaman jagung biasanya dapat dilihat dari bentuk daun atau tongkol yang abnormal. Daun yang telah terinfeksi akan memiliki bagian yang melengkung dan terlihat lebih lembut dari biasanya. Sedangkan pada tonguek, akan terlihat adanya bagian yang hitam yang menempel pada tonguek jagung.

Cara Mengatasi Penyakit Bulai pada Tanaman Jagung

Meskipun penyakit bulai pada tanaman jagung ini cukup merusak, namun ternyata masih ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyakit bulai pada tanaman jagung.

Baca juga  Tepung Sari Pada Jagung Terdapat Pada

Pakai Benih yang Sehat

Salah satu cara paling mudah untuk mencegah serangan penyakit bulai pada tanaman jagung adalah dengan menggunakan benih jagung yang sehat. Pastikan benih yang Anda gunakan tidak mengandung jamur atau bakteri penyakit sehingga dapat dihindari terjadinya serangan penyakit bulai pada tanaman jagung.

Membersihkan Tanah dan Lingkungan

Membersihkan lingkungan sekitar tanaman jagung merupakan salah satu langkah pencegahan yang cukup efektif untuk mengatasi serangan penyakit bulai pada tanaman jagung. Pastikan lingkungan disekitar tanaman jagung selalu bersih dan rapi sehingga dapat menghindarkan terjadinya penyebaran jamur yang menjadi penyebab serangan bulai.

Memperhatikan Kondisi Tanah

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi tanah sekitar tanaman jagung. Pastikan tanah yang digunakan tidak terlalu lembab dan selalu dalam keadaan yang cukup kering. Terlalu banyak air atau kelembaban pada tanah dapat menjadi sarang bagi jamur penyebab bulai untuk berkembang biak dan menyerang tanaman jagung.

Gunakan Fungisida

Jika serangan penyakit bulai pada tanaman jagung sudah terjadi, Anda bisa menggunakan fungisida untuk mengatasinya. Fungisida yang biasa digunakan untuk mengatasi penyakit bulai pada tanaman jagung umumnya memiliki kandungan sulfur dan oksidator yang cukup ampuh untuk membunuh jamur penyebab bulai.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi serangan penyakit bulai pada tanaman jagung. Dengan melakukan tindakan pencegahan yang tepat dan melakukan perawatan yang cukup, Anda dapat menghindari terjadinya serangan bulai yang merusak tanaman jagung Anda. Ayo jaga kesehatan tanaman Anda agar tetap subur dan tumbuh dengan baik!

Temukan postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *