14 Fakta unik negara Jepang yang mungkin tidak ditemui di negara lain

Posted on
Fakta unik negara Jepang

Fakta unik negara Jepang yang mungkin masih belum Anda ketahui mulai dari cara mereka mengantri sampai makan. Jepang merupakan salah satu negara yang sangat menarik. Ada banyak fakta unik negara Jepang yang mungkin masih belum banyak diketahui orang.

Fakta unik negara jepang

1. Cara naik eskalator orang Jepang

Orang Jepang memiliki cara yang unik saat mereka menaiki eskalator. Orang-orang Jepang saat menaiki eskalator akan berada di bagian kiri atau kanan. Hal ini bertujuan agar orang lain yang terburu-buru dapat lewat dengan mudah tanpa terganggu.

Kebiasaan ini tentu sangat unik dan juga bermanfaat terutama bagi mereka yang dan ingin terburu-buru saat naik eskalator. Tidak ada tulisan atau tanda khusus yang mengharuskan seperti itu akan tetapi masyarakat Jepang sudah terbiasa melakukannya secara tertib.

2. Buah melon dengan harga yang mahal

Mungkin hanya di Jepang ada buah melon yang harganya sangat fantastis. Di negara Jepang ada sebuah melon yang satu butir nya saja dihargai hingga 10.000 Yen atau setara dengan rp1.000.000. Melon seperti ini biasanya akan diberikan kepada orang yang dianggap penting sebagai sebuah hadiah.

Jadi jika anda ingin makan melon sebaiknya jangan melakukannya di negara Jepang. Karena pastinya dengan harga segitu Anda bisa membeli buah melon yang cukup untuk dimakan satu kampung.

3. Ada ikan koi di drainase 

Kalu anda mengira jika ikan koi hanya berada di sungai atau kolam saja maka anda salah. Di Jepang ikan koi bisa hidup di drainase. Halim dikarenakan drainase di negara Jepang sangat berbeda jauh dengan di Indonesia yang sangat kotor. Di Jepang brainly sangat bersih sekali dan ikan koi dibiarkan hidup begitu saja. 

4. Pasar ikan terbesar di dunia ada di Jepang

Jepang adalah salah satu negara yang masyarakatnya sangat doyan sekali makan ikan. Maka tidak heran jika di Jepang ada banyak sekali pasar ikan. Bahkan pasar ikan terbesar di dunia ada di negara Jepang.

Pasar ikan tersebut tepatnya berada di Tsukiji di kota Tokyo. Di pasar ikan ini anda akan menemukan banyak sekali produk laut mulai dari ikan hingga lobster. Setiap harinya ada sekitar 2000 ton produk laut yang dijual di pasar ikan tersebut. Masyarakat Jepang sangat menyukai ikan karena dianggap memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

5. Cara memakai alas kaki yang unik

Salah satu keunikan negara Jepang yang lainnya adalah cara mereka dalam memakai alas kaki. Di negara Jepang biasanya ada dua jenis alas kaki yang pertama biasanya digunakan saat keluar rumah. Sedangkan yang kedua adalah alas kaki yang dikhususkan saat memasuki rumah.

Alas kaki yang digunakan saat masuk rumah ini biasanya memiliki bahan yang lebih lembut dan sedikit berbulu. Meskipun mereka menggunakan alas kaki di dalam rumah akan tetapi di beberapa ruang tertentu misalnya yang memiliki ketinggian sekitar 2 inci maka alas kaki tersebut harus dilepas. 

6. Memiliki kereta yang sangat cepat

Jepang merupakan salah satu negara yang sangat modern dengan pemanfaatan teknologi tinggi. Maka tidak heran jika alat transportasi di Jepang juga memiliki teknologi yang sangat tinggi juga. Salah satunya adalah kereta super cepat di Jepang.

Jepang mulai menggunakan kereta api untuk mengurangi kemacetan di jalan raya. Dalam rangka membuat masyarakat beralih dari mobil pribadi ke transportasi umum pemerintah Jepang telah mencoba menciptakan kereta super cepat. Jadi dengan menaiki kereta ini Anda tidak perlu takut macet di jalan.

Kereta cepat di Jepang ini dapat menempuh jarak hingga 603 km per jam. Luar biasa bukan hanya dengan waktu 1 jam saja kereta sudah dapat pergi ke tempat dengan jauh 603 km. Selain terkenal memiliki kecepatan yang tinggi kereta yang diberi nama shinkansen ini juga sangat tepat waktu dari jadwal keberangkatannya. Jadi jika anda ingin naik kereta di Jepang sebaiknya datang lebih awal jika tidak ingin ketinggalan kereta tersebut.

7. Budaya mengantri yang sangat tertib

Salah satu keunikan negara Jepang adalah budaya mereka dalam mengantri. Tidak seperti di Indonesia orang Jepang sangat tertib sekali dalam banyak hal terutama saat mereka mengantri. Hal ini dikarenakan melanggar aturan dalam mengantri sangat memalukan bagi mereka. Jadi kalau anda berkunjung di negara Jepang sebaiknya jangan mencoba untuk menerobos antrian.

8. Orang Jepang ternyata sangat hemat

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki pendapatan perkapita cukup tinggi di dunia. Akan tetapi fakta ini tidak berarti bahwa orang Jepang sangat boros. Justru orang Jepang terkenal sangat hemat sekali karena meskipun pendapatan perkapita tinggi di negara Jepang biaya hidup juga tiggi.

Bahkan orang Jepang memiliki kebiasaan yang unik terutama saat pergi ke supermarket. Biasanya mereka berkunjung ke supermarket saat menjelang tutup, hal ini dikarenakan biasanya saat menjelang tutup supermarket akan memberikan diskon. 

9. Orang Jepang terkenal sangat ramah

Jepang adalah salah satu negara yang sering dikunjungi oleh wisatawan karena keunikan nya. Selain keunikan negaranya orang-orang di Jepang juga terkenal sangat ramah baik dengan orang Jepang sendiri atau dengan turis asing. Keramahtamahan orang Jepang ini ditunjukkan terutama saat memberikan sambutan Di mana mereka akan menundukkan kepala sebagai tanda sebuah penghormatan.

Semakin rendah menundukkan kepala itu artinya semakin mereka menghargai kita. 

10. Ada banyak mesin penjual otomatis

Di Jepang anda bisa dengan mudah menemui mesin jualan otomatis di jalan-jalan. Hampir di semua sudut kota Jepang pasti Anda akan menemukan mesin penjual otomatis. Barang yang dijual beraneka ragam mulai dari tabloid sampai makanan ringan.

Penggunaan mesin penjual otomatis ini juga sangat menghemat terutama bagi penjual karena tidak perlu membayar karyawan. Selain itu adanya mesin otomatis juga mempermudah para pejalan kaki jika sewaktu-waktu membutuhkan makanan.

11. Memiliki kebiasaan makan yang unik

Fakta unik negara Jepang yang selanjutnya adalah kebiasaan makan mereka yang tergolong sangat tidak biasa. Contohnya saja saat makan orang Jepang biasanya akan mengangkat mangkuk mereka hingga dekat ke mulut. Mungkin jika kita di Indonesia makan dengan cara seperti itu akan dianggap rakus. Tetapi di Jepang justru sebaliknya jika orang tidak makan dengan cara seperti itu maka dianggap tidak sopan.

12. Disediakan pembersih layar smartphone di tempat umum

Bagi Anda yang tidak bisa lepas dari gadget di Jepang di sediakan sebuah pembersih layar smartphone yang bisa digunakan secara gratis. Ini merupakan ide yang sangat kreatif tentunya dan sangat bermanfaat bagi para pengguna smartphone di Jepang. 

13. Ada semangka kotak di Jepang

Mungkin hanya di negara Jepang ada semangka yang memiliki bentuk kotak. Ya semangka ini memang sangat unik meskipun sebenarnya hanya buah semangka biasa. Dengan buah semangka yang berbentuk kotak tentunya akan sangat mudah sekali saat ditaruh di kulkas.

14. Jumlah junior di Jepang lebih sedikit dibandingkan senior

Fakta unik negara Jepang yang selanjutnya adalah jumlah anak-anak atau orang muda di Jepang sangat sedikit sekali. Hal ini dikarenakan kebanyakan masyarakat Jepang enggan untuk memiliki anak. Hal ini membuat angka kelahiran sangat sedikit sekali sehingga junior di negara tersebut juga lebih sedikit dibandingkan para senior.

Salah satu alasan yang membuat orang Jepang enggan memiliki anak adalah karena tingginya biaya hidup di negara tersebut. Selain itu orang Jepang baik pria maupun wanita telah menghabiskan banyak waktu untuk bekerja sehingga merka tidak memiliki waktu untuk mengurus anak. Baca juga 7 Karakteristik negara Jepang serta keunikannya yang jarang ditemui

Demikian tadi ulasan mengenai fakta unik negara Jepang semoga informasi diatas bisa berguna bagi anda.