Efek samping minyak zaitun serta manfaatnya untuk kesehatan

efek samping minyak zaitun
Efek samping minyak zaitun

Efek samping minyak zaitun serta manfaatnya yang perlu Anda ketahui agar tidak salah dalam menggunakannya sebagai bahan perawatan kesehatan dan kecantikan.

Minyak zaitun adalah jenis minyak yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Minyak yang berasal dari ekstrak buah zaitun ini telah lama digunakan sebagai bahan perawatan bahkan hingga ribuan tahun yang lalu. 

Kandungan nutrisinya yang banyak dalam minyak zaitun telah membuatnya menjadi salah satu obat alami yang disinyalir mampu mencegah berbagai macam penyakit. Lantas Tahukah Anda apa saja manfaat serta efek samping minyak zaitun jika dikonsumsi dan digunakan sebagai masker wajah. 

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan

manfaat minyak zaitun untuk pria
manfaat minyak zaitun untuk pria

Dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya berupa vitamin E dan mineral penting tentu ada banyak sekali manfaat dari minyak zaitun di antaranya seperti:

Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang sangat vital sekali. Sehingga menjaga kesehatannya merupakan sesuatu yang mutlak. Munculnya penyakit jantung yang sering dialami oleh orang lantaran gaya hidup yang kurang sehat. Anda bisa mencegah penyakit jantung dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur termasuk juga minyak zaitun.

Minyak zaitun mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL. Menjaga keseimbangan kadar kolesterol di dalam darah sangat penting sekali untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

Meningkatkan kecerdasan otak

Tahukah Anda jika otak kita lebih banyak didominasi oleh lemak yang berasal dari omega 3?. Dari fakta ini maka konsumsi minyak zaitun yang diperkaya dengan asam lemak omega-3 sangat baik sekali dalam meningkatkan kinerja otak.

Selain meningkatkan kinerja nya, konsumsi minyak zaitun secara rutin juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko alzheimer. Alzheimer merupakan penyakit yang terjadi akibat penurunan fungsi kognitif otak yang biasanya dialami oleh mereka yang memasuki usia 50 tahun.

Menurunkan resiko penyakit kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya karena menyerang sel manusia. Efek anti kanker yang dimiliki oleh minyak zaitun sebenarnya lebih kepada menangkal efek buruk radikal bebas berkat kandungan antioksidannya yang tinggi.

Meskipun demikian, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai seberapa efektifkah minyak zaitun dalam mengurangi resiko kanker tersebut.

Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan masalah pada kesehatan anda. Gaya hidup yang kurang sehat menjadi faktor utama penyebab tekanan darah yang tidak normal tersebut. Untungnya minyak zaitun hadir sebagai bahan alami yang berguna mengontrol tekanan darah pada level yang sehat.

Mengontrol tekanan darah sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus mencegah penyakit seperti stroke. Kedua penyakit ini menjadi momok yang paling menakutkan bahkan bisa menyerang siapapun di usia berapapun.

Mencegah osteoporosis

Bagi Anda yang sudah memasuki usia diatas 40 tahun menjaga kesehatan tulang menjadi sangat penting sekali. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut kepadatan tulang mulai menurun. Untungnya salah satu manfaat minyak zaitun adalah membantu mempertahankan kepadatan tulang.

Anda bisa mengkonsumsi minyak zaitun terutama yang extra virgin karena memiliki kualitas yang lebih baik. Selain mencegah osteoporosis, rutin mengkonsumsi minyak zaitun juga berguna menebalkan tulang Anda sehingga membuatnya lebih kuat.

Mencegah depresi

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh universitas Navara menemukan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin telah dikaitkan dengan pengurangan penyakit jiwa seperti depresi. Bagi Anda yang sering mengalami stres lantaran pekerjaan yang menumpuk tidak ada salahnya rutin mengkonsumsi minyak zaitun untuk membuat anda lebih rileks.

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan

Manfaat minyak zaitun untuk bibir dan alis
Manfaat minyak zaitun untuk bibir dan alis

Mengencangkan kulit wajah

Ada banyak nutrisi penting di dalam minyak zaitun yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit wajah salah satunya adalah zat linoleic acid. Zat ini diketahui mampu meningkatkan elastisitas kulit wajah sehingga membuatnya tidak mudah kendur.

Selain itu, kandungan vitamin E dalam minyak zaitun juga berguna melindungi kulit dari efek merugikan radikal bebas yang mengarah pada penuaan. Jadi bisa dikatakan minyak zaitun merupakan paket yang sangat lengkap untuk kecantikan kulit wajah anda.

Membuat wajah tampak lebih halus

Jika anda ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan halus cobalah rutin menggunakan minyak zaitun sebagai masker wajah. Pasalnya kandungan vitamin E dan C dalam minyak zaitun sangat berguna menutrisi kulit sehingga membuatnya tampak lebih muda.

Secara khusus vitamin E berguna menghaluskan kulit wajah dan membuatnya tampak sehat terawat. Agar manfaat minyak zaitun ini semakin bagus cobalah untuk mengkombinasikan kan nya dengan bahan lain seperti buah pepaya.

Membersihkan make up

Selain baik untuk kesehatan, minyak zaitun juga bisa dimanfaatkan sebagai make up remover alami. Setelah anda menggunakan makeup yang tebal pasti akan sedikit sulit untuk membersihkannya.

Daripada menggunakan bahan kimia cobalah memanfaatkan minyak zaitun sebagai pembersih make up tersebut. Caranya sangat mudah, anda tinggal menerapkan minyak zaitun ke kulit wajah lalu lakukan pemijatan ringan.

Setelah itu bilas wajah anda hingga bersih sampai sisa makeup dan minyak zaitun hilang sepenuhnya dari wajah anda.

Mengembalikan kelembaban kulit wajah

Kulit wajah yang kering akan tampak tidak sehat. Selain itu kulit wajah yang kering juga lebih mungkin mengalami masalah seperti munculnya kerutan dan garis halus di wajah. Sehingga menjaga kelembaban kulit wajah sangat penting sekali. 

Salah satu bahan yang bisa dimanfaatkan untuk melembabkan kulit wajah anda adalah minyak zaitun. Minyak zaitun bekerja cukup baik dan tentunya aman karena sangat minim efek samping. Meskipun demikian anda tetap tidak boleh terlalu berlebihan dalam menggunakan minyak zaitun. Apalagi jika minyak zaitun yang Anda gunakan juga memiliki kualitas yang rendah.

Menjaga kesehatan rambut

Penggunaan minyak zaitun pada rambut dapat membuatnya lebih halus dan sehat. Minyak zaitun memang telah lama digunakan sebagai kondisioner alami yang memiliki banyak kegunaan. Jika Anda penasaran maka boleh mencobanya sebelum melakukan keramas. 

Caranya terapkan minyak zaitun extra virgin ke rambut Anda hingga merata kemudian diamkan selama 30 menit sampai 1 jam. Setelah itu lakukan keramas seperti biasa untuk menghilangkan minyak zaitun dari rambut Anda.

Membantu menyehatkan bibir

Bagian tubuh wanita yang cukup sering mendapatkan perawatan adalah bibir. Untuk merawat bibir tentu anda harus berhati-hati lantaran bagian kulit ini juga relatif sensitif.

Salah satu bahan yang bisa anda manfaatkan yang tentunya ramah adalah minyak zaitun. Minyak zaitun dipercaya mampu menjaga kelembaban alami bibir Anda sekaligus membuatnya tampak lebih berisi dan sehat.

Anda bisa menerapkan minyak zaitun secara rutin paling tidak dua kali sehari untuk mendapatkan bibir yang indah serta sehat.

Efek samping minyak zaitun

Dibalik manfaatnya yang banyak ternyata minyak zaitun juga menyimpan efek samping yang tentu perlu Anda ketahui untuk berjaga-jaga. Lantas apa saja efek samping minyak zaitun tersebut berikut ulasannya untuk anda:

Dapat menyebabkan diare

Kandungan lemak yang sangat tinggi dalam minyak zaitun jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan diare. Untuk itu pastikan anda mengkonsumsi minyak zaitun dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Meskipun efek samping ini agak jarang terjadi akan tetapi anda perlu mewaspadainya terutama jika anda memberikan minyak zaitun pada anak-anak.

Menyebabkan alergi

Bagi sebagian orang ternyata menggunakan minyak zaitun sebagai masker wajah dapat menyebabkan alergi seperti munculnya gatal dan kemerahan. Ini sebenarnya terjadi jika anda memiliki kulit yang sensitif, jadi sekali lagi efek samping ini juga relatif jarang sehingga sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir.

Memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi

Satu lagi hal yang perlu Anda waspadai jika terlalu banyak mengkonsumsi minyak zaitun adalah bisa menyebabkan kegemukan. Minyak zaitun kaya akan kandungan nutrisi tetapi di sisi lain kandungan kalorinya juga cukup tinggi. Oleh sebab itu berlebihan dalam mengkonsumsi minyak zaitun dapat menimbulkan efek samping berupa kegemukan.

Menyebabkan jerawat

Meskipun minyak zaitun diketahui sangat baik untuk mengurangi jerawat di wajah akan tetapi ternyata penggunaan minyak zaitun secara berlebih justru bisa memicu munculnya jerawat. Seperti yang anda ketahui bahwa minyak zaitun terdiri dari lemak sehingga sangat mungkin untuk membuat kulit wajah anda tersumbat.

Pada akhirnya kotoran yang masuk ke pori-pori akan menyebabkan bakteri mengumpul dan menyebabkan jerawat. Oleh sebab itu sebaiknya mengurangi penggunaan minyak zaitun terutama bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak.

Kurang cocok untuk bayi

Efek samping minyak zaitun yang selanjutnya adalah dapat menyebabkan ruam dan kemerahan pada kulit bayi. Seperti yang anda tahu bahwa bayi memiliki kulit yang sangat sensitif sehingga Anda harus berhati-hati dalam menerapkan bahan apapun tidak terkecuali minyak zaitun.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari penggunaan minyak zaitun pada bayi untuk mencegah terjadinya efek samping yang tidak diinginkan. Kecuali jika anda sudah mendapatkan izin dari dokter untuk menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan khusus pada kondisi medis tertentu.

Menyebabkan ruam pada kulit

Bukan hanya untuk bayi, bagi Anda yang memiliki kulit sangat sensitif sebaiknya memang tidak menggunakan minyak zaitun sebagai masker wajah. Pasalnya penggunaan minyak zaitun bisa menyebabkan ruam di wajah akibat kulit yang sensitif tersebut.

Untuk mengurangi efek samping ini anda bisa menerapkan minyak zaitun ke bagian tubuh lain seperti lengan atau bagian punggung tangan anda. Jika minyak zaitun tidak menyebabkan ruam pada tangan maka anda boleh mengaplikasikannya ke kulit wajah. Artikel yang mungkin menarik bagi Anda Manfaat minyak zaitun HPAI

Menyumbat kantung empedu

Efek samping lainnya dari penggunaan minyak zaitun secara berlebih adalah terjadi penyumbatan pada kantung empedu. Jadi sangat penting sekali bagi anda untuk mengetahui dosis yang tepat dalam mengkonsumsi minyak zaitun agar semua dampak negatif tersebut bisa diminimalisir.

Demikian tadi ulasan mengenai efek samping minyak zaitun serta manfaatnya yang luar biasa. Pastikan anda tidak berlebihan dalam menggunakan minyak zaitun karena meskipun minyak zaitun merupakan bahan yang aman, akan tetapi jika digunakan secara berlebih tentu juga akan memiliki dampak kurang baik untuk kesehatan.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →