6 Efek samping masker susu beruang untuk kulit wajah

Efek samping masker susu beruang

Efek samping masker susu beruang untuk kulit wajah serta tips untuk menghindarinya agar tidak berdampak buruk pada kulit.

Sekilas mengenai susu beruang

Susu beruang atau bear brand saat ini mulai dikenal karena dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Sebenarnya susu beruang atau bear brand ini sudah lama, karena muncul pertama kali pada tahun 1976. Susu beruang awalnya dikenalkan oleh nestle yang ditujukan untuk pasar Asia Tenggara.

Ketenaran susu beruang saat ini semakin meningkat seiring dengan banyak orang yang mencoba menggunakannya sebagai bahan perawatan kecantikan, salah satunya adalah sebagai masker wajah. 

Kegunaan susu beruang sebagai masker wajah tidak terlepas dari kualitas dari susu tersebut yang dianggap cukup baik dibandingkan jenis susu lainnya. Susu beruang dianggap memiliki 100% susu murni tanpa tambahan bahan lain seperti gula atau bahan kimia.

Inilah yang menjadikan kandungan nutrisi dalam susu beruang tetap terjaga dan bekerja maksimal. Kandungan nutrisi dalam susu beruang diantaranya adalah kalsium, zat besi, serta beberapa vitamin yang kesemuanya sangat baik untuk menunjang kecantikan kulit.

Manfaat susu beruang sangat banyak sekali untuk kecantikan kulit wajah. Meskipun memiliki banyak manfaat, ternyata efek samping susu beruang juga tidak sedikit terutama saat digunakan sebagai masker wajah. Apa saja efek samping tersebut?

Efek samping masker susu beruang

Banyak orang yang menganggap susu beruang dapat memutihkan kulit wajah sehingga para wanita ramai menggunakannya. Tapi sayangnya dibalik manfaatnya tersebut ternyata susu beruang juga memberikan efek samping berupa:

1. Menimbulkan kemerahan di wajah

Jika anda menggunakan susu beruang maka sebaiknya harus berhati-hati terutama sebagai masker wajah. Bagi anda yang tidak cocok menggunakan masker wajah dari produk susu biasanya akan timbul warna merah pada kulit akibat iritasi.

Efek samping masker susu beruang ini sebenarnya tidak menimpa semua orang karena hanya mereka yang memiliki kulit sensitif saja yang biasanya merasakan dampak tersebut. Jadi jika anda tidak mengeluhkan masalah seperti kemerahan, tidak perlu menghindari penggunaan susu beruang.

2. Membuat wajah berminyak

Satu lagi efek samping masker susu beruang yang perlu anda waspadai yaitu timbulnya minyak berlebih di wajah. Timbulnya minyak berlebih di wajah ini sebenarnya wajar karena banyak dari produk susu memang dapat meningkatkan keaktifan hormon minyak.

Jika anda tergolong sebagai orang yang memiliki minyak berlebih, sebaiknya hindari penggunaan masker susu beruang tersebut. Karena minyak yang berlebih pada wajah akan semakin parah saat menggunakan masker susu beruang.

3. Menimbulkan gatal di wajah

Jika anda tidak cocok menggunakan masker susu beruang maka sebaiknya jangan menggunakannya. Pasalnya beberapa orang yang tidak cocok menggunakan masker dari susu beruang mengeluhkan rasa gatal di wajah mereka.

Ini adalah bagian dari reaksi alergi yang terjadi. Untuk mengatasi dampak yang lebih parah sebaiknya lakukan tes terlebih dahulu pada tangan anda agar efek samping susu beruang tersebut tidak menimpa wajah.

Selain itu, jika anda merasakan gatal pada wajah akibat dari infeksi atau iritasi kulit sebaiknya hindari untuk menggaruk nya karena dapat melukai kulit wajah anda.

4. Beresiko mengalami jerawatan

Munculnya jerawat di wajah terkadang diakibatkan oleh efek yang terjadi setelah menggunakan produk susu. Munculnya jerawat di wajah ini sebenarnya hampir sama dengan efek samping masker susu dancow, karena pada dasarnya hampir semua produk susu beresiko menimbulkan jerawat.

Salah satu faktor yang menyebabkan susu beruang dapat menimbulkan jerawat adalah dikarenakan produk susu pada dasarnya dapat memicu minyak berlebih. Wajah yang berminyak sangat beresiko mengalami jerawatan akibat dari kotoran yang menempel.

Meskipun demikian, sebenarnya jika anda cocok dalam menggunakannya efek samping ini bisa dihindari. Selain itu, cobalah untuk tidak berlebihan dalam menggunakan masker susu beruang. Mengaplikasikan masker susu beruang dua atau tiga kali seminggu sudah cukup untuk mendapatkan manfaat darinya.

5. Beresiko mengalami penuaan

Memang diantara salah satu kegunaan dari produk susu adalah membantu mengenyalkan kulit wajah akibat dari kandungan proteinnya. Akan tetapi ternyata produk susu di sisi lain juga memberikan efek samping karena menimbulkan oksidasi pada sel.

Oksidasi tersebut pada gilirannya dapat meningkatkan munculnya garis halus di wajah. Jadi bagi anda yang tidak cocok, terkadang menggunakan susu beruang justru malah membuat kulit terlihat lebih tua.

6. Munculnya alergi

Alergi umumnya terjadi akibat ketidak cocokan dalam menggunakan berbagai macam produk tertentu. Salah satu produk yang sering menyebabkan alergi adalah susu, tidak terkecuali penggunaan masker susu beruang.

Salah satu alergi yang diakibatkan oleh susu beruang adalah munculnya eksim. Biasanya eksim bisa disebabkan oleh munculnya jerawat pada wajah. Eksim biasanya dapat memicu munculnya iritasi pada wajah sehingga jika anda merasakannya, cobalah untuk menghentikan penggunaan masker susu beruang.

Cara menghindari efek samping masker susu beruang

Jangan terlalu sering menggunakan masker susu beruang, karena terlalu keseringan menggunakan produk susu dapat menyebabkan munculnya minyak berlebih.

Lakukan tes ke kulit tangan terlebi dahulu. Untuk menghindari efek samping yang lebih parah sebaiknya lakukan tes patch terlebih dahulu dengan menerapkan susu beruang ke tangan. Jika anda tidak melihat ada reaksi alergi maka anda bisa menerapkannya ke kulit wajah. Ini merupakan trik paling jitu untuk menghindari munculnya efek samping tersebut.

Hindari penggunaan masker susu beruang jika anda memiliki kulit berminyak. Saat anda memiliki kulit wajah berminyak sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan produk kecantikan. Karena kulit yang relatif berminyak biasanya cukup sensitif dengan produk kecantikan tidak terkecuali susu beruang.

Demikian tadi ulasan mengenai manfaat serta efek samping masker susu beruang untuk kulit wajah anda. Sebaiknya sebelum menggunakan produk kecantikan apa mencoba untuk mencari informasi seputar produk tersebut, agar anda tidak merasakan efek samping yang lebih parah.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →