Efek samping masker spirulina

6 Efek samping masker spirulina serta tips menghindarinya

Masker wajah
Efek samping masker spirulina

Efek samping masker spirulina serta beberapa cara untuk menghindarinya agar tidak menimbulkan bahaya atau mengganggu kecantikan kulit wajah anda.

Penggunaan masker spirulina akhir-akhir ini memang cukup banyak digemari oleh para kaum wanita. Karena masker ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah diantaranya mampu menghilangkan jerawat, membersihkan kulit, hingga mengurangi komedo. Akan tetapi di balik manfaatnya tersebut ternyata masker spirulina juga memiliki efek samping yang tidak sedikit. Apalagi jika produk yang dibeli tersebut diketahui palsu tentu efek samping yang ditimbulkan juga jauh lebih banyak.

Efek samping masker spirulina

Nah bagi Anda yang berminat untuk menggunakan masker spirulina tersebut sebaiknya baca terlebih dahulu efek samping masker spirulina agar nantinya tidak salah dalam memilih produk kecantikan:

Berpotensi menyebabkan alergi

Salah satu efek samping masker spirulina yang perlu diwaspadai terutama bagi ibu hamil adalah dapat memicu alergi. Secara umum masker spirulina terbuat dari ganggang yang memiliki warna biru kehijauan di mana tanaman ini biasanya secara alami hidup di lautan.

Meskipun memiliki banyak manfaat ternyata ganggang hijau ini juga dapat menyebabkan alergi bagi orang-orang tertentu sehingga Anda harus mewaspadainya. Salah satu kelompok yang paling sering terkena alergi dari masker spirulina ini adalah ibu hamil. Untuk itu, sebaiknya bagi Anda yang sedang hamil cobalah untuk menjauhi masker spirulina terlebih dahulu.

Dapat membuat jerawat semakin buruk

Memang salah satu manfaat yang ditawarkan oleh masker spirulina adalah membantu menghilangkan jerawat. Akan tetapi terkadang saat menggunakan masker spirulina di saat jerawat sedang meradang justru akan membuatnya semakin buruk. Salah satu cara kerja masker spirulina untuk menghilangkan jerawat adalah dengan cara mendetoksifikasi kulit.

Proses ini sebenarnya sangat baik sekali untuk mengeluarkan racun dari dalam jerawat, akan tetapi salah satu efek samping yang ditimbulkannya adalah membuat jerawat semakin banyak untuk sementara waktu. Jadi mungkin anda akan merasa tidak nyaman saat menggunakannya terutama di saat jerawat sedang banyak.

Memicu rasa mual

Salah satu efek samping masker spirulina yang perlu Anda waspadai adalah baunya yang mungkin bagi sebagian orang kurang enak sehingga dapat menyebabkan rasa mual sebenarnya bau ini merupakan salah satu ciri khas dari masker spirulina tersebut akan tetapi bagi sebagian orang yang tidak mentolerir nya akan dianggap kurang sedap. Jadi jika anda merasa mual setelah menggunakan masker spirulina maka jangan kaget itu artinya Anda sedikit sensitif dengan bau tersebut.

Dapat merusak kulit wajah

Sebenarnya efek samping masker spirulina yang satu ini bisa disebabkan jika anda salah memilih produk dari masker spirulina tersebut. Jika produknya asli maka masker spirulina juga memiliki banyak manfaat. Akan tetapi setidaknya Anda harus mengetahui bahwa masker spirulina sebenarnya memiliki beberapa efek samping dan juga manfaat yang mungkin bisa anda jadikan pertimbangan khusus. Selain itu, pastikan anda juga membeli produk yang asli di tempat yang sudah memiliki rating bagus sehingga anda tidak khawatir barang yang dibeli tersebut merupakan barang palsu.

Membuat kulit teriritasi

Jika anda tergolong sebagai orang yang memiliki kulit sensitif sebaiknya berhati-hatilah saat memilih produk kecantikan. Karena produk kecantikan yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok di kulit wajah anda, salah satunya adalah masker spirulina itu sendiri. Masker spirulina saat digunakan pada kulit sensitif maka akan dapat memicu iritasi sehingga membuatnya lebih rentan mengalami permasalahan kulit lain seperti munculnya garis halus dan lainnya.

Menyebabkan rasa gatal di wajah

Bagi Anda yang mungkin baru pertama kali menggunakan masker spirulina mungkin akan merasakan sensasi yang sedikit gatal. Hal ini sebenarnya wajar karena itu artinya kulit wajah anda sedang beradaptasi dengan masker spirulina yang Anda gunakan. Meskipun hal ini wajar tetapi anda juga harus waspada karena siapa tahu masker yang Anda pilih ternyata merupakan produk palsu. Karena sudah banyak beredar masker spirulina palsu yang tentunya akan memiliki efek samping jauh lebih berbahaya.

Tips menghindari efek samping masker spirulina

Jika anda memutuskan untuk menggunakan masker spirulina sebagai bahan perawatan kecantikan ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan untuk menghindari efek samping yang dapat ditimbulkan. Beberapa tips berikut diantaranya adalah:

Pastikan anda membeli produk yang asli

Ini merupakan salah satu tips yang paling penting karena jika anda salah dalam membeli produk dari masker spirulina, bukan manfaat yang akan Anda dapat melainkan bahaya yang justru dapat merusak kecantikan kulit wajah anda. Produk yang asli bisa anda dapatkan di agen agen resmi dari masker spirulina tersebut.

Selain itu, Anda sebaiknya juga jeli dalam memperhatikan kemasan atau label dari masker spirulina yang anda pilih. Saran tambahan, sebaiknya nya cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai perbedaan antara masker spirulina asli dan palsu sehingga anda lebih mudah dalam membedakannya.

Jangan menggunakan masker spirulina terlalu sering

Meskipun masker spirulina memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah anda akan tetapi terlalu sering menggunakannya juga dapat memberikan efek yang kurang baik untuk kulit wajah. Jadi sebaiknya jangan menggunakan masker spirulina setiap hari cukup gunakan setidaknya satu atau dua kali dalam seminggu saja.

Hindari penggunaan masker spirulina saat jerawat sedang meradang

Meskipun salah satu manfaat masker spirulina untuk kulit wajah adalah membantu menghilangkan jerawat. Akan tetapi seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa menggunakan masker spirulina di saat jerawat sedang meradang justru akan memberikan dampak kurang baik. Jadi sebaiknya tunggu saat jerawat sudah mulai mengempis Atau paling tidak bukan pada waktu banyak-banyaknya.

Kenali jenis kulit anda

Jika anda tergolong memiliki kulit sensitif sebaiknya jangan menggunakan masker spirulina apalagi terlalu sering. Hal ini dikarenakan kulit sensitif seharusnya membutuhkan bahan yang juga ramah. Selain itu, ada baiknya anda juga berkonsultasi dengan dokter kulit untuk memastikan Apakah masker spirulina tersebut cocok untuk jenis kulit anda atau tidak. Karena penggunaan jangka panjang justru dapat berefek kurang baik jika kulit anda tergolong sebagai kulit sensitive.

Hentikan penggunaan masker spirulina

Menghentikan penggunaan masker spirulina bisa dilakukan jika efek samping yang ditimbulkan terlalu berbahaya untuk kulit wajah anda. Misalnya ada sensasi seperti terbakar, kulit menjadi semakin sensitive, atau timbul ruam di wajah. Proses penghentian ini bertujuan untuk menghindari bahaya yang lebih banyak dari penggunaan masker spirulina tersebut. Selain itu pastikan anda juga mengecek Apakah barang yang Anda beli benar-benar asli atau tidak.

Baca juga: Efek samping masker kopi untuk kulit wajah yang perlu diketahui

Nah demikian tadi beberapa efek samping masker spirulina dan tips untuk menghindarinya yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin menggunakan masker spirulina.