8 Efek samping masker putih telur untuk wajah serta tips menghindarinya

Masker wajah
Efek samping masker putih telur

Efek samping masker putih telur untuk wajah serta tips untuk menghindarinya agar dampak yang ditimbulkan tidak mengganggu kecantikan wajah anda.

Bagi anda para wanita pasti pernah mendengar mengenai penggunaan putih telur sebagai masker wajah. Ya putih telur memang cukup digemari banyak wanita sebagai bahan perawatan kecantikan karena diyakini memiliki banyak manfaat. Memang benar putih telur memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit utamanya saat digunakan sebagai masker wajah.

Manfaat masker putih telur

Beberapa manfaat penggunaan masker putih telur ke kulit wajah diantaranya:

Membantu meningkatkan elastisitas kulit

Penggunaan masker putih telur secara teratur dan tidak berlebihan tentu memiliki banyak manfaat diantaranya adalah membantu meningkatkan elastisitas kulit. Elastisitas kulit yang terjaga dapat membuatnya tampak lebih muda secara alami. Penggunaan masker putih telur selain murah juga relatif lebih aman selama anda tidak memiliki alergi terhadap nya.

Mengurangi kelebihan minyak di wajah

Salah satu diantara manfaat masker putih telur untuk wajah adalah membantu menyerap kelebihan minyak yang biasanya dapat menyebabkan jerawat. Ini sangat penting sekali karena minyak berlebih akan menyerap kotoran sehingga membuatnya menempel dan menyebabkan wajah menjadi kusam serta berjerawat.

Mencegah munculnya keriput

Proses penuaan bisa terjadi saat seseorang memasuki usia diatas 40 tahun. Meskipun tidak bisa dihindari tetapi anda bisa mencegahnya dengan menerapkan masker putih telur secara rutin. Masker putih telur diketahui dapat meningkatkan elastisitas kulit sekaligus mengurangi kerutan dan garis halus di wajah yang menjadi tanda-tanda penuaan.

Efek samping masker putih telur

Akan tetapi meskipun memiliki banyak manfaat bukan berarti penggunaan masker putih telur tanpa efek samping. Berikut beberapa dampak negatif atau efek samping masker putih telur jika digunakan terlalu sering.

Berpotensi menyebabkan alergi

Nah bagi Anda yang memiliki alergi terutama pada putih telur sebaiknya berhati-hati saat menggunakannya sebagai masker wajah. Menggunakan masker putih telur ini ternyata bagi sebagian orang dapat menyebabkan beberapa masalah seperti timbulnya rasa gatal atau ruam di area sekitar wajah.

Meskipun demikian, sebenarnya anda tidak usah terlalu khawatir jika tidak memiliki alergi terhadap penggunaan putih telur. Jadi masker putih telur aman-aman saja selama anda tidak alergi terhadapnya.

Berpotensi menyebabkan Iritasi kulit

Salah satu efek samping masker putih telur yang perlu Anda waspadai adalah munculnya beberapa gejala yang menjadi indikasi bahwa kulit anda sedang teriritasi. Meskipun gejala ini terlihat biasa saja akan tetapi jika diabaikan tentunya bisa membuat kulit wajah terasa tidak nyaman dan mungkin juga akan mengganggu penampilan. Beberapa ciri-ciri kulit anda teriritasi oleh putih telur di antaranya adalah munculnya gatal, kemerahan, atau ruam di area sekitar wajah. Jika hal ini Anda rasakan maka sebaiknya hentikan penggunaan masker putih telur tersebut.

Adanya bakteri salmonella

Di dalam telur mentah biasanya terdapat sebuah bakteri yang disebut salmonella di mana bakteri ini dapat menyebabkan munculnya beberapa gejala yang tidak nyaman seperti muntah, kembung atau diare. Meskipun efek samping masker putih telur ini hanya bisa dirasakan saat dikonsumsi, akan tetapi tidak menutup kemungkinan saat anda menggunakannya sebagai masker wajah maka sedikit dari putih telur akan tertelan secara tidak sengaja. Untuk itu sebaiknya Anda harus berhati-hati saat menerapkan masker putih telur ke kulit wajah anda.

Meningkatkan resiko infeksi

Putih telur memang mengandung beberapa bakteri saat masih mentah. Hal ini perlu anda perhatikan terutama saat Anda menerapkannya pada kulit yang sedang terluka. Misalnya saat jerawat mulai meradang atau ada luka sedikit di kulit wajah anda. Jika hal ini terjadi maka sebaiknya hentikan penggunaan masker putih telur karena dikhawatirkan dapat menginfeksi kulit.

Menyebabkan bau amis

Pastinya anda tahu jika putih telur memang memiliki aroma yang tidak sedap, khususnya jika diterapkan di kulit wajah. Untuk itu sebaiknya anda menggunakan semacam krim untuk menghilangkan bau dari putih telur tersebut. Selain itu, ada baiknya Anda juga membersihkan sisa putih telur dari kulit wajah anda hingga benar-benar bersih menggunakan air hangat. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap dari putih telur tersebut.

Munculnya gejala intoleransi terhadap putih telur

Gejala intoleransi ini sebenarnya hampir mirip dengan alergi meskipun efek yang di rasakan hanya bisa terjadi jika putih telur tersebut tertelan. Jadi sebenarnya efek samping ini bisa dihindari selama anda berhati-hati dalam menerapkan putih telur ke kulit wajah anda. Jadi Intinya jangan sampai tertelan.

Dapat menyumbat pori-pori kulit wajah

Salah satu bahaya penggunaan masker putih telur adalah berpotensi menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit. Penyumbatan ini bisa terjadi karena putih telur memiliki tekstur yang kental.

Jadi pastikan setelah menggunakan masker putih telur Anda membersihkannya dengan teliti dan cermat supaya sisa dari putih telur tersebut tidak menyumbat pori-pori kulit wajah. Perlu Anda ketahui jika penyumbatan pori-pori kulit dapat menyebabkan munculnya berbagai macam masalah terutama jerawat dan komedo.

Menyebabkan bruntusan

Pada umumnya di dalam putih telur terdapat vitamin A, di mana nutrisi ini mampu meningkatkan sensitifitas kulit sekaligus merangsang terjadinya Breakout atau beruntusan. Meskipun demikian, biasanya efek samping putih telur ini tidak dirasakan oleh semua orang hanya orang-orang tertentu saja.

Cara menghindari efek samping masker putih telur

Bersihkan sisa putih telur dari wajah anda hingga benar-benar tuntas. Salah satu hal yang wajib Anda lakukan saat setelah menggunakan putih telur adalah membersihkan wajah hingga benar-benar bersih total. Hal ini dikarenakan sisa putih telur selain dapat meninggalkan bau amis juga bisa menyumbat pori-pori kulit yang tentunya dapat mengganggu kesehatan kulit wajah anda.

Lakukan tespatch terlebih dahulu ke kulit wajah anda. Sangat penting sekali untuk melakukan tes Apakah kulit anda alergi dengan putih telur atau tidak. Tes ini dilakukan sebaiknya pada tangan atau bagian kulit lainnya yang tidak terlalu sensitive. Jika tidak ada reaksi yang berarti maka anda bisa menggunakannya ke kulit wajah anda.

Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan masker putih telur. Meskipun manfaat putih telur untuk kecantikan kulit wajah sangat banyak sekali Akan tetapi jika terlalu sering tentunya juga tidak baik. Jadi sebaiknya gunakan putih telur tidak lebih dari 2 kali dalam seminggu agar efek samping yang mungkin ditimbulkan tidak begitu mengganggu.

Demikian tadi beberapa informasi mengenai efek samping masker putih telur untuk kulit wajah anda yang mungkin belum Anda ketahui.