Efek samping masker kunyit

Efek samping masker kunyit untuk kulit wajah dan tips menghindarinya

Masker wajah

Efek samping masker kunyit untuk kulit wajah dan tips untuk menghindarinya agar dampak negatif yang ditimbulkan tidak terlalu mengganggu kecantikan kulit wajah anda.

Kunyit merupakan salah satu bahan masker wajah yang cukup populer saat ini. Kepopuleran kunyit tidak terlepas dari manfaatnya yang cukup banyak bukan hanya untuk kesehatan tetapi juga kecantikan wajah.

Manfaat masker kunyit untuk wajah

Beberapa manfaat masker kunyit untuk kulut wajah diantaranya:

  • Masker kunyit dapat membantu meredakan peradangan pada kulit wajah karena efek kurkumin yang dimilikinya;
  • Kunyit memiliki sifat antibakteri sehingga sangat baik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah anda;
  • Efek anti peradangan pada kunyit dapat membantu mengurangi jerawat terutama saat jerawat mengalami peradangan;
  • Kunyit membantu mengurangi hiperpigmentasi yang merupakan masalah pada kulit yang ditandai dengan tidak meratanya bagian kulit tertentu dengan bagian lainnya;
  • Membantu meningkatkan kecerahan kulit karena kunyit diketahui memiliki efek glowing saat digunakan secara rutin;
  • Masker kunyit membantu mencegah penuaan dengan cara mengurangi garis-garis halus dan keriput yang biasanya muncul pada usia diatas 40 tahun.

Efek samping masker kunyit untuk kulit

Efek samping masker kunyit
image: pixabay.com

Akan tetapi di balik manfaat kunyit untuk wajah tersebut ternyata penggunaan kunyit juga memiliki efek samping. Berikut kami rangkum mengenai beberapa efek samping masker kunyit yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakanny:

Efek kurang nyaman pada kulit

Penggunaan masker kunyit sebenarnya sangat baik sekali karena kunyit mengandung antiseptic. Akan tetapi antiseptik ini terkadang dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman ke kulit wajah anda. Meskipun secara umum efek samping masker kunyit yang satu ini tidak begitu berbahaya akan tetapi perlu Anda ketahui agar tidak kaget saat pertama kali menggunakannya.

Sulit menghilangkan warna kunyit pada kulit wajah

Saat pertama kali menggunakan masker kunyit efek samping Yang Pertama kali Anda rasakan adalah sulitnya untuk menghilangkan warna oranye dari kunyit tersebut. Ya Meskipun ini tidak berbahaya akan tetapi cukup mengganggu. Meskipun demikian anda bisa membersihkannya menggunakan sabun khusus untuk wajah dengan prosedur yang benar. Sebenarnya tanpa dibersihkan pun lama kelamaan saat anda gunakan berwudu warna kunyit juga akan hilang sendiri. Akan tetapi mungkin membutuhkan waktu yang pastinya Anda tidak akan nyaman dengan warna yang ditimbulkan.

Membuat kulit menjadi sedikit kering

Salah satu manfaat masker kunyit untuk kecantikan kulit wajah adalah membantu menyerap kelebihan minyak. Disisi lain hal ini merupakan efek yang positif akan tetapi di samping manfaatnya tersebut menghilangkan minyak berarti kulit anda menjadi sedikit lebih kering. Untuk itu sebaiknya setelah menerapkan masker kunyit untuk wajah, anda menggunakan pelembab untuk mencegah kulit menjadi lebih kering.

Timbulnya rasa gatal di wajah

Satu lagi efek samping masker kunyit yang membuat tidak nyaman yaitu munculnya rasa gatal di wajah anda. Sebenarnya hal ini tidak begitu berbahaya Akan tetapi lagi-lagi rasa kurang nyaman akan Anda rasakan saat menggunakan masker kunyit terutama jika anda memiliki kulit yang sensitive. Jika rasa gatal yang ditimbulkan terlalu mengganggu dan terasa tidak nyaman sebaiknya Anda hentikan penggunaan masker kunyit tersebut. Karena dikhawatirkan kulit anda tidak cocok menggunakan kunyit sebagai bahan perawatan kecantikan.

Anda memiliki kulit sensitive? Sebaiknya hindari kunyit. Kunyit memang berefek kurang baik terutama bagi mereka yang memiliki kulit super sensitive. Salah satu kemampuan yang dimiliki kunyit adalah mengelupaskan kulit atau yang dikenal dengan eksfoliasi. Sebenarnya proses ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru yang lebih sehat. Akan tetapi di sisi lain hal ini justru akan membuat kulit sensitive menjadi lebih buruk. Intinya masker kunyit tidak cocok untuk kulit sensitive.

Menyebabkan alergi

Beberapa orang dikabarkan alergi dengan bahan seperti kunyit. Jika anda termasuk orang tersebut maka sebaiknya jangan menggunakan masker kunyit sebagai bahan perawatan kecantikan. Hal ini dikarenakan penggunaan masker kunyit dapat menyebabkan bintik-bintik merah pada mereka yang memiliki alergi terhadap tanaman seperti kunyit. Untuk itu sebaiknya cari tahu terlebih dahulu Apakah kulit anda tergolong alergi atau tidak terhadap masker kunyit sebelum menerapkannya ke kulit wajah.

Tips menghindari efek samping masker kunyit

  • Ketahui jenis kulit anda terlebih dahulu. Sebelum menerapkan masker kunyit ke kulit wajah sebaiknya ketahui Apakah kulit anda memiliki alergi atau sensitif terhadap tanaman seperti kunyit. Hal ini akan membantu Anda mengurangi tingkat efek samping yang ditimbulkannya.
  • Jangan terlalu sering menggunakan masker kunyit. Menggunakan masker kunyit sebenarnya boleh dilakukan secara teratur akan tetapi juga jangan terlalu sering. Usahakan Anda menggunakannya tidak lebih dari 2 kali dalam seminggu. Hal ini ini perlu diperhatikan untuk mencegah berbagai macam efek samping yang bisa ditimbulkan oleh masker kunyit tersebut.
  • Gunakan pelembab setelah menggunakan masker kunyit. Seperti yang sudah kita ketahui di atas bahwa salah satu dampak negatif penggunaan masker kunyit adalah membuat kulit menjadi semakin kering. HAl ini bisa anda hindari dengan cara menggunakan pelembab sesaat setelah menggunakan masker kunyit.

Baca juga: 9 Efek samping kunyit putih dan orange untuk kesehatan

Nah demikian tadi beberapa informasi mengenai efek samping masker kunyit untuk kecantikan kulit wajah anda. Jangan sampai kunyit yang seharusnya memberikan banyak manfaat justru memberikan efek yang kurang baik untuk kesehatan kulit hanya karena anda tidak mengetahui mengenai dampak tersebut.