Efek samping masker kentang

4 Efek samping masker kentang untuk wajah serta tips menghindarinya

Masker wajah
Efek samping masker kentang
image: wikimedia.org

Efek samping masker kentang untuk kecantikan kulit wajah yang perlu anda ketahui serta tips untuk menghindarinya agar tidak mengganggu penampilan anda.

Efek samping masker kentang untuk wajah

Kentang secara umum memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Meskipun memiliki banyak manfaat, ternyata kentang juga memiliki efek samping yang perlu anda perhatikan terutama jika anda merupakan pemilik kulit sensitif. Berikut beberapa efek samping masker kentang untuk kulit wajah yang perlu Anda waspadai:

Membuat kulit menjadi kusam

Bagi Anda yang mengidamkan memiliki kulit bersih dan putih secara alami mungkin akan mendapatkan banyak manfaat dari penggunaan masker kentang akan tetapi terkadang penggunaan masker kentang ini justru memberikan efek yang sebaliknya. Meskipun efek samping masker kentang yang satu ini hanya dirasakan oleh beberapa jenis kulit tertentu saja akan tetapi anda juga patut waspada agar tidak merusak penampilan.

Kulit mengalami kemerahan

Kemerahan pada kulit biasanya disebabkan karena adanya iritasi di mana masker kentang ternyata bisa menyebabkan iritasi tersebut. Meskipun demikian, efek samping ini hanya dirasakan oleh mereka yang memiliki kulit sensitif dan mudah teriritasi bahkan dengan bahan alami sekalipun. Jadi untuk mereka yang memiliki kulit normal biasanya tidak akan terkena efek samping tersebut. 

Kulit terasa sedikit gatal

Salah satu ciri-ciri jika kulit anda tidak cocok dengan masker kentang adalah timbulnya rasa gatal pada permukaan wajah. Seperti yang anda tahu bahwa kulit wajah memang cukup sensitif terutama dengan bahan yang baru, karena permukaan kulit wajah secara umum lebih tipis dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Jika anda mengalami gejala ini sebaiknya untuk menghentikan penggunaan masker kentang dan beralih ke bahan alami lainnya yang dirasa lebih cocok dengan karakteristik kulit wajah anda.

Menyumbat pori-pori kulit wajah

Bagi Anda yang sedang menggunakan bahan alami sebagai perawatan kecantikan sebaiknya berhati-hati terutama saat membersihkannya. Hal ini dikarenakan sisa masker yang masih menempel di kulit wajah dapat menyebabkan kulit tersumbat sehingga mengakibatkan masalah jerawat. Hal ini pula juga terjadi jika Anda menggunakan masker dari kentang. Karena kentang merupakan bahan yang cukup padat sehingga sangat rentan untuk menyumbat pori-pori kulit jika anda tidak membersihkannya secara tuntas.

Cara mencegah efek samping masker kentang

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menghindari efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan masker kentang adalah membatasi penggunaannya. Bagi Anda yang senang menggunakan bahan alami secara umum aman akan tetapi sebaiknya jangan terlalu sering. Jadi sebaiknya jangan menggunakan masker kentang lebih dari 2 kali dalam seminggu karena dikhawatirkan justru akan menyebabkan munculnya beberapa masalah pada kulit.

Bersihkan kulit wajah anda hingga benar-benar tuntas. Proses pembersihan wajah setelah menggunakan masker sangat penting sekali agar sisa dari masker kentang tidak menyumbat pori-pori kulit sehingga menyebabkan masalah baru. Proses pembersihan ini harus dilakukan secara teliti dan menyeluruh sehingga pada bagian yang sulit biasanya di antara sela sela hidung. 

Baca juga: 12 Manfaat masker kentang untuk kulit wajah dan kecantikan lainnya

Melakukan tespatch terlebih dahulu. Bagi Anda yang sedang mencoba menggunakan masker yang tergolong baru untuk kulit wajah anda sebaiknya melakukan tes terlebih dahulu dengan cara mengoleskan nya sedikit di bagian tangan. Tes ini dimaksudkan agar jika terjadi masalah pada kulit maka wajah anda tidak rusak. Terkhusus bagi mereka yang biasanya memiliki alergi atau kulit yang super sensitif sehingga memiliki intoleransi bahkan terhadap bahan alami.

Demikian tadi beberapa informasi mengenai efek samping masker kentang yang perlu Anda tahu. Info ini sangat penting sekali terutama bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan kentang sebagai bahan perawatan wajah.