efek samping masker jeruk

7 efek samping masker jeruk nipis untuk wajah, dan tips menghindarinya

Masker wajah
efek samping masker jeruk
image: pixabay.com

Efek samping masker jeruk nipis untuk kulit wajah yang mungkin masih belum anda ketahui serta beberapa tips untuk menghindarinya.

Jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang sering sekali digunakan untuk masker wajah. Hal ini dikarenakan jeruk nipis memiliki banyak manfaat salah satu diantaranya adalah mencerahkan dan memutihkan kulit. Akan tetapi di balik manfaatnya yang banyak untuk kulit wajah ternyata jeruk nipis memiliki efek samping yang ternyata tidak sedikit. Berikut beberapa efek samping masker jeruk nipis yang perlu Anda ketahui:

Efek samping masker jeruk nipis

1. Membuat kulit wajah menjadi kemerahan

Salah satu efek negatif atau dampak yang ditimbulkan saat pertama kali menggunakan jeruk nipis untuk wajah adalah kulit anda akan mengalami kemerahan. Hal ini tentunya akan semakin diperparah Jika anda memiliki kulit sensitive. Kemerahan yang ditimbulkan terkadang membuat tidak nyaman sehingga jika anda mengalaminya sebaiknya hentikan penggunaan jeruk nipis sebagai masker wajah.

2. Terasa perih

Penggunaan jeruk nipis terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif akan memberikan efek samping yang cukup mengganggu. Salah satunya adalah timbulnya rasa perih di kulit wajah. Efek samping masker jeruk nipis ini sebenarnya bisa dicegah jika anda ada tidak terlalu banyak dan sering menggunakan masker jeruk nipis tersebut.

3. Membuat wajah semakin kering

Penggunaan masker jeruk nipis terutama jika berlebihan tentunya akan berdampak kurang baik untuk kesehatan kulit anda. Salah satunya adalah membuat kulit menjadi semakin kering. Nah bagi Anda yang memiliki kulit sensitif terutama jika mudah kering maka sebaiknya kurangi penggunaan masker jeruk nipis.

Meskipun demikian tentunya ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah efek samping masker jeruk nipis tersebut. Salah satunya adalah menggunakan pelembab setelah selesai menggunakan masker jeruk nipis.

4. Timbulnya gatal-gatal pada kulit wajah

Salah satu efek samping masker jeruk nipis yang tidak kalah mengganggu adalah timbulnya gatal-gatal pada area kulit wajah setelah menggunakannya. Ini tentunya berlaku hanya untuk beberapa tipe kulit saja akan tetapi bagi Anda yang memiliki kulit tidak sensitif biasanya dampak ini tidak akan begitu terasa.

Meskipun demikian, sebaiknya anda melakukan tes patch terlebih dahulu sebelum menggunakan masker jeruk nipis pada kulit wajah anda. Tujuannya adalah untuk melihat apakah ada reaksi gatal-gatal pada kulit saat menerapkannya pada tangan.

5. Terjadi pengelupasan pada kulit

Salah satu manfaat masker jeruk nipis untuk wajah adalah membuatnya menjadi lebih cerah dan putih secara alami. Akan tetapi terkadang ini juga diikuti dengan efek samping yang tidak sedikit, di antaranya adalah mengelupaskan kulit wajah anda. Proses pengelupasan ini selain membuat kulit wajah menjadi lebih putih juga berdampak kurang baik untuk kesehatan kulit secara keseluruhan. Kulit yang mengalami pengelupasan biasanya akan terasa perih dan kurang nyaman. Bahkan bisa jadi membuatnya semakin sensitif saat terkena sinar matahari secara langsung.

6. Kulit wajah terasa seperti terbakar

Menggunakan masker jeruk nipis terutama dalam jangka waktu yang lama maka akan membuat kulit menjadi panas hal ini terjadi karena jeruk nipis pada dasarnya mengandung asam. Jadi untuk menghindari efek samping penggunaan masker jeruk nipis ini sebaiknya jangan terlalu lama menerapkan jeruk nipis ke kulit wajah anda. Cukup maksimal 15 menit saja setelah itu Anda harus membilasnya dengan air dingin sampai bersih.

7. Lebih rentan terkena flek hitam di wajah

Hal ini terdengar sedikit bertentangan karena salah satu manfaat dari masker jeruk nipis adalah membantu menghilangkan flek hitam di wajah. Akan tetapi hal ini bisa terjadi karena seperti yang sudah kita bahas tadi bahwa penggunaan jeruk nipis ternyata dapat mengakibatkan pengelupasan pada kulit.

Saat kulit anda terkelupas maka akan membuatnya semakin sensitif saat terkena sinar matahari. Hal ini pada gilirannya akan membuat kulit wajah semakin rentan mengalami flek hitam akibat terbakar sinar UV. Anda bisa meminimalisir efek samping masker jeruk nipis ini dengan cara menghindari kontak langsung antara kulit wajah dengan sinar matahari sesaat setelah menggunakan jeruk nipis untuk kulit wajah.

Tips menghindari efek samping masker jeruk nipis

Meskipun memiliki banyak dampak negatif untuk kulit wajah akan tetapi diakui atau tidak penggunaan masker jeruk nipis juga memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah membantu mencerahkan kulit secara alami dan menyamarkan noda hitam di wajah.

Akan tetapi saat melihat informasi di atas tentunya Anda harus berhati-hati dalam menggunakan masker jeruk nipis tersebut. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mencegah atau mengurangi dampak negatif penggunaan masker jeruk nipis untuk wajah:

  1. Tips pertama adalah pastikan anda mengetahui apakah kulit anda termasuk sensitif atau tidak. Jika anda memiliki kulit sensitif sebaiknya hindari penggunaan masker jeruk nipis agar tidak berdampak buruk untuk kesehatannya;
  2. Jangan terlalu sering menggunakan masker jeruk nipis. Penggunaan masker jeruk nipis secara berlebihan bukan membuat kulit anda semakin sehat dan cantik akan tetapi justru berdampak kurang baik. Untuk itu sebaiknya gunakan masker jeruk nipis tidak lebih dari 1 minggu sekali;
  3. Jangan terlalu lama dalam menerapkan masker jeruk nipis ke kulit wajah anda. Pastikan anda tidak menerapkan masker jeruk nipis terlalu lama karena akan membuat kulit anda ada terasa lebih kering. Jadi sebaiknya jangan menggunakan masker jeruk nipis lebih dari 15 menit di kulit wajah anda.
  4. Gunakan pelembab alami saat selesai menggunakan masker jeruk nipis. Penggunaan pelembab setelah selesai menerapkan jeruk nipis pada kulit wajah akan membantu mengurangi dampak negatif masker jeruk nipis tersebut. Hal ini wajib terutama bagi mereka yang sering mengalami kekeringan pada kulit wajah mereka.

Jika setelah menerapkan beberapa tips di atas akan tetapi kulit wajah anda masih terkena dampak negatif penggunaan masker jeruk nipis tersebut, sebaiknya hentikan penggunaannya. Hal ini mungkin terjadi karena kulit anda tergolong sensitif terutama dengan bahan-bahan yang memiliki sifat asam tinggi seperti halnya jeruk nipis.

Baca juga: Cara membuat masker jeruk nipis serta manfaatnya untuk kulit wajah

Nah demikian tadi informasi mengenai efek samping masker jeruk nipis untuk kulit wajah. Semoga info di atas dapat membantu anda menimbang Apakah Anda harus menggunakan jeruk nipis sebagai bahan perawatan kecantikan kulit.