7 Efek samping masker gelatin untuk kulit wajah dan rambut

Masker wajah
Efek samping masker gelatin

Efek samping masker gelatin untuk kulit wajah dan rambut serta tips menghindarinya agar tidak berdampak buruk untuk wajah dan rambut anda.

Gelatin merupakan salah satu bahan yang baru-baru ini cukup sering digunakan untuk bahan perawatan kecantikan. Lantas apakah anda tahu apa sebenarnya gelatin?. Gelatin sebenarnya merupakan sebuah protein atau collagen yang biasanya terbuat dari tulang atau protein hewan.

Kolagen sendiri adalah struktur protein yang membuat kulit dan juga tulang rawan pada berbagai jenis makhluk hidup termasuk hewan. Gelatin memang biasanya diambil dari hewan yang dibuat khusus untuk berbagai macam olahan termasuk makanan dan juga bahan perawatan kecantikan. Karena merupakan bahan dasar dari kulit diharapkan menggunakan gelatin dapat membantu mengencangkan kulit wajah dan juga meningkatkan elastisitasnya.

Manfaat masker gelatin untuk wajah sebenarnya cukup banyak diantaranya adalah membantu membuat kulit menjadi awet muda, meningkatkan elastisitasnya, dan juga membersihkannya secara alami. Selain memiliki banyak manfaat, akan tetapi ternyata penggunaan gelatin juga memiliki beberapa efek samping yang sebenarnya tidak begitu membahayakan selama digunakan dengan benar.

Efek samping masker gelatin untuk wajah

Berikut beberapa efek samping penggunaan masker gelatin untuk wajah dan rambut yang perlu Andai ketahui:

Sulit dihilangkan dari wajah

Efek samping masker gelatin untuk rambut dan wajah yang pertama adalah sulitnya mengangkat masker ini saat diterapkan ke wajah. Karena gelatin merupakan bahan yang menyerupai gel terkadang saat dilepas sedikit sulit dan menempel kuat di kulit wajah. Meskipun hal ini tidak berbahaya akan tetapi tentunya cukup mengganggu.

Membuat kulit menjadi kemerahan

Karena sulitnya proses pengangkatan masker gelatin tersebut terkadang membuat kulit wajah justru mengalami kemerahan karena iritasi. Jadi sebaiknya Anda harus berhati-hati saat melepas masker gelatin pada wajah atau rambut Anda sehingga tidak melukai kulit. 

Mengelupaskan kulit wajah

Proses pengelupasan kulit wajah ini terkadang memiliki banyak manfaat seperti membantu mengangkat sel kulit mati di wajah, akan tetapi jika proses tersebut dilakukan terlalu sering maka justru akan membuat kulit mudah teriritasi. Jadi sebaiknya anda jangan terlalu sering menggunakan masker gelatin untuk kulit wajah anda. Usahakan menggunakan masker gelatin tidak lebih dari 1 kali dalam seminggu agar efek pengelupasan tidak berdampak negatif bagi kesehatan kulit. 

Menyumbat pori-pori kulit wajah

Jika anda tidak teliti dalam membersihkan masker gelatin dari kulit wajah atau rambut maka akan berdampak buruk bagi kesehatannya. Diantaranya adalah sisa gelatin akan menyumbat pori-pori kulit sehingga dapat menyebabkan berbagai macam masalah. Penyumbatan pori-pori kulit wajah dapat menyebabkan jerawat dan juga komedo yang tentunya tidak Anda inginkan. Meskipun demikia, efek samping masker gelatin untuk wajah dan rambut ini tentu bisa dihindari jika anda bisa membersihkannya dengan sempurna.

Membuat kulit semakin sensitif

Lagi-lagi bahaya masker gelatin untuk rambut dan wajah didapat dari sulitnya proses pengangkatan. Proses pengangkatan yang sulit tersebut terkadang membuat kulit terkelupas sehingga membuatnya lebih rentan atau sensitif terhadap sinar matahari. Kulit yang terkelupas terutama jika terlalu dalam akan membuatnya lebih mudah mengalami flek hitam saat terkena sinar matahari secara berlebih. Jadi pastikan anda berhati-hati dalam menggunakan masker gelatin untuk wajah atau rambut Anda.

Efek samping masker gelatin untuk rambut

Selain digunakan untuk kulit wajah, gelatin juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kecantikan rambut. Selain manfaat masker gelatin untuk rambut yang banyak tetapi juga memiliki efek samping juga. Berikut diantaranya:

Iritasi pada kulit kepala

Efek samping masker gelatin untuk rambut yang pertama adalah dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Jika anda terlalu sering menggunakan masker gelatin untuk rambut maka akan memberikan dampak yang kurang baik untuk kesehatan kulit kepala. Hal ini dikarenakan masker gelatin sangat menempel kuat sekali di kulit kepala sehingga saat proses pengelupasan maka terkadang gelatin akan mengiritasi kulit kepala anda. Jadi ada baiknya untuk tidak terlalu sering menggunakan masker berbahan gelatin tersebut.

Membuat rambut tampak lebih keras

Setelah menggunakan masker gelatin salah satu efek yang Anda rasakan adalah rambut menjadi lebih keras. Saat masker gelatin digunakan ke kulit wajah maka dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, akan tetapi jika bahan ini digunakan ke rambut malah justru membuatnya menjadi semakin keras dan kaku. Sebenarnya Anda bisa mencegah hal ini dengan cara menerapkan masker gelatin tidak terlalu berlebihan. Karena di samping efek samping yang ditimbulkan masker gelatin juga menyimpan banyak manfaat.

Nah demikian tadi beberapa ulasan mengenai efek samping penggunaan masker gelatin untuk wajah dan rambut Anda. Semoga informasi di atas bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang sedang ingin mencari masker alami untuk wajah dan rambut.