Efek samping masker air beras untuk kulit wajah serta manfaatnya

Efek samping masker air beras

Efek samping masker air beras dan manfaatnya untuk kesehatan kulit wajah yang perlu anda ketahui sebelum menggunakannya. Penggunaan masker alami merupakan salah satu alternatif yang bisa dicoba untuk mendapatkan kulit cantik. Menggunakan masker alami selain murah diketahui juga memiliki efek samping yang lebih sedikit. 

Salah satu masker wajah yang bisa digunakan adalah menggunakan air beras. Meskipun masker beras memiliki banyak manfaat akan tetapi di sisi lain juga ada efek samping yang tidak sedikit. Hal ini sebenarnya lebih disebabkan karena beras yang saat ini kita gunakan sudah tercampur oleh banyak bahan kimia. Meskipun demikian sebenarnya atau tidak perlu terlalu khawatir karena efek samping masker air beras ini sebenarnya bisa diminimalisir.

Pada dasarnya air beras bisa digunakan sebagai masker dengan ditambahkan beberapa bahan alami. Salah satu bahan alami yang sering digunakan adalah minyak zaitun dan madu. 

Madu dan minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga saat dicampur dengan masker beras maka akan menghasilkan banyak manfaat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya biarkan masker wajah dari bahan air beras ini menempel di wajah anda setidaknya 20-30 menit. 

Untuk menghindari efek samping masker beras sebaiknya pilihlah beras organik yang terbebas dari bahan kimia. 

Efek samping masker beras

Menyumbat pori-pori kulit

Efek samping masker beras yang pertama adalah menyumbat pori-pori kulit wajah. Hali ini bisa terjadi jika anda tidak bersih dalam menghilangkan sisa beras di kulit wajah anda setelah menerapkan masker wajah ini. 

Untuk itu menuntaskan proses pembersihan wajah sangat penting sekali setelah menggunakan masker air beras. Anda bisa menggunakan air hangat atau air dingin untuk menghilangkan sisa masker yang terdapat di kulit wajah anda.

Menghilangkan minyak alami kulit

Sebenarnya efek samping masker air beras yang satu ini bisa anda minimalisir selama tidak menggunakannya secara berlebihan. Perlu anda ketahui walau bagaimanapun juga penggunaan masker alami terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan kulit anda.

Jadi sebaiknya anda harus menggunakan masker air beras ini tidak lebih dari 1 kali sehari. 

Dapat menyebabkan kulit menjadi sensitif

Salah satu efek samping masker air beras jika di gunakan terlalu sering adalah membuat kulit menjadi semakin sensitif. Hal ini dikarenakan penggunaan air beras secara berlebih dapat mengikis permukaan kulit wajah. Hasilnya kulit akan menjadi lebih sensitif.

Dapat menimbulkan jerawat

Seperti yang sudah kita ketahui di atas bahwa salah satu efek samping masker air beras adalah menyumbat pori-pori kulit wajah. Hal ini tentunya jika dibiarkan justru dapat menyebabkan jerawat. Maka dari itu anda harus memastikan bahwa proses pembersihan benar-benar harus tuntas. Agar manfaat masker air beras bisa didapat secara maksimal dan sekaligus menghindari efek samping yang ditimbulkannya.

Manfaat masker air beras untuk wajah

Di balik efek sampingnya yang banyak masker beras ternyata juga memiliki banyak manfaat. Manfaat ini dikarenakan beras itu sendiri memang menyimpan banyak nutrisi penting. Berikut beberapa manfaat masker air beras untuk kesehatan kulit wajah anda.

Membantu mencerahkan kulit wajah

Anda ingin memiliki kulit wajah yang cerah secara alami? mungkin menggunakan masker air beras bisa menjadi pilihan yang bagus. Masker air beras diketahui memang cukup baik untuk membantu mencerahkan kulit wajah. Untuk mendapatkan hasil yang bagus anda bisa menambahkannya bahan lain seperti minyak zaitun atau madu.

Terapkan masker air beras ini secara rutin tetapi tidak berlebihan setidaknya 3 kali seminggu dan lihat hasilnya selama 3 bulan pemakaian.

Membersihkan kulit wajah

Jika anda ingin mencari pembersih kulit wajah yang alami tidak ada salahnya menggunakan air beras. Hal ini dikarenakan air beras ternyata dapat membantu menyerap kelebihan minyak dan membersihkan kulit wajah secara alami. Menggunakan air cucian beras secara rutin diketahui dapat membuat kulit menjadi lebih lembut, sehat, dan juga terawat tanpa takut efek samping dari bahan kimia.

Demikian tadi informasi mengenai efek samping masker air beras sekaligus manfaatnya yang sangat banyak untuk kecantikan kulit wajah anda. Semoga informasi di atas bisa membantu anda mencari referensi masker wajah yang baik untuk kulit.