Efek samping kunyit putih

9 Efek samping kunyit putih dan orange untuk kesehatan

tanaman

Efek samping kunyit putih dan orange untuk kesehatan yang perlu anda ketahui sebelum mengkonsumsinya dalam jangka waktu lama.

Kunyit adalah salah satu rempah yang yang cukup terkenal di beberapa negara seperti India dan Pakistan. Kunyit biasanya digunakan sebagai bumbu seperti pada makanan kare. Selain itu, kunyit juga sering dimanfaatkan sebagai pewarna alami pada makanan. Penggunaan kunyit juga diyakini lebih aman karena merupakan bahan alami.

Kunyit adalah salah satu bahan alami yang sangat baik untuk kesehatan dan juga masker wajah akan tetapi dibalik manfaatnya yang banyak ternyata kunyit memiliki efek samping yang tidak sedikit terutama saat dikonsumsi secara berlebihan.

Efek samping kunyit putih

Efek samping kunyit putih

Secara umum ada dua jenis kunyit yang saat ini kita ketahui yaitu kunyit orange dan kunyit putih. Kebanyakan dari kita mungkin lebih mengenal kunyit orange dibandingkan kunyit yang memiliki warna putih. Meskipun berbeda, secara umum keduanya memiliki manfaat dan juga efek samping yang hampir sama. Beberapa efek samping kunyit putih diantaranya seperti:

Menyebabkan anemia

Seperti halnya kunyit yang berwarna orange kunyit putih juga brefek kurang baik untuk mereka yang memiliki kadar darah rendah. Hal ini dikarenakan kandungan curcuminoid dalam kunyit putih dapat menyebabkan penurunan perlekatan zat besi pada sel darah merah.

Mengganggu kesuburan

Bagi Anda yang ingin segera memiliki anak sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi kunyit putih. Hal ini dikarenakan salah satu efek samping kunyit putih adalah dapat mengganggu produksi hormon testosteron pada pria dewasa, sehingga akan mengurangi tingkat kesuburan. Bahkan bagi wanita konsumsi kunyit putih juga dipercaya dapat meningkatkan resiko kemandulan

Mengganggu pencernaan

Efek samping kunyit putih yang selanjutnya adalah mengganggu kesehatan pencernaan anda. Konsumsi kunyit putih terutama dalam jangka panjang dan berlebihan dapat membuat kesehatan pencernaan Anda terancam. Kunyit putih diketahui dapat membuat kondisi GERD menjadi semakin parah. Kondisi ini merupakan refluks asam lambung yang naik sehingga memiliki rasa yang sedikit terbakar pada tenggorokan. Efek samping kunyit putih yang satu ini hampir sama dengan Anda tidur setelah makan

Efek samping kunyit secara umum

Berikut beberapa efek samping kunyit untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

Dapat menimbulkan masalah pada lambung

Nah bagi Anda yang memiliki masalah dengan lambung sebaiknya berhati-hati jika ingin mengkonsumsi kunyit. Karena konsumsi kunyit ternyata dikaitkan dengan timbulnya masalah pada kesehatan lambung. Biasanya masakan yang berbahan kunyit memang kurang begitu cocok untuk orang yang memiliki sakit lambung.

Biasanya masalah efek samping kunyit ini sering terjadi akibat seseorang mengambil suplemen yang berbahan kunyit. Karena terkadang mereka tanpa sadar mengalami kelebihan dosis. Kelebihan dosis dari penggunaan kunyit ini biasanya terjadi jika lebih dari 1000 mg. Meskipun demikian, anda sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir jika mengkonsumsi kunyit sebagai masakan tradisional sehari-hari yang biasanya dosisnya tidak begitu banyak.

Mengurangi tingkat kesuburan

Bagi laki-laki mengkonsumsi kunyit tampaknya harus dihindari terutama jika ingin memiliki momongan. Hal ini dikarenakan kunyit diketahui dapat berefek kurang baik untuk hormon testosteron yang berakibat pada menurunnya tingkat kesuburan pada pria.

Mengganggu penyerapan zat besi

Zat besi adalah salah satu mineral yang sangat penting sekali untuk kesehatan tubuh. Konsumsi zat besi yang yang cukup dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Akan tetapi ternyata mengkonsumsi kunyit secara berlebih dapat mengganggu proses penyerapan zat besi.

Jadi bagi mereka yang yang sering mengalami masalah kekurangan darah sebaiknya mengurangi asupan kunyit secara berlebih. Hal ini dikarenakan zat besi berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah.

Dapat meningkatkan resiko pendarahan

Kunyit secara alami memiliki sifat antikoagulan dimana sifat ini dapat memperlambat proses pembekuan darah. Akibatnya bagi Anda yang yang sedang terluka maka akan mudah sekali darah mengucur. Proses pembekuan darah sebenarnya sangat penting sekali untuk mencegah kehilangan banyak darah terutama saat proses persalinan atau operasi.

Jadi sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi kunyit setidaknya 10 hari sebelum anda melakukan prosedur operasi atau persalinan.

Masalah pada kantung empedu

Bagi Anda yang memiliki masalah pada kantung empedu sebaiknya tidak mengkonsumsi kunyit. Beberapa pasien kantong empedu tersebut sebaiknya menghindari kunyit terutama karena kunyit dapat memperparah kontraksi kantung empedu.

Meningkatkan resiko tekanan darah rendah

Bagi mereka yang sering mengalami masalah pada tekanan darah rendah dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kunyit secara berlebihan. Hal ini dikarenakan kunyit diketahui dapat berefek kurang baik bagi mereka yang sedang mengalami hipotensi (tekanan darah rendah).

Jadi tidak menutup kemungkinan jika anda mengkonsumsi kunyit secara berlebihan justru akan membuat penurunan darah secara drastis yang hal ini tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan.

Membuat kulit menjadi kekuningan

Salah satu efek samping kunyit yang sebenarnya tidak terlalu parah adalah munculnya kekuningan pada kulit. Hal ini biasanya terjadi jika anda terlalu sering mengkonsumsi nya. Meskipun hal ini tidak berbahaya akan tetapi ini bisa menjadi indikasi Jika anda sudah kelebihan dari dosis kunyit. Untuk itu jika gejala ini mulai muncul sebaiknya kurangi konsumsi kunyit harian Anda.

Menimbulkan bau badan

Nah tentunya anda tidak ingin memiliki badan yang bau bukan?. Jika anda tidak ingin mengalaminya sebaiknya kurangi konsumsi kunyit karena mengkonsumsi kunyit terutama saat sudah pada tahap berlebihan maka akan membuat badan menjadi semakin bau.

Memperburuk kondisi sakit kepala

Efek samping kunyit yang satu ini masih belum diperkuat dengan penelitian yang intensif. Akan tetapi beberapa informasi mengatakan bahwa kunyit ternyata dapat memper buruk kondisi sakit kepala. Jika hal ini benar tampaknya Anda harus menghindarinya terutama saat sudah mulai merasakan dampaknya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan

Jika anda ingin mengambil suplemen kunyit sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, karena penggunaan kunyit dalam jangka waktu yang lama tentu akan berefek kurang baik untuk kesehatan. Terutama jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan tanpa resep dokter. Hal ini dikarenakan meskipun kunyit memiliki banyak manfaat tetapi efek sampingnya bagi kesehatan juga tidak sedikit. Bahkan, dalam beberapa kasus bisa cukup fatal jika anda ada tidak waspada mengenai penggunaannya.

Selain itu, mungkin ada baiknya anda mengkonsumsi kunyit secara langsung bukan mengambil suplemen yang berbahan kunyit. Karena selain alami, mengkonsumsi kunyit secara langsung juga dapat mencegah kelebihan dosis yang biasanya sering terjadi jika seseorang mengambil suplemen kunyit.

Nah demikian tadi informasi mengenai efek samping kunyit putih dan kunyit orange yang perlu Anda ketahui. Jadi, sebaiknya sebelum mengkonsumsi ramuan kunyit pastikan anda mengetahui efek samping dan juga manfaatnya, sehingga Anda bisa mencegah Atau paling tidak menguranginya.