Efek samping daun sirih

3 Efek samping daun sirih untuk mata, organ kewanitaan, serta kesehatan

tanaman
Efek samping daun sirih

Efek samping daun sirih untuk mata, kesehatan tubuh, organ kewanitaan dan mulut yang wajib Anda ketahui sebelum menggunakannya.

Efek samping daun sirih

Selain manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan dan perawatan, daun sirih juga memiliki beberapa efek samping yang perlu Anda ketahui. Efek samping daun sirih ini biasanya diakibatkan oleh salah dalam menggunakannya atau terlalu berlebihan. 

Walau bagaimanapun juga penggunaan bahan alami secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan terutama jika tidak ditunjang dengan pengetahuan yang baik mengenai bahan alami tersebut. Jadi sebaiknya anda perhatikan beberapa efek samping daun sirih berikut ini agar nantinya tidak berdampak buruk bagi kesehatan anda.

Efek samping daun sirih untuk mata

Penggunaan daun sirih untuk menjaga kesehatan mata tampaknya sudah tidak asing lagi. Air dari rebusan daun sirih sering digunakan untuk membantu membuat mata menjadi lebih jernih dan terbebas dari rasa gatal. Hal ini dikarenakan daun sirih mengandung beberapa antibakteri yang dipercaya mampu menghilangkan beberapa zat negatif yang terdapat di dalam mata.

Lantas apakah benar daun sirih aman untuk digunakan pada mata?. Mengenai hal ini sebenarnya ada pro kontra mengenai penggunaan daun sirih untuk membersihkan mata. Mereka yang menggunakan daun sirih pada mata biasanya beranggapan bahwa daun sirih memiliki efek pembersih yang baik sehingga dapat membantu menjaga kebersihan mata. 

Akan tetapi ternyata ada beberapa fakta yang membuat daun sirih sebaiknya dihindari digunakan pada mata di antaranya adalah: 

Tingkat keasaman daun sirih tidak sesuai dengan PH normal yang terdapat pada mata. Fakta ini diyakini membuat daun sirih tidak cocok digunakan pada mata terutama jika digunakan secara berlebihan. Jika hal ini tetap berlanjut maka perubahan tingkat keasaman ini akan membuat permukaan mata rentan mengalami kerusakan.

Selain itu ternyata daun sirih sebenarnya tidak 100% higienis sehingga ada beberapa mikroorganisme yang terkadang terkandung di dalamnya. Hal ini tentunya bisa berefek negatif untuk kesehatan mata Anda mengingat mata merupakan organ yang sangat sensitif terutama terhadap bakteri atau mikroorganisme. Jadi sebaiknya untuk sementara anda menghindari penggunaan daun sirih pada mata kecuali jika ada informasi yang lebih jelas mengenai keamanan daun sirih saat digunakan pada mata.

Efek samping daun sirih untuk gigi

Karena manfaatnya yang begitu banyak tidak jarang daun sirih digunakan untuk mengobati sakit gigi. Hal ini sebenarnya bukan tanpa alasan karena di dalam daun sirih merah terdapat beberapa senyawa penting seperti antimikroba, vitamin A dan beberapa asam nikotinat. 

Bahkan. bukan hanya untuk kesehatan gigi saja daun sirih juga berguna untuk meningkatkan kesehatan mulut terutama saat digunakan sebagai obat. Akan tetapi sebelum menggunakan daun sirih ke mulut dan Gigi sebaiknya Anda perlu berhati-hati. 

Pasalnya sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Of American Dental Association telah menemukan jika penggunaan daun sirih secara berlebihan dapat meningkatkan risiko fibrosis sukmukosa oral. Kondisi ini dibilang cukup berbahaya karena sangat sulit sekali disembuhkan. Orang yang mengalami fibrosis submukosa biasanya ditandai dengan kekakuan pada mulut sehingga membuatnya sulit untuk bergerak. Oleh sebab itu sebaiknya Anda berhati-hati saat menggunakan daun sirih ke mulut atau Gigi Anda agar tidak berdampak buruk untuk kesehatannya.

Lantas apakah boleh menggunakan daun sirih untuk mulut tetapi tidak berlebihan?. Seperti yang sudah kita bahas tadi sebenarnya daun sirih memiliki banyak manfaat akan tetapi tidak boleh digunakan secara berlebihan. Jadi cara paling aman adalah pertama-tama Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk melihat apakah penggunaan daun sirih jangka panjang bisa berefek buruk atau tidak untuk kesehatan mulut Anda.

Efek samping daun sirih pada miss V

Nah salah satu yang membuat manfaat daun sirih menjadi terkenal adalah kemampuannya dalam membersihkan Miss V. Beberapa wanita memang menyakini penggunaan daun sirih pada organ intim mereka dapat membantu membuatnya menjadi lebih sehat dan bersih. Sehingga banyak produk pembersih kewanitaan ini berlomba-lomba menggunakan daun sirih sebagai bahan utamanya. 

Sebenarnya salah satu alasan banyak orang yang menggunakan daun sirih sebagai pembersih adalah kemampuannya dalam membunuh bakteri dan virus yang terdapat pada daerah sekitar Miss v. 

Akan tetapi apakah penggunaan daun sirih untuk Miss v benar-benar aman?. 

Yang perlu Anda ketahui adalah penggunaan daun sirih pada Miss v secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan nya. Kenapa bisa demikian?. Hal ini dikarenakan daun sirih dapat membunuh bakteri dan juga kuman yang terdapat pada organ kewanitaan akan tetapi di sisi lain beberapa bakteri di Miss v sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam beberapa fungsi tertentu. Jadi membunuh semua bakteri tersebut tentu akan berefek kurang baik untuk kesehatan Miss v anda. 

Sejatinya beberapa bakteri yang terdapat pada organ kewanitaan merupakan bakteri baik sehingga sangat diperlukan. Jadi sebaiknya anda lebih teliti dalam memilih produk pembersih terutama yang akan anda gunakan pada daerah kewanitaan. 

Jadi prinsipnya adalah jangan berlebihan dalam menggunakan daun sirih atau bahan alami apa pun. Karena di samping manfaatnya biasanya bahan alami sekali pun juga memiliki efek samping yang tentunya juga bisa berdampak kurang baik untuk kesehatan.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan

Daun sirih adalah salah satu tanaman obat yang memiliki banyak manfaat karena memiliki kandungan senyawa yang baik. Daun sirih memiliki beberapa kandungan nutrisi penting seperti vitamin C, riboflavin, alkaloid, fitokimia penting, dan polifenol. Kesemua nutrisi ini sangat penting sekali untuk menunjang kesehatan plus berperan sebagai ramuan herbal. Jika dilihat dari beberapa kandungan nutrisinya tersebut tentu manfaat daun sirih sangat banyak sekali untuk kesehatan maupun perawatan tubuh. Berikut beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. 

Mencegah penyakit kanker

Daun sirih diketahui mengandung beberapa senyawa penting yang dapat mencegah timbulnya penyakit kanker. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyajikan daun sirih adalah dengan cara merebus daun nya dan mengkonsumsi air rebusan tersebut. Tentunya dalam mengkonsumsi air rebusan daun sirih ini tidak boleh kelebihan karena ada efek samping yang bisa ditimbulkannya. 

Membantu mengatasi jerawat

Bagi Anda yang sedang mengalami jerawatan tidak ada salahnya menggunakan daun sirih untuk menghilangkannya. Ramuan yang berbahan daun sirih diketahui dapat membantu menghilangkan jerawat secara alami dan tentunya aman selama dilakukan dengan benar. 

Caranya Anda bisa mengambil air dari daun sirih kemudian menerapkan ke kulit wajah yang mengalami jerawat. Hal ini dipercaya dapat membantu membunuh kuman dan bakteri yang menjadi penyebab munculnya jerawat di wajah. Meskipun demikian tampaknya bagi sebagian orang yang kurang cocok dengan daun sirih ternyata dapat menimbulkan kemerahan pada jerawat mereka. Jika hal ini terjadi pada anda sebaiknya hindari penggunaan daun sirih untuk wajah.

Artikel terkait lainnya Efek samping daun binahong serta manfaatnya untuk kesehatan

Untuk mengatasi bau badan

Terlepas dari kontroversi mengenai efek samping daun sirih nyatanya ramuan ini cukup banyak digunakan sebagai bahan perawatan. Salah satunya adalah sebagai penghilang bau badan secara alami. Bagi Anda yang sering mengeluh jika bau badan terasa tidak enak tidak ada salahnya untuk mandi dengan air rebusan daun sirih. Melakukannya secara rutin setidaknya dua kali dalam seminggu akan sedikit mengurangi bau badan yang menyengat di tubuh anda.

Demikian tadi informasi mengenai efek samping daun sirih untuk mata, pembersih Miss v dan juga obat sakit gigi yang perlu Anda tahu. Sebaiknya dalam menggunakan daun sirih Anda harus berhati-hati dan tidak boleh berlebihan sehingga manfaat yang didapat bisa maksimal sekaligus tidak menimbulkan bahaya di kemudian hari.