Efek samping daun kelor

Efek samping daun kelor serta manfaatnya untuk kesehatan

tanaman
Efek samping daun kelor
image: pixabay.com

Efek samping daun kelor serta manfaatnya untuk kesehatan dan beberapa jenis obat yang dapat berinteraksi dengan ramuan daun kelor.

Daun kelor merupakan salah satu tanaman yang terkenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Akan tetapi di samping manfaatnya yang cukup banyak ternyata efek samping daun kelor juga perlu Anda waspadai. Hal ini bertujuan agar anda Tidak sembarangan dalam konsumsinya nya.

Efek samping daun kelor untuk kesehatan

Berikut beberapa efek samping daun kelor yang perlu Anda ketahui:

Kerusakan liver

Efek samping daun kelor yang pertama adalah dapat meningkatkan resiko kerusakan liver. Mengkonsumsi rebusan daun kelor sebenarnya memiliki banyak manfaat karena berfungsi sebagai obat tradisional yang membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Akan tetapi jika anda tidak waspada ternyata konsumsi daun kelor secara berlebihan justru dapat meningkatkan resiko kerusakan liver.

Dapat mengganggu fungsi ginjal

Konsumsi daun kelor secara berlebihan terutama dalam jangka waktu yang lama ternyata berefek kurang baik untuk kesehatan ginjal anda. Jadi sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Jika anda ingin mengkonsumsi ramuan daun kelor dalam jangka waktu lama. Selain itu, pastikan anda tidak memiliki masalah dengan ginjal agar nantinya tidak ada efek samping yang dapat merugikan kesehatan ginjal anda.

Menyebabkan sembelit

Minum air rebusan dari daun kelor saat dalam keadaan perut kosong dapat menyebabkan sakit perut ringan atau sembelit. Untuk itu sebaiknya jika ingin mengkonsumsi ramuan dari daun kelor makan terlebih dahulu agar efek samping ini bisa dihindari.

Mengganggu kesehatan reproduksi pria

Ini merupakan salah satu efek samping daun kelor yang perlu diwaspadai oleh laki-laki. Konsumsi dan kelor dalam jumlah yang berlebihan ternyata memiliki efek yang kurang baik untuk kesehatan reproduksi pria dewasa. Efek yang ditimbulkan memang terkadang tidak langsung terjadi akan tetapi biasanya bertahap terutama jika Anda mengkonsumsinya dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu sebaiknya Anda benar-benar mengetahui terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan daun kelor tersebut.

Dapat menyebabkan kelumpuhan

Ini merupakan efek samping daun kelor yang paling berbahaya meskipun secara umum jarang terjadi. Hal ini bisa terjadi terutama jika dikonsumsi oleh anak-anak. Jadi sebaiknya bagi anak-anak jangan diberikan ramuan dari daun kelor. Senyawa yang terkandung dalam daun kelor jika dikonsumsi secara berlebihan ternyata memang dapat membuat beberapa bagian tubuh mengalami mati rasa bahkan bisa berakibat pada kelumpuhan.

Sebaiknya dihindari untuk ibu hamil

Bagi Anda yang sedang dalam keadaan hamil sebaiknya untuk mewaspadai daun kelor. Hal ini dikarenakan tanaman ini ternyata memiliki efek samping yang kurang baik untuk kesehatan anda dan janin dalam kandungan. Beberapa senyawa yang terdapat dalam tanaman kelor terutama pada akar, bunga, dan batangnya dapat meningkatkan resiko kontraksi.

Sebaiknya waspadai bagi ibu menyusui

Meskipun daun kelor terkadang digunakan sebagai ramuan untuk meningkatkan produksi ASI, akan tetapi tidak ada informasi yang cukup untuk mengetahui apakah penggunaan daun kelor aman untuk bayi. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan ramuan ini sebagai pelancar ASI.

Efek samping daun kelor terhadap obat-obatan

Jika anda ingin mengkonsumsi ramuan dari daun kelor bersama dengan obat-obatan tertentu sebaiknya Anda harus membicarakan terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini dikarenakan ternyata daun kelor dapat berinteraksi dengan jenis obat tertentu. Misalnya saja Levothyroxine, Obat jenis ini diketahui tidak baik dikonsumsi bersama dengan daun kelor, atau jika anda baru saja mengkonsumsi obat tersebut sebaiknya hindari daun kelor.

Selain dapat tersebut beberapa jenis obat ini juga tidak boleh dikonsumsi sesaat setelah anda mengkonsumsi daun kelor:

Obat diabetes: Obat diabetes biasanya digunakan untuk menurunkan kadar gula darah, dimana hal ini juga merupakan manfaat lain dari daun kelor. Jadi mengkombinasikan keduanya dapat beresiko penurun kadar gula darah yang ekstrem. Hal ini tentunya juga berdampak kurang baik untuk kesehatan anda.

Obat tekanan darah tinggi: Sama halnya dengan obat diabetes daun kelor juga memiliki efek samping yang kurang baik saat dikonsumsi bersama dengan obat penurun tekanan darah. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki efek yang sama sehingga jika dipadukan bisa berbahaya.

Semua jenis obat yang dapat diuraikan oleh hati: Ekstrak daun kelor berguna mengurangi seberapa cepat proses tersebut terjadi, sehingga dapat menyebabkan berbagai efek samping atau komplikasi yang tidak diinginkan. Jadi untuk menghindari efek samping daun kelor sebaiknya jangan mengkonsumsi obat apapun pada hari itu.

Manfaat daun kelor untuk kesehatan

Nah setelah kita mengetahui efek samping daun kelor untuk menyeimbangkan informasi sebaiknya Anda juga membaca bagaimana daun kelor ini begitu bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa dampak positif atau manfaat dari mengkonsumsi ramuan daun kelor untuk kesehatan:

Mampu menurunkan tekanan darah tinggi

Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa daun kelor memang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Penurun tekanan darah tinggi sangat baik dilakukan terutama bagi mereka yang sedang mengalami masalah dengan tekanan darah. Meskipun daun kelor memiliki manfaat tersebut akan tetapi anda harus tetap waspada terutama jika mengkonsumsinya di hari yang sama dengan obat penurun tekanan darah.

Membantu menurunkan kadar gula darah

Keseimbangan gula darah sangat penting sekali untuk mencegah penyakit diabetes. Dan untuk melakukannya Anda bisa mengkonsumsi daun kelor. Hal ini dikarenakan daun kelor diketahui dapat membantu mengurangi kadar gula darah yang berefek positif untuk mencegah penyakit diabetes. Meskipun demikian, sebaiknya anda jangan berlebihan dalam mengkonsumsi ramuan yang satu ini karena akan berefek kurang baik untuk kesehatan.

Mengurangi gejala menopause

Sebuah penelitian awal telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi daun kelor segar yang dicampur dengan makanan selama 3 bulan dapat mengurangi gejala menopause seperti hot flashes dan masalah tidur pada wanita. Jadi tampaknya hal ini merupakan informasi yang sangat positif terutama bagi mereka yang sudah memasuki usia di atas 40 tahunan.

Mengurangi gejala asma

Sebuah penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi setidaknya 3 gram daun kelor 2 kali sehari selama 3 minggu dapat mengurangi tingkat keparahan penyakit asma. Selain itu, orang-orang yang melakukannya juga memiliki efek positif berupa meningkatnya fungsi paru-paru mereka terutama bagi penderita asma ringan.

Mencegah penyakit kanker ovarium

Kanker ovarium merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya terutama bagi wanita. Akibat penyakit ini sulit diobati akan tetapi bisa dicegah dan salah satunya adalah dengan menggunakan ramuan dari daun kelor. Berapa kandungan nutrisi dan senyawa penting dalam daun kelor dipercaya dapat membantu mengurangi resiko kanker ovarium. Bukan hanya berdampak positif pada kanker ovarium, beberapa jenis kanker juga diketahui dapat dicegah dengan mengkonsumsi ramuan dari daun kelor tersebut.

Nah,,demikian tadi informasi mengenai efek samping daun kelor dan manfaatnya untuk kesehatan. Intinya selama anda bijak dalam mengkonsumsi ramuan ini maka efek samping tersebut bisa dihindari.