Efek samping daun binahong

Efek samping daun binahong serta manfaatnya untuk kesehatan

tanaman
Efek samping daun binahong

Efek samping daun binahong serta manfaatnya yang sangat banyak untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui serta bagaimana cara menghindarinya.

Binahong atau dalam bahasa Latinnya disebut anredera cordifolia merupakan salah satu tanaman merayap dengan panjang bisa mencapai 6 meter. Daun binahong sebenarnya berasal dari Amerika serikat dan diklasifikasikan dalam keluarga Basellaceae.

Ekstrak daun binahong biasanya dibuat untuk mempertahankan kandungan senyawa aktif yang ada di dalamnya agar tetap memiliki efek sebagai antiinflamasi, antioksidan, antibakteri, dan sebagai analgesik.

Manfaat daun binahong untuk kesehatan

Binahong merupakan salah satu ramuan alami yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Binahong diketahui dapat menjadi salah satu alternatif obat untuk perawatan berbagai macam kondisi penyakit.

Mencegah diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang berkaitan dengan tingginya kadar gula darah. Penyakit ini cukup berbahaya dan mempengaruhi banyak orang terutama di Indonesia. Penyakit diabetes bisa dicegah salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Ada satu hal yang cukup mengejutkan yaitu di mana tanaman binahong ternyata dapat membantu mencegah penyakit diabetes. Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin tentunya dengan dosis yang sesuai.

Mencegah penyakit kanker

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang cukup sulit untuk disembuhkan secara total. Penyakit ini telah merenggut hingga jutaan jiwa setiap tahunnya. Ada banyak beberapa jenis kanker diantaranya adalah kanker payudara, kanker otak, kanker rahim, dan kanker prostat. Kabar baiknya adalah penyakit kanker ternyata bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi isi daun binahong. Binahong secara alami mengandung antioksidan penting yang dapat mencegah penyakit kanker.

Mengobati penyakit maag

Jika anda memiliki masalah dengan penyakit maag Tidak ada salahnya untuk menggunakan ramuan daun binahong sebagai perawatan jangka panjang menggunakan bahan alami seperti daun binahong selain aman biasanya juga memiliki efek yang lebih permanen dibandingkan dengan mengkonsumsi obat kimia. Meskipun demikian, anda harus tetap waspada dengan efek samping daun binahong yang mungkin bisa dirasakan oleh beberapa orang. Jadi sebelum mengkonsumsinya ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Membantu mengatasi anemia

Anemia adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami defisit darah merah. Anemia biasanya ditandai dengan Tubuh terasa lemah lesu dan lunglai. Untuk mengembalikan kondisi orang yang mengalami anemia dibutuhkan kandungan zat besi dari makanan yang dikonsumsi. Ada banyak jenis makanan yang mengandung tinggi zat besi diantaranya seperti seafood dan daging merah. Selain itu, ternyata daun binahong juga memiliki kandungan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas darah merah.

Mengobati penyakit asam urat

Diantara manfaat daun binahong yang cukup diperhitungkan adalah kemampuannya dalam mengurangi penyakit asam urat. Anda bisa memulainya dengan cara mengkonsumsi air rebusan dari binahong secara rutin untuk mengobati asam urat.  Selain mengkonsumsi air rebusan daun binahong, sangat penting sekali bagi anda untuk mencegah asam urat adalah dengan menghindari beberapa makanan seperti jeroan yang diketahui memiliki kandungan purin tinggi.

Membantu mengobati rematik

Anda bisa memanfaatkan air dari rebusan daun binahong untuk mengobati penyakit rematik. Caranya cukup mudah yaitu anda tinggal merebus 6 sampai 7 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air. Untuk meningkatkan kemampuannya dalam menyembuhkan Anda bisa memberikan satu sendok teh madu kemudian mengkonsumsinya setidaknya 1 kali dalam sehari. Konsumsi secara rutin hingga penyakit rematik Anda mulai berangsur sembuh.

Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya karena tanda-tandanya terkadang sulit untuk dideteksi. Meskipun penyakit ini cukup berbahaya akan tetapi bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Diantaranya adalah dengan mengurangi makanan yang mengandung tinggi kolesterol. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin. Hal ini dikarenakan daun binahong memiliki kandungan saponin yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Menjaga kesehatan mata anda

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Fungsi mata sangat banyak sekali sehingga menjaga kesehatannya merupakan hal yang harus dilakukan. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata adalah rutin mengkonsumsi air rebusan daun binahong. Cara ini cukup mudah dan juga tentunya alami dibandingkan dengan mengkonsumsi suplemen vitamin A.

Membantu mempercepat penyembuhan luka

Penelitian yang dilakukan pada kelinci menemukan bahwa penggunaan daun binahong ternyata dapat membantu proses penyembuhan pada luka. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Binahong sangat efektif sekali dalam mengobati luka pada manusia juga.

Baik untuk kesehatan wanita

Daun binahong memiliki sejumlah zat besi yang diketahui dapat membantu meningkatkan kesehatan pada wanita. Hal ini dikarenakan saat masa menstruasi Terkadang wanita harus kehilangan banyak darah. Jika tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup maka tidak menutup kemungkinan akan mengalami anemia atau kekurangan darah merah. Hal ini bisa anda cegah dengan mengkonsumsi daun binahong secara rutin akan tetapi tidak berlebihan.

Efek samping daun binahong

Secara umum mengkonsumsi daun binahong aman kecuali jika anda memiliki masalah atau mengkonsumsinya bersamaan dengan beberapa jenis obat yang memang menjadi pantangan daun binahong. Berikut beberapa efek samping daun binahong yang perlu Anda ketahui:

Menyebabkan muntah dan mual

Efek samping daun binahong yang pertama adalah Anda tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi daun binahong bersamaan dengan the, kopi, atau kacang kola. Hal ini dikarenakan di dalam tanaman Binahong khususnya daunnya terdapat efedrin yang jika dikonsumsi bersamaan dengan ketiga bahan tadi dapat menyebabkan muntah, detak jantung tidak teratur, dan juga insomnia.

Tidak baik untuk ibu hamil

Bagi Anda yang sedang hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi air rebusan daun binahong atau ramuan lain yang yang terbuat dari daun binahong. Karena dikhawatirkan efek samping daun binahong mengganggu kesehatan ibu dan anak dalam kandungan. Jika anda tetap ingin mengkonsumsi daun binahong dalam keadaan hamil sebaiknya berbicara terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan Apakah anda diperbolehkan atau tidak.

Menyebabkan sakit dada

Selain tidak baik untuk ibu hamil, salah satu efek samping daun binahong yang perlu Anda waspadai adalah bagi mereka yang memiliki nyeri pada dada. Jika anda mengalaminya sebaiknya jangan mengkonsumsi daun binahong karena dikhawatirkan dapat memper buruk keadaan sakit yang anda alami.

Menyebabkan hipertensi dan stroke

Meskipun daun binahong memiliki banyak manfaat akan tetapi berlebihan dalam mengonsumsinya ternyata dapat membahayakan kesehatan. Salah satunya adalah dapat menyebabkan stroke dan hipertensi. Efek samping daun binahong ini sebenarnya bisa dicegah jika anda lebih bijak dalam konsumsinya. Jadi cara terbaik adalah tetap mengkonsumsi daun binahong dalam dosis yang wajar atau kalau perlu Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk meminimalisir efek samping yang mungkin bisa ditimbulkan.

Nah setelah anda mengetahui beberapa efek samping daun binahong tersebut diharapkan anda lebih bijak dalam konsumsinya, sehingga tidak akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan jangka panjang.