Efek samping buah naga serta manfaatnya untuk kesehatan

efek samping buah naga
Efek samping buah naga
image peakpx.com

Efek samping buah naga untuk kesehatan serta manfaatnya yang perlu kamu tahu agar anda lebih bijak dalam mengkonsumsi buah merah yang satu ini.

Salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan adalah buah naga. Buah ini sebenarnya berasal dari daerah meksiko yang diimpor ke indonesia. Buah naga kaya akan kandungan nutrisi penting meliputi vitamin serta mineral termasuk vitamin C, B1, B12, B3 dan betakaroten.

Selain itu, buah naga juga diperkaya dengan antioksidan yang sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan. Lantas tahukah anda apa saja manfaat serta efek samping buah naga untuk kesehatan?. Berikut informasi seputar manfaat buah naga beserta efek sampingnya:

Manfaat buah naga untuk kesehatan

Dari kandungan nutrisinya yang banyak tersebut mulai dari mineral seperti fosfor dan vitamin tentu akan ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi nya. Beberapa diantara manfaat buah naga merah untuk kesehatan adalah:

Menjaga kesehatan mata

Buah naga kaya akan kandungan beta karoten yang cukup tinggi dimana nutrisi ini juga terdapat dalam sayuran lain seperti wortel. Dengan kandungan betakaroten tersebut maka membuat buah naga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Beta karoten berguna melindungi mata dari kerusakan seperti katarak dan masalah mata lainnya.

Mencegah penuaan dini

Bagi anda yang ingin terlihat tetap awet muda cobalah mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti halnya buah naga. Efek anti penuaan yang dimiliki oleh buah naga sebenarnya didapat dari kandungan betakaroten serta vitamin C-Nya. 

Kedua nutrisi ini sangat berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan seperti munculnya kerutan dan garis halus di wajah. Jadi jika anda ingin terlihat tetap awet muda tidak ada salahnya rutin mengkonsumsi buah naga.

Meningkatkan kekuatan tulang dan gigi

Diantara manfaat buah naga merah yang paling utama adalah membantu meningkatkan kekuatan tulang dan gigi anda. Buah ini memang mengandung tinggi mineral penting seperti kalsium, zat besi, dan juga fosfor. Ke semua mineral tersebut sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi anda.

manfaat buah naga merah
image from pixabay.com

Melindungi tubuh dari serangan kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini sangat sulit sekali diobati secara tuntas karena penyakit kanker akan merusak sel tubuh manusia.

Untungnya anda bisa mencegah penyakit kanker dengan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah naga. Efek anti kanker yang dimiliki buah naga berperan penting dalam mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh kanker.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah naga masih menjadi nutrisi utama yang membuatnya mampu mencegah penyakit kanker.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Merebaknya virus seperti corona akhir-akhir ini tentu menjadi sebuah ancaman tersendiri bagi manusia. Virus bisa dengan mudah mengenai manusia jika daya tahan tubuh mereka lemah. Untungnya salah satu manfaat buah naga adalah membantu meningkatkan sistem imun.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga berperan penting untuk melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri. Jadi konsumsi buah naga merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah serangan virus termasuk juga corona.

Mengurangi kolesterol dalam darah

Ada banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam darah. Diantara penyakit tersebut seperti penyakit jantung dan stroke. Gaya hidup yang kurang sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan berlemak masih menjadi penyebab utama tingginya kadar kolesterol.

Untungnya anda bisa mengkonsumsi buah naga untuk mengurangi kadar kolesterol berlebih tersebut. Buah naga merah diketahui memang mengandung beberapa nutrisi yang berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Diantara nutrisi tersebut adalah vitamin B3. 

Mengontrol tekanan darah anda

Menjaga kestabilan tekanan darah merupakan suatu hal yang sangat penting sekali. Tekanan darah yang tidak normal tentu akan berefek buruk bagi kesehatan anda secara keseluruhan. Diantara salah satu manfaat terpenting dari konsumsi buah naga adalah menstabilkan tekanan darah pada level yang sehat.

Mengkonsumsi buah naga secara rutin dengan porsi yang pas dan tidak berlebihan akan sangat membantu anda dalam mencegah penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat buah naga untuk kecantikan
image from pexels.com

Bagi anda yang sering mengeluh lantaran sulit buang air besar cobalah rutin mengkonsumsi buah dan sayur seperti halnya buah naga. Kandungan seratnya yang tinggi membuat buah naga sangat berguna melancarkan buang air besar.

Sulit bab terkadang dianggap sepele oleh sebagian orang padahal akibatnya bisa cukup fatal. Selain meningkatkan berat badan sulit buang air besar dalam waktu yang lama juga telah dikaitkan dengan tingginya risiko kanker usus besar.

Efek samping buah naga

Meskipun buah naga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan akan tetapi mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan tentu juga tidak baik untuk kesehatan. Berikut beberapa efek samping buah naga jika dikonsumsi dalam porsi yang berlebihan:

Menyebabkan diare

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa salah satu kegunaan buah naga adalah melancarkan buang air besar. Akan tetapi jika anda berlebihan dalam mengkonsumsinya tentu efeknya justru malah menyebabkan diare.

Tentu efek samping buah naga yang satu ini harus benar-benar anda perhatikan terutama jika anda memberikannya kepada balita. Karena diare pada balita terkadang dapat menyebabkan masalah cukup serius.

Berefek buruk pada sel

Meskipun kandungan antioksidan dalam buah naga sejatinya bermanfaat untuk mencegah kanker akan tetapi berlebihan dalam mengkonsumsinya justru berefek sebaliknya. Pasalnya konsumsi antioksidan dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya interaksi antara antioksidan dengan sel-sel di dalam tubuh kita.

Sehingga konsumsi buah naga terlalu banyak akan membuat nya justru akan merusak sel tersebut dan menyebabkan oksidatif. Jadi sebaiknya jangan konsumsi buah naga ataupun makanan lainnya yang kaya akan antioksidan secara berlebihan. 

Efek samping buah naga pada ibu hamil

Mengkonsumsi buah naga sebenarnya baik-baik saja dan tidak masalah bagi ibu hamil. Akan tetapi sekali lagi efek pencahar dari buah naga perlu diwaspadai bagi mereka yang sedang mengandung janin.

Mengkonsumsi buah naga secara berlebihan ternyata dapat meningkatkan masalah pencernaan seperti perut kembung atau diare. Tentu hal ini akan sangat mengganggu dan beresiko buruk bagi kesehatan ibu hamil. 

Perlu diwaspadai untuk penderita diabetes

Secara umum penderita diabetes boleh saja mengkonsumsi buah selama tidak berlebihan. Akan tetapi perlu anda ketahui juga jika di dalam buah terdapat kandungan gula yang tentu tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Buah naga dengan rasa yang sangat manis mengindikasikan bahwa di dalamnya terdapat banyak gula, meskipun gula tersebut tergolong sebagai gula alami. Jadi untuk mengurangi efek samping buah naga yang satu ini anda harus menjaga porsi konsumsi buah naga terutama bagi yang beresiko mengalami diabetes.

Efek samping buah naga untuk pencernaan

Meskipun diantara salah satu manfaat buah naga adalah meningkatkan kesehatan pencernaan, tetapi nyatanya tidak selamanya konsumsi buah naga akan baik untuk pencernaan anda.

Kandungan serat yang tinggi dalam buah naga jika dikonsumsi berlebihan justru akan meningkatkan resiko seperti perut kembung dan sindrom iritasi usus. Masalah pencernaan ini tentu tidak boleh anda sepelekan karena mungkin saja akan menyebabkan masalah lain yang jauh lebih serius.

Efek samping buah naga untuk bayi

Dengan kandungan nutrisinya yang melimpah banyak orang yang sering memberikan buah naga ke balita mereka. Hal ini sebenarnya tidak mengapa lantaran buah naga itu sendiri memang sangat baik untuk kesehatan.

Tapi yang perlu diketahui adalah memberikan buah naga kepada bayi harus benar-benar berhati-hati dan tentunya tidak boleh berlebihan. Efek pencahar alami dari buah naga masih menjadi masalah tersendiri jika diberikan kepada bayi secara berlebihan.

Selain itu, untuk balita di bawah 6 bulan sebaiknya jangan berikan buah naga. Karena di usia ini bayi hanya boleh mengkonsumsi asi dari ibunya, dan makanan lain tidak diperkenankan kecuali jika memang terpaksa dan sudah mendapat izin dari dokter.

Demikian tadi ulasan mengenai efek samping serta manfaat buah naga untuk kesehatan. Semoga informasi di atas bisa membuat anda semakin memahami mengenai manfaat serta efek samping buah naga. 

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →