Efek samping buah mangga serta manfaatnya yang perlu kamu tahu

efek samping buah mangga
Efek samping buah mangga
image by medicalnewstoday.com

Efek samping buah mangga serta tips untuk menghindarinya yang perlu kamu tahu agar tidak terkena dampak buruk buah yang satu ini.

Anda suka makan buah mangga?. Buah yang memiliki rasa manis dengan tekstur lembut ini memang memiliki banyak penggemar di indonesia. Buah mangga sangat mudah sekali ditanam di iklim tropis seperti indonesia sehingga kita bisa menemui banyak rumah-rumah penduduk yang menanam buah mangga di depan halaman mereka.

Selain mudah dibudidayakan, tanaman mangga juga memiliki rasa yang sangat manis dan bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Bukan hanya itu, buah yang memiliki rasa asam manis ini dikenal juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tapi tahukah anda jika mengkonsumsi buah mangga terlalu banyak ternyata memiliki efek yang kurang baik untuk kesehatan. Berikut kami sajikan efek samping mengkonsumsi buah mangga secara berlebihan:

Efek samping buah mangga

Meningkatkan berat badan

Bagi kalian yang ingin memiliki tubuh langsing yang terbebas dari lemak sebaiknya memang harus banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Tetapi jangan salah mengkonsumsi buah secara berlebih ternyata juga bisa meningkatkan berat badan seperti halnya buah mangga.

Meskipun buah mangga secara umum mengandung tinggi serat tetapi kandungan gula di dalamnya juga cukup tinggi. Itu artinya kandungan kalori dalam mangga cukup tinggi pula. Kandungan kalori yang tinggi memungkinkan seseorang yang mengkonsumsi buah mangga secara berlebih dapat meningkatkan berat badan mereka.

Dapat menyebabkan karsinogenik

Mangga sebenarnya merupakan buah yang sehat. Akan tetapi di tangan para petani nakal, buah yang satu ini terkadang justru malah memiliki efek kurang baik bagi kesehatan. Salah satu kecurangan yang dilakukan oleh para petani adalah dengan menggunakan zat kalsium karbida yang bisa membuat buah lebih cepat masak.

Penggunaan zat ini tentu akan memberi efek kurang baik untuk kesehatan karena diketahui berpotensi menyebabkan karsinogenik. Beberapa gejala karsinogenik diantaranya adalah munculnya mati rasa serta kesemutan.

Berisiko mengembangkan penyakit diabetes

Penyakit diabetes atau juga dikenal sebagai penyakit kelebihan gula ini sering dialami oleh mereka yang memasuki usia di atas 40 tahun. Salah cara untuk mencegah penyakit diabetes adalah banyak mengkonsumsi serat yang itu bisa didapat dari buah-buahan segar. 

Meskipun demikian, beberapa jenis buah ternyata mengandung tinggi kalori sehingga mungkin patut diwaspadai terutama bagi penderita diabetes. Salah satu jenis buah yang mengandung tinggi kalori adalah mangga. Efek samping buah mangga bagi penderita diabetes ini tidak boleh dianggap sepele. Lantaran penderita penyakit diabetes harus benar-benar mengurangi asupan gula mereka entah itu dari gula alami atau gula buatan.

Memicu reaksi alergi

Efek samping buah mangga lainnya yang perlu kamu waspadai adalah reaksi alergi yang bisa ditimbulkannya. Sebenarnya reaksi tersebut didapat dari kulit buah mangga itu sendiri yang ternyata dapat memicu alergi.

Reaksi alergi ini sebenarnya tidak begitu mematikan tetapi bagi sebagian orang dapat menyebabkan sesak anafilaksis. Efek alergi dalam kulit mangga juga lebih disebabkan karena terdapatnya zat kimia yang terjadi akibat ulah beberapa petani nakal.

Dapat memicu dermatitis

Sebenarnya anda tidak perlu terlalu khawatir mengenai efek samping buah mangga yang satu ini karena hanya sebagian orang saja yang mungkin bisa terkena efek samping tersebut. Akan tetapi selayaknya anda juga mengetahui jika ternyata buah mangga mengandung bahan kimia yang dinamakan urushiol.

Zat inilah yang diyakini bertanggung jawab memicu munculnya dermatitis pada sebagian orang yang alergi dengan urushiol tersebut. Jika anda mengeluhkan muncul ruam setelah mengkonsumsi buah mangga mungkin anda tergolong orang yang sensitif terhadap zat tersebut.

Memicu gatal dan bengkak pada mulut

Bagi sebagian orang yang alergi mengkonsumsi mangga terutama yang masih mentah bisa memicu terjadinya sebuah kondisi yang disebut “mulut mangga”. Masalah kesehatan ini ditandai dengan rasa gatal dan bengkak pada mulut terutama bagi mereka yang sensitif terhadap mangga mentah.

Bisa memicu diare

Buah pada dasarnya sangat baik untuk melancarkan buang air besar karena mengandung tinggi serat. Meskipun demikian jika dikonsumsi secara berlebihan justru dapat menyebabkan diare. Hal ini dikarenakan efek pencahar dari buah mangga dapat menyebabkan diare.

Untuk itu sebaiknya kurangi konsumsi buah mangga terutama bagi anak-anak. Untuk berjaga-jaga sebaiknya jangan mengkonsumsi buah mangga lebih dari 2 buah setiap harinya.

Menyebabkan infeksi salmonella

Infeksi salmonella pernah dilaporkan pada tahun 1999 di amerika serikat. Wabah ini telah diketahui banyak disebabkan oleh buah mangga. Bahkan menurut informasi 50% dari para penderita penyakit ini sebelumnya mereka mengkonsumsi buah mangga.

Manfaat buah mangga untuk kesehatan

Nah setelah kita mengetahui efek samping buah mangga rasanya tidak lengkap jika kita tidak mencari tahu manfaatnya. Tentu meskipun memiliki efek samping buah mangga juga memiliki banyak kegunaan atau manfaat yang mungkin masih belum kamu ketahui. Berikut beberapa daftar manfaat buah mangga:

Meningkatkan sistem imun

Rasa sedikit asam yang dimiliki oleh buah mangga mengindikasikan bahwa di dalamnya terdapat banyak vitamin C.  Vitamin jenis ini sangat baik untuk meningkatkan sistem imun. Vitamin C bisa melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya.

Konsumsi buah mangga sangat cocok sekali untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda di tengah merebaknya wabah virus corona saat ini. Selain meningkatkan sistem imun, kandungannya vitamin C dalam buah mangga juga bisa menangkal radikal bebas sehingga akan melindungi anda dari serangan berbagai macam penyakit.

Melancarkan pencernaan

Meskipun diantara efek samping buah mangga adalah dapat menyebabkan diare akan tetapi di sisi lain kandungan seratnya yang tinggi juga baik untuk melancarkan pencernaan. Jadi intinya anda hanya perlu mengontrol konsumsi buah mangga bukan menghindarinya 100%. 

Mengkonsumsi buah mangga dalam porsi yang cukup tentu akan sangat baik sekali untuk meningkatkan kesehatan pencernaan anda. Disamping mengandung tinggi serat buah mangga juga relatif memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk melancarkan bab.

Menjaga kesehatan kulit anda

Kandungan vitamin C dalam buah mangga bukan hanya baik untuk meningkatkan sistem imun tetapi juga menjaga kesehatan kulit anda. Vitamin C dapat melindungi kulit dari efek merugikan radikal bebas sekaligus meningkatkan regenarasi kulit secara alami.

Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dan vitamin C akan membantu anda memerangi radikal bebas tersebut. Sedangkan di sisi lain vitamin C juga berperan penting dalam menciptakan kolagen yang merupakan nutrisi utama untuk meregenerasi sel kulit.

Jadi buah yang satu ini merupakan paket yang sangat lengkap untuk kesehatan dan kecantikan anda.

Tips mencegah efek samping buah mangga

Bagi anda penggemar buah mangga dan ingin terhindar dari efek samping tersebut sebaiknya nya perhatikan beberapa tips berikut ini:

Tips yang pertama untuk menghindari efek samping dari konsumsi buah mangga adalah pilihlah buah yang sudah benar-benar masak. Hal ini sangat penting sekali lantaran buah mangga yang belum 100% masak selain dapat menimbulkan alergi biasanya juga memiliki nutrisi yang relatif kurang.

Hindari konsumsi buah mangga secara berlebihan juga akan menghindarkan anda dari efek samping tersebut. Makanan apapun jika dikonsumsi secara berlebihan tentu akan berefek kurang baik untuk kesehatan sehingga anda perlu mengontrolnya terutama saat musim panen mangga.

Selain itu anda juga bisa memilih buah mangga yang masih segar dan dari petani terpercaya. Upaya ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan penggunaan bahan kimia untuk mempercepat proses masaknya buah mangga.

Demikian tadi ulasan mana efek samping buah mangga serta manfaatnya yang perlu kamu tahu.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →