Efek samping buah alpukat serta tips untuk menghindarinya

efek samping buah alpukat
Efek samping buah alpukat
image pixinio

Efek samping buah alpukat serta tips untuk menghindarinya akan Anda tidak terkena dampak buruk setelah mengkonsumsinya. 

Alpukat adalah buah serbaguna yang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Buah ini diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama untuk diet lantaran kandungan seratnya yang tinggi.

Efek samping buah alpukat

Meskipun memiliki banyak manfaat tapi ternyata mengkonsumsi buah alpukat secara berlebihan ternyata tidak baik bagi kesehatan. Berikut daftar efek samping buah alpukat yang perlu kamu waspadai:

Orang dengan iritasi saluran pencernaan

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan iritasi saluran pencernaan sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah alpukat. Pasalnya konsumsi buah alpukat dapat memperparah kondisi iritasi tersebut.

Jika anda ingin mengkonsumsi buah alpukat maka sebaiknya pastikan anda tidak memiliki masalah kesehatan  tersebut atau sudah sembuh total.

Bisa berinteraksi dengan obat tertentu

Mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu ternyata dapat bereaksi Jika Anda makan alpukat. Salah satu jenis obat yang bisa berinteraksi dengan alpukat adalah obat antiinflamasi. Untuk menghindari efek samping buah alpukat ini sebaiknya tunggu paling tidak sekitar 3 atau 4 jam sebelum mengkonsumsi alpukat.

Orang dengan kandungan kolesterol sangat rendah

Diantara salah satu manfaat buah alpukat untuk kesehatan adalah membantu menurunkan kadar kolesterol. Meskipun hal ini sangat menguntungkan akan tetapi bagi beberapa orang justru sangat berbahaya terutama bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol sangat rendah.

Kolesterol pada dasarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang mencukupi. Jika seseorang mengalami penurunan kadar kolesterol yang ekstrem tentu akan mengganggu kesehatan mereka. Untuk itu sebaiknya jangan berlebihan dalam mengkonsumsi alpukat agar efek samping tersebut tidak menimpa anda.

Bisa menyebabkan alergi

Salah satu orang yang memiliki alergi terhadap lateks sebaiknya tidak mengkonsumsi buah alpukat. Hal ini dikarenakan konsumsi buah alpukat bisa menyebabkan alergi yang cukup parah.

Alpukat pada dasarnya dapat meningkatkan kadar antibodi ige yang bisa membuat orang yang sensitif terhadap lateks menjadi alergi.

Berisiko menyebabkan kerusakan hati

Efek samping buah alpukat yang satu ini perlu diwaspadai terutama bagi mereka yang memiliki masalah fungsi hati. Beberapa jenis buah alpukat mengandung senyawa yang disebut dan anethole dan estragole. 

Kedua senyawa tersebut diketahui bisa merusak hati jika dikonsumsi secara berlebihan. Jadi sebaiknya anda tetap harus mengontrol konsumsi buah alpokat meskipun bawah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Orang dengan hipersensitivitas

Mengkonsumsi buah alpukat bagi orang yang memiliki hipersensitivitas dapat menyebabkan timbulnya efek samping yang cukup berbahaya. Beberapa orang dengan hipersensitivitas bisa mengalami muntah, demam, bahkan sesak nafas saat mengkonsumsi buah alpukat

Bisa memicu kenaikan berat badan

Meskipun buah alpukat dianggap sebagai makanan untuk diet sehat akan tetapi ternyata berlebihan dalam konsumsinya justru akan menyebabkan kegemukan. Walau bagaimanapun juga alpukat mengandung tinggi lemak yang tentu jika dikonsumsi secara berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan.

Alpukat juga tergolong sebagai buah dengan kandungan kalori cukup tinggi dimana setidaknya terdapat 322 kalori dalam buah alpukat berukuran 30 gram. Tentu bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih sangat tidak dianjurkan terlalu sering mengkonsumsi buah alpukat ini.

Kurang baik dikonsumsi ibu menyusui

Bagi ibu hamil atau menyusui sebaiknya untuk sementara hindari banyak mengkonsumsi buah alpukat. Salah satu alasannya adalah karena mengkonsumsi buah alpukat secara berlebih ternyata dapat mengurangi produksi ASI. Hal ini tentu akan berdampak kurang baik bagi kesehatan sang bayi.

Efek samping buah alpukat ini didapat lantaran diketahui konsumsi buah alpukat secara berlebihan dikhawatirkan akan merusak kelenjar susu. Meskipun demikian tentu anda juga tidak harus menghindari buah alpukat secara mutlak. Karena di dalam buah alpukat juga mengandung banyak nutrisi yang diperlukan untuk ibu hamil seperti halnya asam folat.

Asam folat sangat diperlukan sekali oleh ibu hamil terutama untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin yang dikandung. Jadi yang perlu Anda lakukan adalah mengontrol konsumsi buah alpukat. Baca juga artikel seputar efek samping buah naga

Tips menghindari efek samping buah alpukat

Mengingat buah alpukat memiliki banyak manfaat tentu akan sangat disayangkan jika anda menghindari buah yang satu ini secara mutlak. Untuk terhindar dari efek samping buah alpukat tersebut Anda bisa mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar serta memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Jangan mengkonsumsi buah alpukat saat setelah atau sebelum mengkonsumsi beberapa jenis obat tertentu.
  • Hindari konsumsi buah alpukat Jika anda memiliki kandungan kolesterol yang sangat rendah.
  • Hindari buah alpukat saat anda memiliki masalah dengan fungsi hati.
  • Jangan mengkonsumsi buah alpukat Jika anda memiliki sensitivitas terhadap lateks. 
  • Saat sedang hamil pastikan anda tidak berlebihan dalam mengkonsumsi buah alpukat. Cukup batasi dengan satu alpukat setiap hari. 
  • Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah mengetahui kondisi medis anda. Hal ini tentu akan memungkinkan bagi anda untuk mengetahui makanan apa saja yang perlu Anda kurangi atau bahkan dihindari.

Demikian tadi daftar efek samping makan buah alpukat serta tips untuk menghindarinya agar anda bisa terhindar dari bahaya konsumsi alpukat secara berlebih.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →