Efek samping asam folat, dosis serta tips menghindarinya

efek samping asam folat
Efek samping asam folat

Efek samping asam folat jika dikonsumsi secara berlebihan serta informasi mengenai fungsi vitamin B9 tersebut bagi kesehatan tubuh.

Dosis asam folat harian

Setiap nutrisi harus dikonsumsi dengan jumlah yang tepat dan tidak berlebihan. Untuk itu sangat penting sekali bagi anda mengetahui berapa jumlah asupan asam folat yang harus didapatkan setiap hari.

Badan kesehatan dunia atau WHO menyarankan bagi orang dewasa setidaknya mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat sekitar 400 mikrogram per hari. Untuk wanita hamil kebutuhan asam folat akan meningkat drastis hingga 800 mikrogram per harinya. Selengkapnya berikut beberapa dosis asam folat untuk berbagai kondisi:

  • Bagi Anda yang hamil atau sedang merencanakan kehamilan disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 400 hingga 800 mikrogram asam folat.
  • Sedangkan untuk kondisi tertentu seperti anemia jumlah asupan vitamin B9 atau asam folat sekitar 0,2 hingga 0,5 mg dalam seharinya.
  • Sedangkan untuk mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi setidaknya seorang ibu hamil harus mendapatkan 5 mg asam folat setiap harinya.
  • Untuk kasus anemia yang terjadi akibat kekurangan asam folat maka jumlah yang disarankan adalah 5 mg per hari. Dimana jumlah asam folat tersebut harus dikonsumsi berturut-turut selama paling tidak 4 bulan. Dosis tersebut bisa ditingkatkan tergantung dari kebutuhan dan tentunya berdasarkan saran dari tenaga medis profesional.

Efek samping asam folat

Dari sinilah terkadang banyak orang yang mulai perhatian dengan asupan asam folat terutama bagi wanita hamil. Akan tetapi ternyata banyak orang yang tidak mengetahui jika konsumsi asam folat secara berlebihan juga memberikan efek samping tersendiri bagi kesehatan. Lantas apa saja efek samping asam folat tersebut?. Berikut kami sajikan ulasannya untuk anda:

Menyebabkan gangguan tidur

Diantara efek samping asam folat yang biasanya terjadi adalah menyebabkan susah tidur atau insomnia. Jika anda mengalami hal ini setelah mengkonsumsi suplemen asam folat sebaiknya cek kembali apakah dosis yang telah anda konsumsi sudah sesuai atau belum.

Menyebabkan kebingungan

Efek samping asam folat yang selanjutnya adalah menyebabkan kebingungan. Sebenarnya efek ini biasanya terjadi jika anda mengkonsumsi asam folat dalam bentuk suplemen. Karena secara umum sangat jarang sekali orang kelebihan asam folat jika mendapatkan asupan vitamin B9 tersebut dari makanan.

Oleh sebab itu mengetahui dosis asam folat secara pasti sangat penting sekali untuk mencegah munculnya efek samping yang lebih parah. Selain itu, bagi ibu hamil biasanya sangat gencar mengkonsumsi suplemen asam folat sehingga terkadang berlebihan dan tidak mengetahui dosis yang dianjurkan.

Menurunnya nafsu makan

Bagi ibu hamil terkadang Mengalami penurunan nafsu makan merupakan hal yang biasa. Akan tetapi jika hal ini terjadi cobalah mencari tahu apa penyebabnya. Jika penurunan nafsu makan Anda alami setelah konsumsi suplemen asam folat mungkin anda patut mencurigai jika terjadi kelebihan dosis asam folat tersebut.

Efek penurunan nafsu makan ini jangan dianggap sepele karena biasanya efek samping asam folat yang lain akan mengikuti jika kelebihan dosis tersebut berlangsung dalam waktu lama. 

Menyebabkan masalah mental

Siapa yang menyangka jika efek samping asam folat ternyata dapat menyebabkan seseorang menjadi mudah frustasi dan marah. Oleh sebab itu berhati-hatilah dalam mengkonsumsi suplemen apapun termasuk asam folat agar tidak menyebabkan overdosis.

Rasa kurang nyaman pada mulut

Diantara efek samping yang lain saat seseorang mengalami kelebihan konsumsi vitamin B9 atau asam folat adalah munculnya rasa tidak nyaman di mulut. Hal ini biasanya terjadi jika anda terlalu banyak mengkonsumsi suplemen asam folat. 

Tips menghindari efek samping asam folat

Jika anda ingin meningkatkan asupan asam folat dan khawatir mengenai efek samping yang ditimbulkan nya, beberapa tips berikut mungkin bisa membantu Anda dalam mencegah over dosis asam folat tersebut.

Konsumsi makanan yang kaya asam folat

Kebanyakan over dosis asam folat terjadi lantaran seseorang mengambil suplemen vitamin B9 tersebut bukan dari makanan. Karena faktanya sangat jarang sekali orang yang kelebihan dosis asam folat dari makanan yang mereka konsumsi.

Contohnya salah satu makanan yang kaya asam folat adalah hati. Untuk membuat anda kelebihan dosis asam folat dari hati maka mungkin anda harus banyak mengkonsumsi makanan ini, dan saya pikir sebelum anda kelebihan dosis asam folat dari hati mungkin anda sudah enek sendiri saat mengkonsumsinya karena terlalu banyak.

Beda halnya dengan jika anda mengkonsumsi suplemen asam folat. Misalnya saja 1 butir suplemen tersebut mengandung 400 mikrogram asam folat jadi jika anda mengkonsumsi 2 buah maka sudah kelebihan dosis. Jika kelebihan dosis ini terus-menerus terjadi hingga dalam waktu yang lama tentu efek sampingnya akan jauh lebih berbahaya.

Ketahui dosis asam folat harian

Mengetahui dosis asam folat harian yang direkomendasikan terutama untuk kelompok usia dan juga kondisi kesehatan sangat penting sekali. Dengan mengetahui dosis tersebut maka kemungkinan anda akan mengalami over dosis asam folat sangat kecil sekali.

Contohnya saja jika dalam keadaan hamil seseorang akan memerlukan lebih banyak asupan asam folat. Akan tetapi pada kondisi normal kebutuhan asam folat akan kembali menurun.

Selalu konsultasi dengan dokter

Hal yang tidak kalah penting untuk menghindari efek samping asam folat adalah selalu berkonsultasi dengan tenaga medis profesional. Hal ini sangat penting sekali untuk menghindari terjadinya overdosis yang menyebabkan munculnya efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Makanan yang kaya asam folat

Makanan yang kaya asam folat

Bagi Anda yang ingin terhindar dari efek samping asam folat dan mencoba untuk mendapatkan asupan vitamin B9 dari makanan berikut daftar makanan yang mengandung tinggi asam folat:

Hati sapi

Makanan yang mengandung tinggi asam folat yang pertama adalah hati sapi. Diketahui dalam 100 gram hati sapi mengandung setidaknya 250 mikrogram asam folat. Jumlah tersebut sudah memenuhi lebih dari 50% dari kebutuhan asam folat harian Anda.

Kacang kedelai

Kacang kedelai merupakan makanan yang kaya akan kandungan asam folat di mana dalam 100 gram kacang kedelai mengandung setidaknya 210 mikrogram asam folat. Bukan hanya mengandung asam folat, kacang kedelai juga menyediakan nutrisi penting lainnya yang tentu sangat baik untuk ibu hamil.

Ikan salmon

Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang diketahui mengandung banyak nutrisi penting. Beberapa nutrisi yang tercatat banyak dikandung oleh ikan salmon di antaranya adalah asam lemak omega-3 dan asam folat. Keduanya sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan janin dalam kandungan.

Jadi ibu hamil sangat disarankan mengkonsumsi makanan seperti ikan salmon yang telah terbukti sangat baik untuk mendukung kecerdasan otak calon bayi.

Beberapa jenis bijian

Selain ikan dan sayur, beberapa jenis biji-bijian diketahui juga mengandung tinggi asam folat. Beberapa diantara jenis biji-bijian yang diketahui memiliki kandungan asam folat cukup tinggi adalah seperti jagung,sereal, dan gandum. 

Pastikan anda mengkonsumsi biji bijian tersebut dalam keadaan utuh agar kandungan asam folat di dalamnya tetap terjaga dengan baik.

Telur

Makanan yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi anda. Telur merupakan salah satu makanan yang murah dengan nutrisi yang cukup padat. Diantara nutrisi yang melimpah di dalam telur adalah vitamin B, D, A dan asam folat. Dari kesemua nutrisi tersebut membuat telur menjadi makanan yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil.

Peringatan sebelum mengkonsumsi asam folat

Sebelum anda mengkonsumsi asam folat ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk menghindari bahaya atau efek samping yang mungkin bisa ditimbulkan. Berikut beberapa peringatan yang harus anda baca sebelum mengkonsumsi suplemen asam folat:

  • Sebaiknya hindari konsumsi suplemen asam folat bersamaan dengan obat lainnya bahkan dengan obat herbal sekalipun. Hal ini dikarenakan mungkin saja suplemen asam folat yang anda konsumsi bisa bereaksi dengan jenis obat lain tersebut.
  • Selain itu bagi Anda yang mengalami masalah dengan metabolisme gula sebaiknya jangan mengkonsumsi suplemen asam folat. Beberapa kondisi medis seperti defisiensi laktosa atau intoleransi terhadap galaktosa sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen yang diperkaya asam folat.
  • Jika anda mengalami beberapa efek samping yang terjadi setelah penggunaan asam folat jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Dengan membaca petunjuk yang benar dan mengetahui dosis yang diperlukan maka efek samping dari penggunaan suplemen asam folat mungkin bisa dihindari.

Demikian tadi ulasan mengenai dosis, efek samping serta petunjuk penggunaan asam folat. Semoga dengan membaca informasi di tas membuat anda lebih paham mengenai bahayanya jika mengkonsumsi asam folat dalam jumlah berlebihan.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →