Desain Kandang Kambing

Posted on

Salam Sahabat Peternak,

15 Desain Kandang Kambing Terbaik 2016

Desain Kandang Kambing

Kita semua tahu bahwa kambing adalah salah satu hewan peliharaan yang sangat populer di Indonesia. Selain sebagai sumber daging, susu, dan kebutuhan lainnya, kambing juga dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan bagi para peternak. Namun, agar kambing dapat tumbuh dengan sehat dan produktif, kita perlu memberikan kandang yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Berikut ini adalah 15 desain kandang kambing terbaik yang dapat menjadi inspirasi untuk teman-teman peternak di seluruh Indonesia. Yuk simak!

1. Kandang Panggung

Kandang panggung untuk kambing

Kandang panggung adalah desain kandang yang cukup populer di Indonesia. Seperti namanya, kandang ini memiliki platform atau panggung di dalamnya sehingga kambing dapat tinggal di atas tanah yang lebih tinggi dari permukaan lantai. Selain membuat kambing lebih nyaman, kandang panggung juga dapat menghindari kambing dari banjir atau genangan air.

2. Kandang Bawah Tanah

Kandang bawah tanah untuk kambing

Kandang bawah tanah adalah desain kandang yang unik dan jarang digunakan di Indonesia. Kandang ini dibangun dengan cara menggali tanah atau memperdalam permukaan lantai sehingga kambing dapat tinggal di dalamnya. Selain terlihat lebih natural, kandang bawah tanah juga dapat membuat suhu di dalam kandang menjadi lebih stabil dan sejuk serta dapat menghindari terpaan angin kencang.

Baca juga  Kandang Aluminium Burung

3. Kandang Suspensi

Kandang suspensi untuk kambing

Kandang suspensi adalah desain kandang yang cukup inovatif dan hemat space. Kandang ini dibuat dengan cara menggantungkan kandang di atas tanah sehingga kambing dapat tinggal di lantai yang lebih tinggi. Selain hemat space, kandang suspensi juga dapat menghindari kambing dari genangan air serta mencegah serangan pencuri atau binatang buas seperti ular dan kucing liar.

4. Kandang Tertutup

Kandang tertutup untuk kambing

Kandang tertutup adalah desain kandang yang sangat aman dan nyaman untuk kambing. Kandang ini dibuat dengan material yang kuat dan kokoh sehingga dapat melindungi kambing dari serangan binatang buas serta suhu udara yang ekstrem. Selain itu, kandang tertutup juga dapat membuat kambing lebih tenang dan tidak mudah terganggu oleh suara atau keramaian di sekitar kandang.

5. Kandang Rumah

Kandang rumah untuk kambing

Kandang rumah adalah desain kandang yang cocok untuk peternak yang memiliki lahan yang luas dan menyukai tampilan estetika yang unik. Kandang ini dibangun menyerupai rumah dengan atap dan dinding yang kokoh serta memiliki pintu dan jendela untuk sirkulasi udara yang baik. Selain tampilannya yang unik, kandang rumah juga dapat memberikan kambing perlindungan dari suhu ekstrem dan binatang buas seperti ular dan tikus.

6. Kandang Trapesium

Kandang trapesium untuk kambing

Kandang trapesium adalah desain kandang yang dikembangkan untuk mengoptimalkan penggunaan lahan. Kandang ini dibangun menyerupai segitiga dengan sisi-sisi yang berbeda panjang sehingga mampu menampung banyak kambing dalam lahan yang terbatas. Selain itu, kandang trapesium juga dapat memaksimalkan sirkulasi udara di dalam kandang dan menghindari kambing dari suhu yang panas atau lembab.

7. Kandang Modular

Kandang modular untuk kambing

Kandang modular adalah desain kandang yang sangat fleksibel dan mudah dipindahkan. Kandang ini terdiri dari beberapa modul yang dapat disusun dan disesuaikan dengan kebutuhan peternak. Selain mudah dipindahkan, kandang modular juga dapat diatur sedemikian rupa sehingga mengoptimalkan penggunaan lahan serta dapat memudahkan peternak dalam merawat kambing.

Baca juga  Kandang Kucing Outdoor

8. Kandang Katrol

Kandang katrol untuk kambing

Kandang katrol adalah desain kandang yang sangat cocok untuk peternak yang tidak memiliki lahan yang luas. Kandang ini dibuat dengan cara menggantungkan kandang di ketinggian tertentu sehingga tidak membutuhkan lahan yang luas. Selain itu, kandang katrol juga dapat digerakkan secara vertikal dengan menggunakan katrol sehingga memudahkan peternak dalam merawat kambing serta memungkinkan kambing untuk mendapatkan suhu dan cahaya yang lebih baik.

9. Kandang Skala Besar

Kandang skala besar untuk kambing

Kandang skala besar adalah desain kandang yang cocok untuk peternak yang ingin mengembangkan bisnis peternakan kambing secara besar-besaran. Kandang ini dibangun dengan menggunakan bahan-bahan yang kuat dan kokoh serta dapat menampung ratusan hingga ribuan kambing. Selain itu, kandang skala besar juga dilengkapi dengan teknologi dan peralatan secara lengkap sehingga memudahkan peternak dalam merawat kambing serta meningkatkan produktivitas kambing.

10. Kandang Terusan

Kandang terusan untuk kambing

Kandang terusan adalah desain kandang yang dikembangkan untuk mengoptimalkan penggunaan lahan dan meningkatkan produktivitas kambing. Kandang ini dibangun dengan cara membuat kandang-kandang yang saling terhubung dan terdapat pintu atau lubang di antara kandang tersebut. Dengan desain kandang terusan, kambing dapat dengan mudah dipindahkan dari satu kandang ke kandang yang lain serta memungkinkan peternak untuk mengondisikan suhu dan pemberian pakan dengan lebih mudah.

11. Kandang Prajaa

Kandang prajaa untuk kambing

Kandang prajaa adalah desain kandang khusus untuk mempercepat perkembangan kambing dan meningkatkan produktivitas kambing. Kandang ini dilengkapi dengan teknologi dan sistem pemberian pakan dan minuman yang teratur serta lingkungan yang optimal untuk mendukung perkembangan kambing yang baik.

12. Kandang Semi Suspensi

Kandang semi suspensi untuk kambing

Kandang semi suspensi adalah desain kandang yang menggabungkan elemen kandang panggung dan kandang suspensi. Kandang ini dibuat dengan cara menempatkan kandang di atas lantai yang lebih tinggi dari permukaan tanah namun tetap berada di tanah. Dengan desain kandang semi suspensi, kambing dapat tetap nyaman dan aman dari genangan air serta binatang buas namun tidak membutuhkan lahan yang terlalu banyak.

Baca juga  Blower Kandang Ayam Pabrikan

13. Kandang Patent

Kandang patent untuk kambing

Kandang patent adalah desain kandang yang sangat inovatif dan hemat space. Kandang ini dibangun dengan cara menempatkan kandang di dalam tanah atau bukit sehingga meminimalkan penggunaan lahan permukaan. Selain hemat space, kandang patent juga dapat mengoptimalkan penggunaan suhu dan cahaya sehingga membuat kambing lebih nyaman dan produktif.

14. Kandang Aquarium

Kandang aquarium untuk kambing

Kandang aquarium adalah desain kandang yang sangat unik dan cocok untuk peternak yang memiliki lahan yang luas dan ingin menjadikan peternakan kambing sebagai objek wisata. Kandang ini dibangun menyerupai aquarium dengan dinding kaca atau akrilik sehingga pengunjung dapat melihat kambing dari berbagai sudut. Selain menarik dan unik, kandang aquarium juga dapat membuat kambing lebih tenang dan tidak mudah terganggu oleh suara atau keramaian di sekitar kandang.

15. Kandang Minimalis

Kandang minimalis untuk kambing

Kandang minimalis adalah desain kandang yang simpel, efisien, dan mudah dibangun. Kandang ini dibuat dengan material yang sederhana dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan peternak. Selain itu, kandang minimalis juga dapat memberikan kambing perlindungan dari suhu ekstrem dan binatang buas seperti ular dan tikus.

Itulah 15 desain kandang kambing terbaik yang dapat menjadi inspirasi untuk teman-teman peternak di seluruh Indonesia. Setiap desain kandang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga sebaiknya peternak memilih desain kandang yang sesuai dengan kebutuhan kambing dan kondisi lingkungan sekitar. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu teman-teman peternak dalam memilih desain kandang yang tepat.

Simak artikel lainnya seputar Kandang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *